Tak Bisa Ditawar! Satu Faktor Ini yang Membedakan Valentino Rossi dengan Marc Marquez

16 Desember 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Juara Dunia MotoGP 2017 telah diketahui, yakni Marc Marquez. Tentu tak mudah bagi pembalap yang berjuluk Baby Alien ini untuk merebut gelar tersebut. Ia harus bekerja keras untuk melawan pembalap tangguh lainnya seperti, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, Maverick Vinales, hingga legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi. Namun dewi fortuna nampaknya memilih Marc Marquez tahun ini, dan kini ia telah berhasil menjurai empat kasta tertinggi MotoGP selama lima musim.

Marquez kini sering dikaitkan dengan The Doctor, atau Valentino Rossi. Hal ini wajar saja karena dua pembalap ini cukup mendominasi selama gelaran MotoGP 2017. Mereka ‘saling sikut’ untuk memperebutkan posisi pertama. Tapi beruntung bagi Marc Marquez, beberapa tahun terakhir bisa dikatakan pembalap asal Spanyol inilah yang berhasil mencuri tempat.

Atas hal ini, Marquez memang sering digadang-gadang bakal menyamai prestasi Rossi, bahkan melampauinya karena usianya masih sangat muda, yakni 24 tahun. Sedangkan The Doctor kini telah berusia 38 tahun, yang tak bisa ditawar lagi baginya. Faktor inilah yang dinilai banyak pihak bahwa usia adalah satu-satunya yang membedakan Rossi dengan Marquez. Ini pula yang disampaikan oleh mantan rider MotoGP, Toni Elias.

Pembalap asal Spanyol ini mengatakan bahwa Marquez pantas disebut sebagai Valentino Rossi baru. “Marc Marquez bisa dibilang sama seperti Vale. Marc telah mempelajari Rossi hingga setiap detailnya di sepanjang kariernya. Dia (Marc) berhasil menggabungkan dengan DNA pemenang pendahulunya (Rossi),” ujar Toni Elias seperti dilansir dari laman GP One.

Selain itu, Toni juga membeberkan satu faktor yang membedakan The Doctor dengan Marc, dan ini tak bisa ditawar oleh Rossi. “Yang membedakan Rossi dengan Marquez adalah usia keduanya, yang satunya berusia 38 tahun, satunya lagi masih berusia 24 tahun,” tambahnya.

Namun di sisi lain, Toni melihat ada keunggulan dalam diri Valentino Rossi yang itu tak dimiliki oleh Marc Marquez, yakni masalah konsistensi, terlebih di usia Rossi yang sudah tidak muda lagi.

“Kalau melihat bagaimana waktu dan bagaimana susahnya bertahan di deretan pembalap terbaik di MotoGP, selisih 14 tahun itu menjadi bukti bahwa Valentino Rossi adalah sosok pembalap yang kuat,” pungkas Toni.

Atas hal ini, Marquez memang mengakui bahwa ia belajar banyak dari Vale. Bahkan, dari dulu sebelum masuk di ajang MotoGP, Baby Alien telah mengidolakan pembalap asal Italia ini.

“Ya, saya memang belajar banyak dari dia (Rossi). Salah satu hal penting ketika memiliki idola adalah saya bisa mengambil hal baik dan membuang yang buruk. Bagaimana pun, akan bagus jika memiliki suatu model dan mencoba untuk ditiru,” tutup Marquez.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES