Sering Menyentuh Wajah Setelah Berolahraga? Jangan! Hindari 6 Hal Ini Setelah Berolahraga

20 November 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat memperkuat otot-otot tubuh serta dapat memberikan kesehatan pada kita semua. Manfaat dari olahraga tersebut dapat dirasakan apabila melakukannya dengan baik dan benar. Jangan sampai niatnya untuk menjaga kesehatan malah berujung pada petaka dan sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, lebih baik kamu baca nih enam hal yang nggak boleh kamu lakuin setelah berolahraga.

1. Menunda makan

Ketika sedang berolahraga, tubuh tentunya mengeluarkan banyak energi dan energi tersebut didapatkan dari karbohidrat yang berasal dari makanan. Banyak orang, terutama wanita, yang memutuskan untuk tidak makan setelah berolahraga. Mereka beranggapan bahwa kalau setelah berolahraga langsung makan, maka olahraga yang dilakukannya akan sia-sia. Hell to the o! Hello...! Kalau kamu kamu gak makan, energi yang udah kebuang nggak akan terisi lagi dan yang ada malah menyebabkan kamu sakit dan tidak bertenaga. Mau seperti itu?

2. Tidak minum

Minum adalah hal yang wajib dilakukan setelah berolahraga selain makan. Kenapa? Karena ketika berolahraga, banyak keringat yang dikeluarkan dan keringat tersebut berasal dari uap air yang ada dalam tubuh. Keringat tersebut tentu berasal dari cairan yang ada di dalam tubuh kita sehingga untuk menggantikan cairan yang keluar tersebut, tubuh memerlukan air dan itu didapatkan ketika kita minum. Usahakan minum dengan cara duduk (tidak berdiri) karena selain merupakan kebiasaan yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW, nyatanya minum sambil duduk itu memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Tidak melakukan pendinginan

Nah, kebiasaan ini sering banget dilakuin bagi mereka yang bukan dari kalangan atlet. Padahal, kegiatan semacam pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga itu sangat penting sekali. Tubuh kita itu ibarat motor aja nih. Kalau misal nggak dipanasin dulu, maka pasti ada aja masalah yang akan timbul pada motor kita. Oleh karena itu, untuk "membangunkan" otot-otot kita yang lagi tertidur, kita harus melakukan pemanasan. Kalo enggak, bisa-bisa otot kamu ketarik dan keram deh.

Begitupun dengan pendinginan. Hal ini wajib banget buat dilakuin. Ketika otot sudah lelah banget nih dipaksa buat berolahraga, otot juga butuh waktu untuk menenangkan diri dan biar stabil lagi. Kalau misal abis berolahraga kamu nggak melakukan pendinginan dan malah langsung melakukan pekerjaan berat lainnya, otot kamu bisa-bisa ketarik dan bukannya sehat, malah jadi penyakit yang ada. Tubuh kamu butuh istirahat juga karena kamu bukanlah robot.

4. Langsung melakukan pekerjaan berat

Ini berkaitan dengan poin ketiga di atas. Setelah melakukan aktivitas fisik yang berat (baca: berolahraga), tubuh kamu butuh yang namanya istirahat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu itu bukanlah sebuah robot. Maka dari itu, istirahat setelah berolahraga penting banget buat dilakukan. Nah, ketika kamu beristrahat, usahakan segera ganti bajumu. Kalau kamu berlama-lama dengan baju basahmu itu, kamu bakalan kena infeksi jamur penyebab jerawat pada tubuh. Nggak mau kan tubuh kamu itu jerawatan? Selain itu, kamu juga bisa kena yang namanya masuk angin dan yang lebih parah lagi, paru-paru basah.

5. Mengusap/menyentuh wajah

Hal ini keliatannya sangat sepele dan pasti banyak banget yang ngelakuin. Pada dasarnya, mengusap/menyentuh wajah nggak akan menimbulkan penyakit jika olahraga yang kamu lakukan tidak bersentuhan dengan berbagai alat seperti yang ada di pusat kebugaran.

Nah, kalo olahraga kamu terdapat aktivitas sentuh-menyentuh dengan benda-benda terutama yang berbahan besi atau metal, lebih baik jangan mengusap/menyentuh wajahmu sebelum kamu mencuci tangan. Hal itu tidak lain karena banyaknya bakteri yang berkumpul pada benda-benda tersebut, secara nggak cuma kamu yang megang benda-benda tersebut, tapi juga orang banyak.

6. Tidak tidur

Wahai kamu semua terutama para anak muda, misalnya nih kamu sore-sorenya sudah berolahraga, kamu harus banget dan wajib buat tidur di malam harinya. Jangan sampai udah capek berolahraga, eh malamnya malah begadang dengan berbagai alasan. Duh, bakalan jadi percuma dong olahraga yang kamu lakukan. Tidur yang cukup dan teratur bakalan membuat otot-otot kamu juga akan semakin kuat. Jadi, usahakan pake banget buat jangan begadang apa pun alasannya agar kamu dapat merasakan manfaat dari olahraga yang telah kamu lakukan. 

Itu dia enam hal yang gak boleh kamu lakuin setelah berolahraga. Namanya berolahraga tentunya kita menginginkan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat. Maka dari itu, jika kamu masih melakukan hal-hal terlarang seperti di atas, lebih baik dari sekarang harus dihentikan agar manfaat dari olahraga sepenuhnya dapat kamu rasakan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES