Messi Gagal Pinalti, Barcelona Kalah oleh Espanyol di Leg Pertama Copa del Rey

18 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Barcelona, tim asal Catalunia baru saja menelan kekalahan perdananya di musim ini. Hasil minor tersebut didapatkan kala tim asuhan Ernesto Valverde berkunjung ke markas Espanyol di RCDE Stadium dalam babak perempat final Copa del Rey pada Kamis (18/01/2018) dini hari tadi. Messi cs harus mengakui keunggulan tuan rumah berkat gol semata wayang dari Oscar Melende pada menit-menit akhir jelang pertandingan berakhir. Tentu ini menjadi momen penting bagi Barcelona di musim ini lantaran harus mengakui kekalahan perdananya, terlebih melalui tim rival sekota. Meski demikian, Barcelona masih memiliki kesempatan untuk membalas kekalahan mereka pada leg kedua yang akan diselenggarakan di Camp Nou Stadium pada Kamis (25/1/2018).

Terlepas dari hasil minor yang didapatkan kala dijamu Espanyol, Barcelona masih menjadi tim yang superior dan diunggulkan untuk meraih berbagai gelar. Namun, akankah kekalahan dari Espanyol menjadi titik balik dari performa menganggumkan El Barca di musim ini? Pertanyaan tersebut mungkin akan sedikit terjawab ketika kita melihat performa Barcelona pada pertandingan selanjutnya.

Untuk saat ini, YuKepo akan mengajak kamu melihat berbagai fakta menarik tentang pertandingan antara Espanyol dan Barcelona tersebut. Apa saja fakta menariknya? Langsung aja kita kepoin bareng. Yuk, kepo!

1. 28% berbanding 72%

Meski bersikap sebagai tim tamu, namun Barcelona bermain seperti biasa dengan mengandalkan penguasaan bola. Tercatat Barcelona menguasai 72% penguasaan bola, berbanding 28% untuk Espanyol.

2. Tuan rumah menangi efektivitas permainan

Meski digempur habis-habisan, namun para pemain Espanyol tampak tenang dan sesekali melakukan serangan balik yang cukup membahayakan gawang Barcelona yang dijaga oleh Cillisen. Pertahanan mereka pun cukup menyulitkan para penyerang Barcelona yang dikomandoi oleh sang kapten, Lionel Messi. Total Barcelona melepaskan 12 kali tembakan, sedangkan tuan rumah hanya berhasil melepaskan tembakan sebanyak setengah dari total tembakan tim tamu, yakni 7 kali.

3. Keperkasaan Diego Lopez

Mantan penjaga gawang Real Madrid ini menjadi bintang pada pertandingan tersebut. Ia menjadi momok yang menyeramkan untuk Lionel Messi dalam perkara tendangan pinalti. Sejatinya, Barcelona memiliki peluang untuk unggul setelah wasit Ricardo de Burgos menunjuk titik putih usai Sergi Roberto dilanggar oleh Esteban Granero di kotak terlarang. Namun, eksekusi yang dilakukan Messi berhasil dipatahkan oleh Diego Lopez usai dirinya berhasil menebak arah bola yang disepak La Pulga. Diego Lopez pun kini tercatat sebagai kiper yang berhasil menggagalkan tendangan pinalti Messi terbanyak, yakni dua kali.

Lopez juga menjadi satu-satunya kiper Espanyol yang berhasil menahan eksekusi 12 pas Messi di seluruh kompetisi. Mantan penjaga gawang Real Madrid ini menjadi bintang pada pertandingan tersebut. Ia menjadi momok yang menyeramkan untuk Lionel Messi dalam perkara tendangan pinalti. Sejatinya, Barcelona memiliki peluang untuk unggul setelah wasit Ricardo de Burgos menunjuk titik putih usai Sergi Roberto dilanggar oleh Esteban Granero di kotak terlarang. Namun, eksekusi yang dilakukan Messi berhasil dipatahkan oleh Diego Lopez usai dirinya berhasil menebak arah bola yang disepak La Pulga. Diego Lopez pun kini tercatat sebagai kiper yang berhasil menggagalkan tendangan pinalti Messi terbanyak, yakni dua kali. Lopez juga menjadi satu-satunya kiper Espanyol yang berhasil menahan eksekusi 12 pas Messi di seluruh kompetisi.

4. Meski gagal, Messi tetap menjadi nomor satu

Opta mencatat bahwa Lionel Messi telah tiga kali gagal menceploskan bola ke gawang lawan melalui titik pinalti dari enam kali kesempatan yang diperolehnya di musim ini. Catatan tersebut membuat Messi harus mengasah kembali tendangan pinalti miliknya. Meski demikian, tampaknya Valverde akan tetap menjadikan Messi sebagai eksekutor pertama tendangan pinalti.

5. Kekalahan perdana semenjak Piala Super Spanyol 2018

Espanyol berhasil mematahkan rentetan hasil sempurna Barcelona di musim ini. Setelah 29 pertandingan tanpa kekalahan di semua kompetisi, skuad asuhan Ernesto Valverde harus mengakui keunggulan Espanyol pada pertandingan perempat final Copa del Rey dengan skor 1-0. Hasil ini membuat peluang Blaugrana sedikit tersendat untuk melaju ke babak selanjutnya. Kekalahan ini juga menjadi yang pertama sejak pertandingan Piala Super Spanyol 2018 sebelum La Liga Spanyol resmi bergulir.

Meski kalah, namun para cules nggak perlu terlalu cemas karena Barcelona akan menjadi tuan rumah pada leg kedua nanti. Efektivitas permainan yang dilakukan oleh Espanyol rasanya bisa ditiru oleh tim-tim lainnya dan yang jelas, tim-tim yang berlaga di liga-liga di Eropa memang sudah lebih kompetitif dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Hasil yang bagus untuk kemajuan persepakbolaan dunia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES