Selain Berprofesi sebagai Pengadil Lapangan, Kelima Wasit Ini Juga Punya Profesi Lain!

06 September 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
86SHARES

Saat ini, menjadi seorang pemain sepak bola dapat dikatakan sebagai profesi yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak mengiurkan jika kita bisa mendapatkan uang dari hobi kita sendiri? Karena pekerjaan yang baik adalah hobi yang dibayar sehingga kita tidak akan setengah-setengah dalam melakukan pekerjaan tersebut. Sepak bola sekarang ini juga dapat dikatakan sebagai ladang bisnis bagi para konglomerat. Banyak dari mereka yang menginvestasikan kekayaannya kepada klub sepak bola. Kalau di luar negeri, mungkin kita bisa menyebut nama Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan dan juga Nasser Ghanim Al-Khelaifi. Kedua pria asal Timur Tengah tersebut kini berstatus sebagai pemilik sah dari dua klub besar Eropa, yakni Manchester City untuk Sheikh Mansour dan Paris Saint Germain untuk Nasser Ghanim. Indonesia juga punya, kok. Sebut saja Erick Tohir yang dulu sempat menjabat sebagai pemilik dari klub asal Italia, Inter Milan.

Banyak anak yang menggantungkan masa depannya di dunia sepak bola. Kalau di luar negeri mah mungkin masih bisa terjamin, ya. Tapi, kalau berbicara sepak bola Indonesia, rasanya jangan pernah menggantungkan nasib kamu di sana, deh. Sepak bola kita masih kacau, Bung! Lebih baik ikuti jejak kelima wasit di liga-liga Eropa ini, deh. Kenapa? Soalnya, selain menjadi seorang wasit, mereka juga punya pekerjaan lain yang beberapa di antaranya memiliki penghasilan yang lebih menggiurkan ketimbang menjadi seorang wasit. Siapa sajakah mereka? Yuk, langsung kita cekidot!

1. Nicola Rizzoli

Bagi kamu para penggemar Liga Seri A Italia pasti tidak akan asing mendengar nama wasit yang satu ini. Pria berusia 45 tahun ini didaulat sebagai wasit terbaik di Liga Seri A selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2011. Penghargaan sebagai wasit terbaik di dunia versi IFFHS juga pernah disandang olehnya, yakni pada tahun 2014 dan 2015. Nah, selain berprofesi sebagai seorang wasit, ternyata Rizzoli juga berprofesi sebagai seorang arsitek, lho.

2. Cüneyt Çakir

Wasit asal Turki ini diangap sebagai salah satu wasit terbaik di dunia. Çakir telah banyak memimpin laga-laga penting, baik di Liga Utama Turki maupun di kompetisi Eropa. Salah satu pertandingan yang paling diingatnya mungkin adalah ketika dirinya didapuk sebagai pengadil pada pertandingan final Liga Champions 2014-2015 saat Barcelona menghadapi Juventus. Selain berprofesi sebagai seorang wasit, pria berusia 40 tahun ini juga berprofesi sebagai agen asuransi, lho. Wah, kebayang gak tuh gimana ekpresinya ketika tengah bekerja sebagai seorang agen? Sikapnya yang dingin di lapangan harus berbanding terbalik dengan sikapnya ketika bekerja sebagai seorang agen. Secara, seorang agen asuransi harus bersikap ramah dan cukup banyak berbicara. 

3. Bjorn Kuiper

Selain memimpin berbagai laga di ajang Eredivisie Belanda, Kuipers juga sering kali memimpin laga di pertandingan-pertandingan besar, seperti Piala Eropa, Piala Dunia, serta Liga Champions. Nah, selain menjadi sang pengadil, ternyata Kuipers juga berprofesi sebagai pebisnis, lho. Selain itu, nyatanya pria berusia 44 tahun ini juga merupakan lulusan dari jurusan administrasi bisnis di Radboud University Nijmegen, Belanda. Saat ini, Kuipers juga memiliki swalayan dan salon di kampung halamannya. Wah, yang kayak begini ini patut ditiru. Investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan!

4. Felix Brych

Wasit yang memipin laga di Bundesliga ini disebut-sebut sebagai salah satu wasit terbaik asal Jerman. Meskipun banyak dari keputusannya yang dianggap kontroversial, namun tidak membuat reputasi dari pria tampan yang satu ini menurun. Mungkin banyak dari kamu yang tidak tahu kalau Brych merupakan seorang doktor di bidang hukum. Kerennya lagi nih, rasa cintanya terhadap dunia olahraga, khususnya sepak bola, dituangkan ke dalam bentuk disertasinya. Wah, mungkin berbagai keputusan kontroversialnya juga dilakukan berdasarkan pada penelitian yang telah dilaluinya kali, ya! Oh iya, saat ini, Brych tercatat sebagai salah satu pengacara hebat di Jerman, lho.

5. Howard Webb

Rasanya bagi para penggemar Liga Inggris tentu sudah tidak asing lagi dengan wasit yang satu ini. Meskipun sudah memutuskan untuk pensiun pada tahun 2014 silam, namun Howard Webb masih dianggap sebagai salah satu wasit terbaik yang dimiliki Inggris. Ketika masih aktif sebagai seorang wasit, Webb banyak memimpin laga-laga besar, baik di Premiere League maupun di Piala Dunia. Pria berkepala plontos ini nyatanya juga terdaftar sebagai seorang anggota kepolisian di wilayah South Yorkshire, lho. Pantes aja badannya keker dan tegap gitu, ya!

Meskipun penghasilan mereka menjadi wasit cukup besar, namun mereka tidak menjadikan profesi tersebut sebagai profesi utama. Makanya, biar bisa punya duit banyak, jangan menggantungkan dirimu hanya dari satu jenis pekerjaan, kecuali jika kamu digaji 100 juta per bulan dari pekerjaan kamu itu. Mungkin kamu sudah cukup bisa untuk hidup tenang dan kenyang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
86SHARES