Meskipun Jumlah Penduduk Sedikit, 7 Negara Ini Mampu Lolos ke Piala Dunia

14 Oktober 2017
|Robertus Ari

Banyak hal-hal menarik pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia. Selain sorotan tertuju terhadap negara-negara unggulan yang gagal lolos, ada hal menarik lain, yakni negara dengan populasi terkecil, tapi mampu merebut tiket ke Piala Dunia. Bahkan, negara-negara ini penduduknya tidak sampai 2 juta jiwa, namun mampu lolos dan tampil meyakinkan.

Memiliki jumlah penduduk yang banyak memang tak menjamin lolos ke Piala Dunia. Lalu, negara mana saja yang memiliki populasi terkecil dan pernah lolos di ajang ke Piala Dunia? Simak ulasannya berikut seperti yang dilansir dari laman Forbes.

1. Islandia - 340.000 jiwa

Islandia patut berbangga karena berhasil mengukir sejarah lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya. Negara ini memastikan diri bakal tampil di Rusia tahun 2018. Pencapaian ini tentu sangat luar biasa, bahkan dengan populasi hanya 340.000 ribu jiwa yang artinya hanya seperlima populasi penduduk Kota Depok.

Pasukan dari Eropa Utara ini bahkan mampu memimpin klasemen Grup I dengan poin 22. Sejauh ini, tim berjuluk Strakarnir Okkar ini tercatat sebagai negara dengan penduduk terkecil yang berhasil lolos ke Piala Dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Paraguay.

2. Paraguay – 860.000 jiwa

Sebelum Islandia, Paraguay memegang rekoR sebagai negara dengan populasi penduduk terkecil yang mampu lolos ke Piala Dunia tahun 1930. Saat ini, Paraguay hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 860.000 jiwa dan mampu bersaing dengan negara-negara besar dari Eropa. Namun, sayangnya di Piala Dunia 2018, Paraguay tak berhasil lolos ke Rusia.

3. Trinidad dan Tobago – 1.300.000 jiwa

Pada Piala Dunia 2016 di Jerman, negara anggota Concacaf, Trinidad dan Tobago secara mengejutkan mampu lolos dan tampil perkasa. Saat itu adalah kali pertamanya bagi Trinidad dan Tobago untuk lolos ke ajang sepak bola dunia. Ketika itu, populasi negaranya hanya 1,3 juta jiwa, nomor ketiga setelah Paraguay.

4. Irlandia Utara – 1.400.000 jiwa

Pada Piala Dunia 2018, Irlandia Utara memasuki babak play-off dan harus bersaing dengan negara besar, seperti Italia, Swedia, Denmark, Kroasia, Swiss, dan lainnya. Jika mereka berhasil mengalahkan negara tersebut, dipastikan Irlandia Utara bakal lolos ke Rusia. Tapi, ini juga bukan pertama kalinya sebab pada tahun 1958, mereka berhasil melaju ke babak perempat final. Saat ini tercatat Irlandia Utara hanya memiliki 1,4 juta jiwa penduduk.

5. Kuwait – 1.500.000 jiwa

Meskipun Kuwait bukan langganan di ajang Piala Dunia, namun mereka mampu lolos di Piala Dunia tahun 1982 di Spanyol. Bahkan ketika itu, Kuwait menjadi satu-satunya wakil dari Asia yang tergabung di Grup 4 bersama Perancis, Inggris, dan Cekoslowakia. Saat itu, populasi Kuwait hanya 1,5 juta penduduk.

6. Uni Emirat Arab – 1.900.000 jiwa

Meski gagal meraih tiket ke Piala Dunia 2018, Uni Emirat Arab (UEA) tetap memberikan aksi apik di kualifikasi. Bahkan, UEA mampu mengalahkan Arab Saudi yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia dengan skor 2-1. Namun, meski saat ini gagal ke Rusia, UEA pernah lolos untuk pertama kalinya di Piala Dunia 1990, Italia. Saat itu, tercatat Uni Emirat Arab memiliki 1,9 juta jumlah penduduk.

7. Uruguay – 1.900.000 jiwa

Uruguay menjadi negara yang cukup sukses di ajang Piala Dunia. Mereka berhasil meraih dua gelar Piala Dunia pada tahun 1930 dan 1950. Ketika itu, Uuruguay yang hanya memiliki 1,9 juta penduduk. Pada Piala Dunia 2018, La Celeste kembali memastikan diri untuk lolos dan bersaing di Rusia tahun depan setelah mengalahkan Bolivia dengan skro 4-2. Uruguay finish di posisi kedua klasemen dengan poin 31, lolos ke Rusia bersama Brasil, Argentina, dan Kolombia.

 

Dari populasi ketujuh negara tersebut, tak ada yang bisa mengalahkan jumlah penduduk di Indonesia yang saat ini mencapai 262 juta lebih. Dengan jumlah penduduk ini, Indonesia bahkan belum mampu pentas di ajang sepak bola dunia, Asia pun belum. Namun, dengan semangat baru setelah dibekukan FIFA, tampaknya sepak bola Indonesia terus berbenah dan memperbaiki diri, baik dari sisi liga maupun timnas. Semoga nantinya Indonesia mampu bersinar di Asia dan juga mampu meraih tempat di ajang Piala Dunia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES