Nggak Nyangka, Begini Evolusi Pakaian Renang dari Masa ke Masa

05 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Hal yang sangat diperlukan bagi setiap pelaku olahraga di antaranya berupa pakaian olahraga. Nggak mungkin dong ketika berolahraga kamu malah make batik macem lagi kondangan? Benar? Mulai dari sana, banyak apparel olahraga berlomba untuk membuat dan mendesain pakaian olahraga senyaman dan sekeren mungkin agar para atlet dapat mengeluarkan seluruh kemampuannya dengan baik. Banyak bahan yang dicoba. Mulai dari kain sutra hingga karung goni. Itu semua dilakukan agar para atlet dapat merasa nyaman ketika mengenakannya.

Berkaitan dengan pakaian olahraga, sebagian dari kita menyimpan rasa penasaran tentang penampakan dari pakaian sebuah cabang olahraga tertentu pada waktu dulu. Oleh karena itu, kali ini YuKepo akan ngasih kamu evolusi pakaian dari salah satu cabang akuatik, yakni renang. Penasaran seperti apa sih wujud pakaian renang zaman dulu? Langsung aja deh kita simak bareng-bareng. Yuk, kepo!

1. Tahun Romawi kuno

Berdasarkan peninggalan sejarah dapat diketahui bahwa wanita pada zaman Romawi kuno menggunakan model bikini era awal untuk berolahraga. Namun, tidak banyak bukti yang menunjukkan bahwa bikini tersebut digunakan pula untuk berenang karena para wanita di zaman tersebut lebih memilih untuk bertelanjang ketika berenang.

2. Tahun 1910

Pada tahun ini terdapat larangan untuk menunjukkan bagian kakinya ketika berada di pantai. Oleh karena itu, model pakaian renang pada masa ini dibuat tertutup dengan gaun dan celana yang bahannya berat.

3. Tahun 1920-an

Model pakaian renang ini diperkenalkan dan dipopulerkan oleh pesenam air dari Negeri Kangguru, Annette Kellerman. Banyak yang beranggapan bahwa model pakaian renang ini tidak senonoh sehingga menjadi kontroversial. Namun, karena banyak penggunanya, anggapan tidak senonoh pun seakan terabaikan.

4. Tahun 1940-an

Model pakaian renang ini bersamaan dengan lahirnya gaya ‘pin up’. Pada masa ini, model pakaian renang mulai disebut sebagai bikini yang diambil dari Bikini Atoll, sebuah pulau di dekat lautan Pasifik yang juga menjadi tempat uji coba nuklir. Nama bikini juga diambil karena banyak yang menilai jika seseorang melihat wanita dengan pakaian renang seperti ini, maka mereka akan ‘blown away’ yang jika diterjemahkan bermakna meledak. Uwow.

5. Tahun 1950-an

Tahun ini disebut juga sebagai tahunan retro dan model pakaian renangnya pun dikenal dengan nama ‘baju renang retro’. Dengan tetap mempertahankan keanggunannya, pakaian renang ini diciptakan untuk menegaskan jam pasir yang ada pada lekuk tubuh para pemakainya.

6. Awal tahun 1960-an

Bagian perut yang terbuka menjadi ciri dari pakaian renang yang dikenakan oleh para pemudi zaman ini.

7. Akhir tahun 1960-an

Di belahan Barat, akhir tahun 1960-an disebut juga sebagai masa kebebasan. Model pakaian renangnya pun lebih terbuka dari sebelumnya. Model pakaian renang ini pun turut dipopulerkan oleh kaum Hippies dan juga para selebritas di zamannya.

8. Tahun 1970-an

Masih dengan kebebasannya, kali ini model pakaian renangnya seksi dengan bikini bertali yang sangat populer pada masa ini  serta bawahan dan atasan yang cukup terbuka.

9. Akhir tahun 80-an

Potongan tinggi di bagian kaki dan warna yang terang menjadi ciri dari pakaian renang pada akhir tahun 80-an serta awal 90-an. Potongan yang seperti ini bertujuan agar para pemakainya dapat terlihat lebih langsing.

10. Akhir tahun 1990-an

Ini adalah masa-masanya ‘tankini’. Apa itu ‘tankini’? Tankini menurut KBBI adalah model pakaian renang dengan bagian atas berupa tank top dan bagian bawahnya berupa bikini.

11. Awal tahun 2000-an

Trend ‘monokini’ sempat booming pada era ini dengan beberapa bagian tubuh yang terlihat jelas di beberapa tempat.

12. Akhir tahun 2000-an

Brazil menjadi pelopor utama kembalinya masa bikini bertali. Potongan yang lebih rendah pada bagian bawahnya pun menunjukkan keseksian yang lebih ‘wah’.

13. Masa kini

Semakin ke sini, desain dari pakaian renang pun semakin beragam. Terlebih setelah banyak apparel yang mendesain pakaian renang khusus bagi mereka yang berhijab. Tentunya dengan desain yang lebih tertutup dan tidak terlalu menunjukkan lekuk tubuh dari pemakainya.

Itu dia evolusi pakaian renang dari masa ke masa. Keren-keren yak? Kamu sendiri lebih senang mangenakan pakaian renang yang seperti apa nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES