Setelah Ilija Spasojevic, 6 Pemain Ini Antre untuk Dinaturalisasi dan Berharap Masuk Timnas

18 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Belum lama ini penyerang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Sebelumnya, Spaso adalah pemain asal Montenegro. Ia dilahir di negara perpecahan Rusia pada 11 September 1987. Setelah resmi menjadi WNI, ia juga sempat mengungkapkan kegembiraannya pada akun Instagram pribadinya.

“Saya berharap suatu saat nanti saya akan berseragam Merah Putih kebanggaan Garuda di Timnas Indonesia. Saya mohon dukungan seluruh masyarakat Indonesia dan juga pecinta sepak bola Tanah Air,” tulisnya sebagai keterangan.

Benar saja, saat ini Spaso telah dipanggil Luis Milla untuk ikut menjalani pertandingan uji coba melawan Suriah U-23 dan Guyana. Spaso diharapkan bisa menjadi opsi lebih untuk Timnas, yang selama ini selalu buntu dalam finishing untuk menciptakan gol.

Namun ternyata, tak hanya Spaso saja yang ingin menjadi WNI. Beberapa pemain asing dan juga dari Liga 1 secara terang-terangan ada yang ingin menjadi Warga Negara Indonesia. Siapa saja mereka? Yuk, kepoin!

1. Sandy Walsh

PSSI akan kembali menaturalisasi pemain asing yang memiliki keturunan Indonesia, salah satunya adalah Sandy Walsh yang saat ini bermain di Liga Belgia, Zulte Waregem sejak musim 2017 ini. Walsh lahir di Belgia dan ia juga pernah membela Timnas Belanda Junior pada usia 15-20 tahun. Ayah Walsh keturunan Irlandia dan ibu Swiss-Belanda keturunan Indonesia. Oleh karena itu, ia bisa bermain untuk timnas Belgia, Irlandia, Swiss, Belanda, dan Indonesia.

Sebelumnya, Walsh memang sempat mengutarakan keinginannya menjadi pemain Timnas Indonesia lewat akun Instagram-nya. Luis Milla juga sudah melihat kualitas pemain ini dan mendukung jika ia akan dinaturalisasi. PSSI sendiri saat ini terus menjalin komunikasi dengan Walsh dan sampai sekarang proses naturalisasi masih terus berjalan.

2. Esteban Vizcarra

Pemain asing di Liga 1 juga secara terang-terangan ingin menjadi WNI dan berhasrat berseragam timnas, yakni Esteban Vizcarra. Gelandang Arema ini mengaku tak sabar ingin menjadi WNI. Pria kelahiran Argentina ini juga sudah memenuhi kriteria untuk dinaturalisasi karena sudah cukup lama tinggal di Indonesia. “Saya berharap semua proses (naturalisasi) selesai tahun ini. Ada yang siap membantu saya, semoga tidak lama lagi,” ujarnya seperti yang dikutip Bolasport.com.

3. Otavio Dutra

Bek Bhayangkara FC ini juga menyatakan ingin menjadi warga negara Indonesia. Dutra mengaku sudah menginginkannya sejak dulu dan begitu mencintai Indonesia. “Alasan utama karena saya dan keluarga mencintai Indonesia. Anak saya sejak kecil juga sekolah di sini, dia punya banyak teman dan bahagia di sini,” ujarnya seperti dilansir dari Juara.net.

Otavio Dutra juga mengaku ingin membantu timnas meski usianya sekarang sudah 33 tahun. “Saya ingin bermain bersama timnas dan membantu Indonesia. Semoga saja saya segera bisa menjadi WNI,” pungkas pemain asal Brasil ini.

4. Shohei Matsunaga

Penyerang Persib Bandung ini juga mengaku ingin menjadi WNI dan berharap bisa membantu Timnas Indonesia. “Saya sangat suka negara ini, saya mau naturalisasi dan bisa masuk timnas. Tapi saya tidak tahu bagaimana caranya dan bingung seperti apa untuk mengajukan proses naturalisasi,” ujarnya seperi dikutip dari Sriwijaya Post. Untuk menunjukkan keseriusannya, Shohei juga sudah banyak bertanya kepada beberapa pemain asing yang lebih dulu sudah dinaturalisasi seperti Bio Paulin Pierre dan Greg Nwokolo.

5. Alberto “Beto” Goncalves

Pemain Sriwijaya FC ini berharap proses naturalisasi dirinya segera selesai. Bahkan, ia rela tidak pulang kampung halamannya Brasil demi menyelesaikan proses administrasi menjadi warga negara Indonesia. Pemain penyerang ini mengaku masih menunggu panggilan dari pihak imigrasi dan ia tak ingin melewatkannya jika sewaktu-waktu dipanggil.

“Saya masih di Indonesia untuk jaga-jaga kalau sewaktu-waktu saya dapat panggilan, karena proses naturalisasi saya masih berlangsung. Masih menunggu berkas administrasi yang dibutuhkan nanti,” ungkap Beto seperti dikutip dari Sidomi.

6. Marc Klok

Berbeda dengan yang lain, Marc Klok secara tersirat ingin membela timnas Indonesia. Bahkan, saat berangkat latihan bersama PSM Makasar dengan mengenakan jersey timnas. Ketika ditanyakan apakah dirinya ingin memperkuat timnas suatu saat nanti, Marc pun tersenyum. “Mungkin suatu saat nanti,” ujar pemain asal Belanda tersebut seperti yang dikutip dari Tribunnews.com. Namun meski begitu, Marc butuh waktu yang lama untuk bisa naturalisasi, karena ia baru beberapa tahun tinggal di Indonesia.

Nah, itulah tadi calon-calon pemain naturalisasi Indonesia yang ‘mengantre’ ingin menjadi warga negara Indonesia. Lalu siapa pemain yang menurutmu cocok untuk membela Timnas Indonesia? Tambahkan ke kolom di bawah ya. Salam Garuda!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES