Selain Jago Jaga Gawang, 7 Kiper ini Juga Handal dalam Urusan Cetak Gol!

13 Desember 2016
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Dalam sepak bola, seorang kiper memiliki tugas yang sangat berat. Mereka diharuskan menjaga gawangnya agar nggak kebobolan oleh tim lawan. Meskipun tugas mereka dibantu oleh para pemain yang lain tapi tetap saja mereka yang akan disalahkan kalo timnya itu kebobolan. Banyak cerita tentang kiper yang sebenarnya melakukan banyak penyelamatan gemilang di suatu pertandingan tapi kiper itu ngelakuin sebuah blunder yang ngebuat tim yang dibela gagal menang. Udah deh berbagai penyelamatan yang dilakukannya itu hangus gak diinget orang. Semacam peribahasa, “Nila setitik rusak susu sebelanga”. Pasti yang diinget sama orang-orang itu blunder yang dilakuinnya, bukan penyelamatan-penyelamatan heroiknya. Di samping tugasnya menjaga gawang, ternyata banyak loh para kiper yang ditugasi oleh tim buat ngambil tendangan bebas atau pun penalti yang tentunya bisa menghasilkan gol buat tim mereka. Selain itu, para kiper juga biasanya bakal maju ngebantu serangan pas tim mendapatkan sepak pojok di menit-menit akhir pertandingan dan tim yang dibela itu lagi kalah tentunya. Tujuannya jelas, yakni mencari peluang buat menciptakan gol. Nah, di antara mereka bahkan ada yang udah nyetak 100 gol semasa aktif bermain bola loh guys! Siapa saja mereka? Yuk, kita liat.

1. Alvaro Misael Alfaro (31 goals)

Pemain dengan nama lengkap Alvaro Misael Afaro Sanchez ini lahir di Nueva San Salvador, El Salvador pada tanggal 6 Januari 1971. Semasa aktif bermain bola, dirinya udah mencetak 31 gol, 20 gol lewat tendangan penalti dan 11 gol lainnya dicetak melalui situasi tertentu. 

2. Fernando Arturo Castro Patterson (33 goals)

Patterson sebenernya merupakan warga negara dan juga mantan kiper timnas Kosta Rika. Namun, karena doi bermain buat Deportivo Xinabajul di divisi teratas Guatemala dan udah merasa nyaman tinggal di sana, akhirnya doi mutusin buat pindah kewarganegaraan deh menjadi warga negara Guatemala. Selama karirnya, Patterson udah ngebuat 33 goals, 29 gol lewat tendangan penalti dan 4 gol lainnya dari situasi tertentu.

3. Jorge Campos (40 goals)

Kiper asal Meksiko ini terkenal dengan gayanya yang nyentrik. Pakaiannya yang “gombrang” udah jadi trademark buat doi. Nah, ternyata selain jago jadi kiper, Campos juga jago dalam urusan mencetak gol loh guys. selama masa karirnya, doi udah nyetak 40 gol, 9 lewat tendangan penalti dan 39 gol lainnya dicetak lewat situasi tertentu. Campos ini termasuk kiper yang gila juga, guys. Doi gak segan-segan buat ninggalin gawangnya dan menuju daerah pertahanan lawan buat ngebantu tim nyetak gol! Gila emang ini kiper.

4. Rene Higuita (41 Goals)

Selain Campos, kiper yang demen buat ninggalin gawangnya itu adalah Rene Higuita. Kiper nyentrik asal Kolombia ini sering banget maju buat ngebantu tim nyetak gol. Konsekuensinya jelas, kadang pas dia ngelakuin kesalahan atau serangan dari Kolombia putus, gawang pun jadi kosong tanpa penjagaan. Selama berkarir, Higuita udan nyetak 41 gol, 37 gol lewat tendangan penalti dan 4 gol lainnya lewat situasi tertentu. Yang paling terkenal dari doi itu pas doi nahan tendangan pemain Inggris make gaya Scorpion kick gitu guys dan itu udah jadi trademark deh buat doi.

5. Dimitar Ivankov (42 goals)

Ivankov saat ini bermain di salah satu tim asal Bulgaria, Bursaspor sejak 2008. Ivankov emang terkenal sebagai algojo tendangan penalti buat tim yang dibelanya. Total dirinya telah mengemas 42 gol dan semua gol itu dicetak melalui tendangan penalti, guys

6. Jose Luis Chilavert (62 goals)

Kalo kamu sebagai pencinta sepak bola mendengar kata “Paraguay”, pasti yang langsung muncul dalam benak kamu itu kiper utama timnas Paraguay, Jose Luis Chilavert. Chilavert ini sangat terkenal guys di tahun 90-an. Doi jago banget buat ngambil tendangan bebas. Golnya yang paling dikenal itu pas dirinya ngambil tendangan bebas dari jarak 60 meter atau lebih dari setengah lapangan ke gawang River Plate dan gol itu ngebuat timnya, Velez menang 3-2 atas salah satu tim raksasa di Argentina itu pada lanjutan Clausura Liga Argentina tahun 1996. 

7. Rogerio Ceni (131 goals)

Ini dia kiper yang paling banyak nyetak gol. Namanya Rogerio Ceni. Saat ini doi tercatat sebagai pemegang rekor gol terbanyak yang dilesakan oleh seorang kiper. Kiper asal tim Sau Paulo, Brasil ini dikenal piawai dalam urusan tendangan bebas dan penalti. Hampir sebagian besar gol-golnya itu berasal dari tendangan bebas, guys. Akurat banget tendangannya kan guys, hehe.

Ke-7 kiper di atas rata-rata udah pada pensiun semua nih, guys. Kira-kira bakal ada kiper yang nyetak sejarah baru gak ya di masa mendatang? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES