Terkuak! Tak Sengaja Melindas, Rossi Ungkap Insiden Kematian Simoncelli di Sepang

09 Januari 2018
|Robertus Jeje
275SHARES

Setelah sekian lama, Valentino Rossi akhirnya buka suara tentang kecelakaan yang menimpa rekannya sekampung halaman dari Italia, Marco Simoncelli. Tentu ini bukanlah hal yang mudah bagi Rossi untuk menceritakan insiden tersebut, terlebih Simoncelli adalah sahabat terdekatnya sejak kecil. Pembalap Movistar Yamaha ini bercerita tentang hal tersebut sebelum laga final MotoGP di Valencia beberapa waktu yang lalu.

Kecelakaan Simoncelli di Sirkuit Sepang, Malaysia pada tahun 2011 menyisakan duka yang mendalam bagi The Doctor. Terlebih, ia menjadi pembalap yang terlibat dalam insiden tersebut bersama Colin Edwards. Ketika kecelakaan terjadi, Rossi dan Edwards tak sengaja melindas tubuh Simoncelli yang terseret menutup jalurnya. Hal itu tak bisa dielakkan bagi mereka berdua dan menjadi saksi meninggalnya pembalap bernomor 58.

Dalam Insiden nahas tersebut, Simoncelli menderita cedera yang sangat parah pada bagian leher, kepala, dan dadanya. Hal tersebut diakibatkan benturan keras dari ban motor Rossi dan Edwards - yang membuat tubuh pembalap San Carlo Honda Gresini ini menjadi rusak.

Alhasil, pembalap yang saat itu masih berusia 24 tahun itu meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit untuk perawatan medis. Setelah insiden itu, Rossi mengatakan banyak menghabiskan waktu bersama keluarga Simoncelli di Sepang, yakni menemani ayah dan ibunya.

Dalam sesi jumpa pers di Valencia lalu, Rossi mengatakan bahwa kecelakaan itu terjadi karena Simoncelli kehilangan kendali motornya RC212V di tikungan 11 lap kedua. Saat itu Simoncelli berada di depan Edwards dan Rossi, sehingga mereka berdua tak bisa menghindari benturan terhadap Simoncelli.

“Saya melihat, dalam kasus ini ia (Simoncelli) mencoba untuk tidak berhenti agar tidak keluar dari balapan. Sehingga dia terlihat berupaya untuk menjaga keseimbangannya agar tidak jatuh dari motor. Namun saya lihat saat itu tubuhnya sudah menyentuh aspal, itu seperti ban ketiga yang menyeret dirinya masuk ke jalur pembalap lain,” kata Rossi seperti yang dilansir dari Motorcyclenews, Kamis (4/1/2018).

Kemudian Rossi melanjutkan, “Yang pasti ia tidak beruntung dan kami masih bekerja keras untuk meningkatkan keamanan ajang ini hingga beberapa tahun terakhir. Namun tetap saja, kecelakaan adalah hal yang tak bisa dihindari dari olahraga ini. Terlebih saat tikungan di lap pertama, di mana banyak motor yang saling berdekatan dan kemungkinan bersenggolan sangat besar,” sambungnya.

Melihat keadaan saat kecelakaan Simoncelli, Rossi dan Edwards tak bisa berbuat banyak, karena sudut yang tidak mungkin bisa mereka hindari. “Saya masih ingat. Ketika itu saya berada di belakang Colin Edwards, kemudian disaat yang bersamaan Simoncelli berjalan ke arah sudut lintasan yang tak bisa kami hindari. Tak ada yang bisa saya lakukan saat itu,” pungkas Rossi.

Memang, kecelakaan yang menimpa Marco Simoncelli ini sangat menyita perhatian dunia olahraga, termasuk MotoGP dan publik Italia. Hingga saat ini, Simoncelli masih sering  dikenang di ajang ini, terlebih saat balapan diselenggarakan di Sirkuit Sepang sebagai bentuk penghormatan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
275SHARES