Tak Hanya Sepak Takraw Putri, Indonesia Juga Melakukan Aksi WO di 7 Pertandingan Ini

www.kumparan.com

Kesempatan tim sepak takraw putri Indonesia untuk meraih emas sudah buyar. Hal ini disebabkan aksi walkout yang mereka lakukan karena merasa wasit asal Singapura, Muhammad Ragi, telah bersikap curang. Keputusan-keputusan Ragi yang kontroversial ini seolah-olah menguntungkan pihak Malaysia.

Namun ternyata, tak hanya sepak takraw putri saja yang melakukan walkout dalam pertandingan penting. Dalam beberapa pertandingan ini, tim Indonesia juga pernah walkout. Cabang apa sajakah itu?

1. SEA Games 1977: Timnas sepak bola Indonesia melakukan walkout karena ketidakpuasan kepemimpinan wasit Othman Omar, Malaysia

www.arah.com

Saat itu Indonesia berhadapan dengan Thailand dengan skor imbang 1-1. Pertandingan berjalan dengan tensi tinggi. Pemain Indonesia merasa dirugikan dan akhirnya terjadi perkelahian dengan para pemain Thailand. Sebagai bentuk protes atas kejadian tersebut, tim Indonesia melakukan walkout pada pertandingan berikutnya melawan Burma.

2. SEA Games 1989: Tim tenis meja Indonesia menyatakan mundur di SEA Games Kuala Lumpur

www.satujam.com

Hal ini terjadi setelah wasit tuan rumah, Goh Kun Tee, memberikan angka gratis kepada tim Malaysia, Leong Mee Wan. Karena kejadian itu, tim tenis meja Indonesia melakukan protes dan akhirnya memutuskan walkout dari pertandingan.

3. Pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Beijing 2008: Tidak masuk dalam daftar, pelatih angkat besi, Sori Endah Nasution, dan timnya melakukan walkout

krjogja.com

Hal ini awalnya terjadi setelah KONI menyebutkan atlet-atlet dan tim yang masuk ke kontingen Indonesia untuk Olimpiade Beijing 2008 di Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta. Pada saat itu, tim Sori Endah Nasution tidak masuk dalam daftar. Kecewa dengan hal tersebut, Sori Endah dan timnya melakukan walkout saat acara masih berlangsung.

4. Bimasakti Cup tahun 2010: Kecewa kepada wasit, tim basket Aspac walkout di partai final
www.indosport.com

Saat itu tim basket Jakarta Satria Muda dinyatakan menang WO atas tim Aspac yang juga dari Jakarta. Kejadian ini terjadi pada tahun 2010 dalam Kejuaraan Bimasakti Cup di Gor Bimasakti Malang. Tim Aspac melakukan walkout sebagai bentuk protes kepada wasit yang ketika itu dianggap menguntungkan lawan, yakni tim Satria Muda.

5. Final Copa “Dji Sam Soe” Indonesia (CDSSI) tahun 2009: Persipura Jayapura walkout atas Sriwijaya FC
www.antarafoto.com

Pertandingan ini menjadi pertandingan yang sarat akan gengsi bagi dua tim besar Indonesia, yaitu Persipura Jayapura sebagai juara Liga Super Indonesia dan Sriwijaya FC sebagai juara bertahan Copa. Namun, pada pertandingan tersebut, Persipura Jayapura melakukan walkout ketika kedudukan 0-1 untuk Sriwijaya FC. Hal tersebut disebabkan saat pemain Persipura dilanggar, namun justru pemain tim Mutiara Hitam yang diganjar kartu merah sekaligus oleh wasit. Atas kejadian tersebut anak-anak Papua melakukan protes dan walkout dari pertandingan.

6. Indonesia Super League (ISL) tahun 2010: Persija kalah walkout dari Persiwa Wamena

www.mesingol.com

Hal ini disebabkan manajemen Persija tak mengantungi izin pertandingan dari kepolisian. Padahal, PT Liga Indonesia memberikan toleransi waktu selama 14 hari sebelum hari pertanding untuk memberikan pemberitahuan. Namun, hal ini tidak dilakukan Tim Macan Kemayoran dan tidak hadir di hari pertandingan. Padahal, tim Persiwa Wamena sudah ada di Jakarta.

7. Pro Futsal League 2017: Tim futsal, Kaimana, walkout atas tim lawan, Vamos Mataram

Sumber Gambar

Pertandingan ini diselenggarakan di Gor 17 Desember, Nusa Tenggara Barat. Ketika itu, tim futsal, Vamos Mataram, mendapat tiga poin tanpa bertanding karena tim Kaimana yang berasal dari Papua Barat walkout dan tidak hadir dalam pertandingan. Hal ini dilakukan tim Kaimana dengan alasan mereka kesulitan mendapat tiket di jam mereka bertanding.

Itu dia beberapa aksi walkout yang pernah terjadi, baik ketika berlaga di event sekelas Sea Games maupun ketika pertandingan lokal di Indonesia. Ada yang mau nambahin?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Intip Yuk Potret Kehidupan Lindswell Kwok, Sang Ratu Wushu Kebanggaan Indonesia

Intip Yuk Potret Kehidupan Lindswell Kwok, Sang Ratu Wushu Kebanggaan Indonesia

Mengenal Francisco Franco, Dalang di Balik Rivalitas Real Madrid dan Barcelona

Mengenal Francisco Franco, Dalang di Balik Rivalitas Real Madrid dan Barcelona

Inilah Deretan Atlet yang Tewas Mengenaskan Pada Saat Pertandingan Tengah Berlangsung

Inilah Deretan Atlet yang Tewas Mengenaskan Pada Saat Pertandingan Tengah Berlangsung

Cewek Wajib Baca! Kenalan Nih Sama Soteria, Ilmu Bela Diri Menggunakan High Heels

Cewek Wajib Baca! Kenalan Nih Sama Soteria, Ilmu Bela Diri Menggunakan High Heels

Suka Mager Tapi Pengen Sehat? Cobain Olahraga Ini Yuk!

Suka Mager Tapi Pengen Sehat? Cobain Olahraga Ini Yuk!

Masih Dipertanyakan, Kenapa Catur Masuk dalam Kategori Olahraga?

Masih Dipertanyakan, Kenapa Catur Masuk dalam Kategori Olahraga?

loading