Setelah Resmi Berseragam Chelsea, Mampukah Morata Menjadi Suksesor Diego Costa?

13SHARES

Alvaro Morata resmi berseragam Chelsea minggu ini. Pemain kelahiran 23 Oktober 1992 ini sebelumnya memang diisukan ingin meninggalkan Real Madrid lantaran kurang mendapatkan menit bermain serta sang pelatih, Zidane, yang lebih memercayakan posisi penyerang utama kepada striker asal Perancis, Karim Benzema. Tentu saja kepindahan Morata ke Chelsea menyisakan berbagai macam pertanyaan dan salah satunya adalah: Mampukah Morata menjawab segala ekspektasi yang diberikan oleh fans serta pihak klub? Apakah dia menjadi pembelian yang tepat untuk menggantikan posisi dari Diego Costa?

Semua pertanyaan itu tentu saja akan segera terjawab ketika musim kompetisi 2017/2018 bergulir bulan Agustus nanti. Namun, YuKepo punya statistik dari penyerang muda Spanyol tersebut nih buat kamu. Dari sana, kamu bisa menilai sendiri apakah Morata bisa menjadi suksesor Diego Costa di Chelsea atau tidak. Penasaran? Yuk kita liat langsung!

Morata resmi pindah ke Chelsea dengan mahar sebesar 70 juta poundsterling atau setara dengan 1,2 triliun rupiah. Ketika kesepakatan itu terlaksana, sejatinya Morata tengah berada di Amerika Serikat guna mengikuti pertandingan pra musimnya bersama dengan Real Madrid. Morata pun kemudian berpamitan dengan para staf pelatih serta para pemain Real Madrid lainnya.

Dalam semua ajang kompetisi bersama Juventus dan Real Madrid, Morata berhasil melesekan 47 gol dalam 133 pertandingannya. Torehan tersebut tentunya bisa dibilang sangat baik mengingat Morata di musim kemarin tidak mendapatkan menit bermain yang cukup dari sang entenador, Zidane.

Sementara itu, dalam tiga tahun terakhirnya bersama Chelsea, Diego Costa berhasil menyumbangkan 58 gol dari 120 laga. Torehan Costa ini tentu saja melewati torehan dari Morata. Namun, perlu diingat bahwa Diego Costa menjadi pemain andalan di Chelsea sehingga mendapatkan menit bermain yang lebih banyak, sedangkan Morata tidak demikian. Data tersebut juga menunjukkan bahwa Morata menjadi salah satu penyerang yang paling efektif di antara penyerang lainnya.

Hal tersebut diperkuat dengan data lainnya, yakni jumlah menit bermain Morata dibandingkan dengan penyerang utama Real Madrid musim lalu, Karim Benzema. Bersama Real Madrid, Morata sukses membukukan 15 gol dalam 1330 menit bermain, sementara Benzema hanya mampu mencetak 11 gol dalam 1914 menit bermain selama La Liga musim 2016/2017. Selain itu, dari 15 gol yang dilesakan oleh Morata bersama Real Madrid di musim kemarin, Morata berhasil membantu Los Blancos meraih 13 poin. Tentu saja 13 poin tersebut merupakan poin yang sangat berharga mengingat persaingan ketat kubu El Real dengan Barcelona di musim kemarin.

Morata juga berhasil mengalahkan Cristiano Ronaldo dalam hal rasio gol per menit. Penyerang muda Spanyol ini berhasil mencetak satu gol per 89 menit, sedangkan Ronaldo mencetak satu gol per 102 menit. Hanya Leonel Messi yang mampu mengalahkan Morata. La Pulga berhasil mencetak satu gol per 77 menit selama musim kompetisi La Liga 2016/2017.

Apakah Morata merupakan pembelian yang tepat untuk Chelsea di musim depan? Sanggupkah Morata menjadi suksesor dari Diego Costa? Patut kita nantikan bersama-sama.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
13SHARES