Saksikan Sendiri Kemegahan 8 Stadion Sepak Bola di Eropa Ini!

16 September 2017
|Lidya Kartika
0SHARES

Pada 18 Agustus 2017 lalu, Indonesia telah memulai countdown satu tahun sebelum terlaksananya ASEAN Games 2018. Acara itu begitu meriah, bahkan sampai mendatangkan idol ternama di Asia, yakni Taeyon dan Hyeoyon dari SNSD. Selain itu, sepanjang Agustus 2017, Indonesia juga turut terlibat dalam kemeriahan SEA Games yang diselanggarakan di Malaysia.

Berbicara soal olahraga, rasanya tidak bisa terlepas dari stadion sebagai salah satu syarat berjalannya salah satu cabang pertandingan olahraga yang paling dirayakan di dunia, sepak bola. Meski di Indonesa tidak banyak stadion yang megah, tapi bukan berarti jumlah stadion yang megah dan mahal ini terbatas, lho, di dunia. Apalagi bagi negara-negara Eropa yang memang telah menjadikan sepak bola sebagai tradisi mereka sejak lama. Nah, sudah tahukah kamu tentang delapan stadion termahal di benua Eropa yang tentunya harus kamu kunjungi paling tidak sekali dalam hidup saking indah dan megahnya? Beberapa di antaranya bahkan akan menjadi sangat familiar bagi kamu karena akan menjadi tempat diselenggarakannya FIFA 2018. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Otkrytie Arena, Moscow, Rusia - USD$420 juta

Stadion ini terlihat indah dari luar dengan hiasan khas berwarna merah dan putihnya. Stadion ini merupakan rumah tempat berlatih bagi tim Spartak Moscow. Kapasitas dari stadion ini mencapai 45 ribu orang. Stadion ini juga ditargetkan menjadi stadion utama dalam menyambut Piala Dunia FIFA 2018, Rusia.

2. Kazan Arena, Kazan, Rusia – USD$450 Juta

Stadion ini menjadi rumah untuk tim Rubin Kazan. Dari udara, bentuknya unik sekali, seperti bunga teratai. Bukan cuma unik, stadion ini memiliki kapasitas yang mencapai 45 ribu orang. Tidak heran bila stadion yang super megah dan indah yang satu ini akan menjadi salah satu stadion yang menampung pertandingan piala dunia FIFA 2018.

3. Stadion Aviva, Dublin, Irlandia – USD$460 Juta

A-V-I-V-A terukir di salah satu sisi bagian dalam stadion seakan supaya kita tidak lupa bagaimana megahnya stadion ini. Meski demikian, rasanya tidak mungkin kita dapat melupakan stadion semegah ini begitu saja. Stadion Aviva menjadi satu dari sedikit stadion di Eropa yang dapat menjadi tempat untuk pertandingan sepak bola juga Rugby sekaligus. Stadion ini mampu menampung sampai dengan 51 ribu orang dan menjadi rumah untuk tim Rugby Ireland juga tim sepak bola nasional Negara Irlandia.

4. National Stadium, Warsaw, Polandia – USD$570 Juta

Berhiaskan warna putih dan merah khas negara Polandia, stadion ini terlihat megah dan indah, baik siang maupun malam. Seperti di Ukraina, Stadion Nasional dibangun untuk menjadi tempat diselenggarakannya Piala Sepak Bola Euro 2012. Stadion ini menjadi rumah bagi tim sepak bola Nasional Polandia dan dapat menampung penonton sampai dengan 58 ribu orang. Penggemar sepak bola Polandia telah menyaksikan Robert Lewandowski bertanding dalam stadion ini selama beberapa tahun terakhir.

5. Stadion Emirates, Highbury, London, Inggris – USD$740 Juta

Siapa yang tidak kenal tim sepak bola Arsenal? Nah, stadion ini menjadi rumah bagi tim sepak bola Arsenal di mana tim ini bisa bebas berlatih. Kapasitas stadion ini mencapai 60 ribu orang. Bagi kamu yang sangat tergila-gila dengan Negara Inggris pastinya telah lama memasukkan nama stadion ini ke dalam daftar yang wajib dikunjungi seumur hidup. Saat ini, yang dapat menandingi kemegahan stadion ini hanyalah stadion dari dua tim sekota yang akan segera jadi, yakni stadion dari tim Chelsea dan Tottenham Hotspurs.

6. Stadion Fisht Olympic, Sochi, Rusia – USD$779 Juta

Stadion ini telah secara resmi dimasukkan ke dalam website FIFA. Awalnya, stadion ini dibuat untuk mempersiapkan penyambutan Olimpiade dan Paralympic Musim Dingin 2014 yang berlangsung di Sochi, Russia. Stadion ini telah menjadi rumah bagi timnas Rusia dan mampu menampung sampai dengan 41 ribu orang. Pada Piala Dunia FIFA nanti, kamu pastinya akan sering sekali melihat stadion ini.

7. Stadion Olympic, London, Inggris – USD$800 Juta

Inggris rasanya tidak pernah luntur dari identitas sebagai salah satu negara dengan penyelenggaraan sepak bola terbaik dan terbanyak dunia. Jadi, tidak heran jika London memiliki stadion yang megah seperti ini. Stadion ini mampu menampung sampai dengan 66 ribu orang. Stadion ini menjadi rumah bagi tim West Ham United

8. Stadion Wembley – USD$1.5 Miliar

Nah, sekarang stadion ini menjadi yang termahal dan termegah di Eropa! Kapasitas stadion ini mencapai 90 ribu orang. Stadion ini menjadi rumah bagi tim Tottenham Hotspur dan tim sepak bola nasional Inggris. Stadion yang ikonik ini direncanakan akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan final Euro 2020.

Nah, sudah siap menambahkan stadion ini dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi? Kalau bisa, pastikan terlebih dahulu jadwal pertandingan yang diselenggarakan dalam stadion ini, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES