Pernak-pernik Piala Presiden 2018, dari Anies yang Dihadang Paspampres hingga Kondisi GBK Terkini

19 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
5SHARES

Pada Sabtu (17/2/2018) malam kemarin, Persija Jakarta memastikan diri keluar sebagai juara Piala Presiden 2018. Kepastian itu didapat setelah skuad asuhan Stefano ‘Teco‘ Cugurra mengandaskan perlawanan dari tim asal Pulau Dewata, Bali United dengan skor 3-0. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tersebut seakan milik Persija Jakarta. Terlebih venue pertandingan final berada di Jakarta yang merupakan basis dari pendukung Persija Jakarta.

Persija sendiri berhasil mempecundangi Bali United melalui gol yang dilesakan oleh Simic (20’, 45+2’), dan Novri Setiawan (63’). Namun, dalam kesempatan kali ini,YuKepo nggak akan ngebahas tentang jalannya pertandingan, melainkan berbagai hal yang menghiasi pertandingan final Piala Presiden 2018 tersebut. Apa sajakah itu? Langsung aja kita kepoin bareng-bareng!

1. Gol indah Marko Simic

Legiun asing Persija asal Kroasia, Marko Simic, benar-benar menjadi sorotan selama gelaran Piala Presiden 2018. Ia pun berhasil menyabet gelar top skorer dan pemain terbaik pada turnamen pra musim tersebut. Lebih indahnya lagi, gol penutup yang dilesakan olehnya selama gelaran Piala Presiden tercipta melalui tendangan akrobatik. Bahkan, Presiden Jokowi langsung bangun dari tempat duduknya saat gol tercipta. Beliau terlihat kagum dan takjub dengan gol yang diiciptakan Marko Simic tersebut.

2. Anies Baswedan dihadang Paspampres

Usai pertandingan, Presiden Jokowi didaulat sebagai tokoh yang menyerahkan trofi Piala Presiden pada tim Persija Jakarta. Namun, hal yang menjadi sorotan adalah ketika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dihadang oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) ketika ingin mengikuti Jokowi dari Belakang. Kejadian tersebut terekam oleh kamera video dan menjadi viral ketika diunggah ke dunia media sosial. Menanggapi hal ini, Paspampres menyatakan bahwa tindakan mereka telah sesuai dengan prosedur yang diberikan oleh pihak panitia mengenai siapa saja yang boleh mendampingi presiden ketika menyerahkan trofi piala. 

3. Anies Baswedan: Yang Penting Persija Menang!

Ketika ditanya perihal penghadangan yang dilakukan Paspamres kepada dirinya, Anies tidak terlalu mempersoalkan hal tersebut.

"‎Yang penting Persija menang saya bangga. Setelah pertandingan kemudian saya mendatangi teman-teman di bawah," ujar Anies usai menerima kunjungan Tim Persija di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/201‎8) seperti yang dikutip dari laman Tribunnews (19/2/2018).

4. Pintu dan pagar pembatas GBK rusak

Persija Jakarta  memang keluar sebagai juara Piala Presiden 2018. Namun sayangnya, aksi brilian dari para pemain tidak ditanggapi secara cerdas oleh para suporter. Entah karena euphoria yang berlebih atau seperti apa, The Jakmania melakukan tindakan yang sangat tidak terpuji. Pada saat pertandingan masih berlangsung, terlihat dari CCTV stadion kerumunan The Jakmania menerobos dan menjebol pintu 5 SUGBK. Selain itu, pagar pembatas dengan lapangan pun tampak dirubuhkan oleh aksi mereka.

5. SUGBK pun menangis

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang baru saja diresmikan bulan lalu oleh Presiden Joko Widodo tersebut pun menangis. Renovasi besar-besaran selama 16 bulan dan menghabiskan biaya Rp770 miliar itu seakan tidak berarti banyak. Fasilitas mewah serta sarana dan prasarana yang berskala internasional pun tidak dipandang sebagai penghalang aksi anarksis mereka. Sedih sih, tapi ya gimana lagi. Mungkin mereka terbawa suasana. Tapi jangan begitu juga kali, ya. Sekalinya dikasih stadion bagus malah dirusak. Nggak dikasih stadion bagus malah merengek dan mencaci. Duh, dilema sepak bola Indonesia. 

Itu dia pernak-pernik yang terjadi pada final Piala Presiden 2018. Kalau ada yang mau dikomentari, silakan. Atau ada yang mau ditambahin? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
5SHARES