Pentingnya Manajemen dalam Dunia Keolahragaan, untuk Diri Sendiri maupun Bangsa Indonesia

25 September 2017
|Muhammad Sidiq Permadi

Olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan menyehatkan raga dan juga jiwa. Banyak nyawa terselamatkan karena rutinnya mereka dalam berolahraga. Namun, itu semua akan menjadi percuma ketika kita tetap melakukan hal-hal yang membuat manfaat dari olahraga itu sendiri berkurang atau bahkan menghilang. Misalnya, saja, kita setiap hari rajin berolahraga, namun rajin juga untuk begadang serta merokok. Manfaat dari olahraga itu sendiri pun akan menjadi percuma. Sayang bukan?

Oleh karena itu, agar dapat merasakan manfaat sepenuhnya dari kegiatan berolahraga, maka penting sekali untuk belajar tentang manajamen dalam dunia olahraga. Hal itulah yang mendasari diadakannya talk show oleh Federasi Sepak Bola Sastra Unpad (FSSU) dengan bertemakan Sports Event Management pada hari Minggu (24/9) kemarin. Selain untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen dalam dunia olahraga, pihak penyelenggara juga berharap agar mereka yang senang berolahraga dapat terjun langsung dalam berbagai event keolahragaan, baik sebagai pengurus maupun sebagai pemain. Hal itu penting mengingat olahraga bisa menjadi alat pemersatu bangsa. Misalnya saja sebuah tim sepak bola. Dalam tim tersebut, terdapat pemain-pemain yang berasal dari berbagai daerah. Namun, mereka semua dipersatukan dalam satu hobi yang sama, yakni sepak bola. 

“Dengan diadakannya talk show bertemakan Sports Event Management di lingkungan kampus Unpad, diharapkan dapat meningkatkan gairah masyarakat, khususnya para mahasiswa yang masih aktif untuk terjun langsung ke dalam berbagai macam event keolaharagaan,” ujar Reihan, selaku ketua pelaksana.

Asisten wasit Liga 1 yang juga merangkap sebagai dosen STKIP Pasundan Cimahi, Bambang Syamsudar, menjelaskan bahwa dengan mengetahui serta memahami pentingnya manajemen dalam dunia olahraga, maka akan dapat meningkatkan prestasi, baik untuk orang itu sendiri, lingkungan, maupun bangsa Indonesia. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa dengan mengikuti berbagai event keolahragaan, seseorang akan lebih terbuka terhadap perubahan, perbedaan pendapat, serta tentunya akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

Nah, ternyata sangat penting bagi kita untuk memahami manajemen dalam dunia keolahragaan. Agar olahraga kita gak percuma, makanya dari sekarang harus dibiasakan untuk hidup sehat dan teratur. Untungnya bukan buat orang lain kok, tapi buat diri kita sendiri. So, keep healty and say no to drugs!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES