Tak Banyak yang Tahu, Choirul Huda Ternyata Pernah Jadi Bagian Timnas

www.bola.net

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sang kapten Persela Lamongan, yakni Choirul Huda juga pernah menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Saat itu, kiper loyal Persela ini memang bukan menjadi kiper utama sebab pos kiper nomor satu diperebutkan oleh Kurnia Meiga Hermansyah, I Made Wirawan, dan Andritany Ardhiyasa.

Namun, tetap saja Huda tercatat sebagai bagian dari tim kebanggaan Indonesia. Bahkan, pria yang baru saja meninggal di usia yang ke-38 tahun ini juga mengikuti beberapa laga internasional timnas Indonesia. Tentunya, hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Huda sebab semua pesepak bola Indonesia pasti ingin membela negaranya dan membawa nama Indonesia di kancah internasional. Terlebih lagi untuk bisa menjadi bagian dari timnas tidaklah mudah karena harus memiliki talenta dan skill yang mumpuni.

Selama bermain bersama timnas Indonesia, Choirul Huda menjadi bagian dalam laga persahabatan dan kualifikasi Piala Asia periode 2013 sampai 2015. Lalu, pertandingan internasional mana saja itu?

1. Kualifikasi Piala Asia 2015 di Gelora Bung Karno

www.pssi.or.id

Ketika itu timnas berhadapan dengan Cina, tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2013 di Jakarta. Pelatih timnas kala itu adalah Jacksen F. Tiago yang memilih I Made Wirawan sebagai kiper utama dan Choirul Huda sebagai kiper cadangan. Pertandingan pun berakhir imbang dengan skor 1–1.

2. Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Shanxi, Xi'an

www.sportertv.com

Pada 15 November 2013, giliran Cina yang menjamu Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Asia di Stadion Shanxi, Xi'an. Saat itu, Cina hanya menang tipis dari Indonesia, yakni dengan skor 1-0. Kiper utama juga masih Made dan Huda dicadangkan oleh sang pelatih, Jacksen F. Tiago.

3. Kualifikasi Piala Asia 2015 di Gelora Bung Karno, Jakarta

www.viva.co.id

Indonesia kembali menjalani laga kualifikasi Piala Asia tahun 2015. Pada saat itu, pertandingan diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta. Timnas Indonesia menjamu Irak, tepatnya tanggal 19 November 2015. Ketika itu Indonesia harus menyerah 0-2 dari Irak. Kembali, Huda tak dimainkan dan Jacksen F. Tiago memilih Made sebagai kiper utama.

4. Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Prince Mohd bin Fahad, Dammam
sidomi.com

Saat timnas melawan Arab Saudi, Choirul Huda juga menjadi cadangan. Kali ini pelatihnya adalah Alfred Riedl yang memilih Kurnia Meiga sebagai kiper utama. Pertandingan ini diselenggarakan di Stadion Prince Mohd bin Fahad, Dammam, pada tanggal 5 Maret 2014. Saat itu, Arab Saudi menang 1-0 atas Indonesia.

5. Laga Persahabatan di Estadio Luis Suner Pico, Valencia, Spanyol
www.duniaku.net

Berangkat ke Spanyol, timnas menjalani laga persahabatan di Estadio Luis Suner Pico, Valencia, Spanyol pada tanggal 26 Maret 2014. Pada laga melawan Andorra, Indonesia berhasil menang dengan skor 0-1. Ketika itu kiper utamanya adalah Andritany Ardhiyasa, sedangkan Huda dan Made dicadangkan oleh Alfred Riedl.

6. Laga Persahabatan di Estadio Luis Suner Pico, Valencia, Spanyol

www.sumberbola.com

Pada tanggal 29 Maret 2014, timnas Indonesia menjalani laga persahabatan dengan Kuba di Estadio Luis Suner Pico, Valencia, Spanyol. Pada laga itu, Kuba menang tipis atas Indonesia dengan skor 1-0. Sang pelatih Alfred Riedl juga memilih I Made Wirawan sebagai kiper utama dan Huda tidak dimainkan sama sekali.

7. Laga Persahabatan di Stadion Gelora Deltas, Sidoarjo

ber1ta.com

Terakhir, Indonesia menjalani laga persahabatan di Stadion Gelora Deltas, Sidoarjo, tepatnya pada tanggal 30 Maret 2015. Ketika itu, Indonesia menjamu Myanmar dan berhasil menang dengan skor 2-1. Nah, yang menjadi kiper utama adalah I Made Wirawan dan Choirul Huda lagi-lagi dicadangkan oleh sang pelatih, Benny Dollo.

Itulah tadi beberapa laga Timnas Indonesia dan Choirul Huda menjadi bagian di dalamnya. Perlu diketahui juga, Choirul Huda meninggal akibat benturan keras dengan rekan setimnya, Ramon Rodrigues. Benturan tersebut membuat radang pada bagian dada dan rahang bawah. Sang kapten diduga terkena hypoxia, yakni trauma dada, leher, dan kepala.

Meninggalnya Huda memang sangat menyesakkan bagi pecinta sepak bola Indonesia, bahkan seluruh warga Indonesia juga bisa merasakannya. Selamat jalan Choirul Huda. Semoga tenang di sana. Amin.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mengintip Keseharian Para Pesumo, Kira-kira Ngapain Aja Ya Mereka?

Mengintip Keseharian Para Pesumo, Kira-kira Ngapain Aja Ya Mereka?

7 Klub Sepak Bola yang Berhubungan Erat dengan Angkatan Militer

7 Klub Sepak Bola yang Berhubungan Erat dengan Angkatan Militer

Inilah Deretan Kepala Negara dan Klub Sepak Bola Favoritnya

Inilah Deretan Kepala Negara dan Klub Sepak Bola Favoritnya

Exa Raudina Khoiroti, Atlet Downhill Kebanggaan Indonesia

Exa Raudina Khoiroti, Atlet Downhill Kebanggaan Indonesia

Meskipun Jumlah Penduduk Sedikit, 7 Negara Ini Mampu Lolos ke Piala Dunia

Meskipun Jumlah Penduduk Sedikit, 7 Negara Ini Mampu Lolos ke Piala Dunia

Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2018, 8 Negara Unggulan Lain Malah Merana!

Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2018, 8 Negara Unggulan Lain Malah Merana!

loading