Memperingati 17 Agustus, Inilah Daftar Perlombaan yang Sama Capeknya dengan Olahraga

16 Agustus 2017
|Atik Kencana S.
106SHARES

Yeaaaaaah gak kerasa nih kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah sudah memasuki usia yang ke-72 tahun. Ternyata, udah lumayan tua juga ya usia kemerdekaan kita. Nah, biasanya dari mulai menjelang hingga sesudah tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diadakan berbagai macam perayaan. Biasanya sih dengan dilakukannya upacara bendera di institusi tertentu hingga perlombaan yang sifatnya lebih merakyat. Gak hanya itu, lho, kadang di beberapa pusat perbelanjaan juga sering didakan diskon spesial hari kemerdekaan. Seru banget, ya!

Nah, ngomongin soal lomba 17 Agustusan, biasanya ada beberapa perlombaan yang sifatnya wajib kudu mesti ada nih di setiap satuan kekerabatan sosial seperti lingkup RT maupun RW. Perlombaan ini sebenarnya mengandung filosofi mengenang para jasa pahlawan yang waktu itu berjuang mati-matian demi meraih kemerdekaan. Dalem banget ya ternyata filosofinya. Nah, khusus untuk memperingati acara 17 Agustusan, berbagai macam perlombaan ini juga sifatnya sama seperti olahraga, lho, soalnya sama-sama mengeluarkan keringat. Kira-kira olahraga perlombaan apa saja sih yang wajib ada saat peringatan 17 Agustus? Yuk, kepoin bareng YuKepo!

1. Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang memang hampir gak pernah absen di setiap perayaan 17 Agustusan di mana pun itu, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Perlombaan ini memang ternyata bisa dikategorikan sebagai olahraga kelompok yang seru. Soalnya, saat melakukan tarik tambang, banyak otot-otot yang berperan, seperti otot lengan, otot paha, hingga otot perut. Makanya, gak heran kalau orang yang rutin melakukan olahraga atau perlombaan ini pasti ototnya kekar-kekar.

2. Lomba balap karung

Siapa yang jadi langganan peserta lomba balap karung? Wah, olahraga ini emang seru banget sih. Kelihatannya mudah, padahal pas dilakuin lumayan susah juga, lho. Kalau jadi peserta lomba balap karung ini kayaknya gak perlu lagi olahraga soalnya balap karung juga sama aja dengan olahraga. Dengan melompat secepat-cepatnya juga butuh ketangkasan yang tinggi. Jangankan sampai duluan di garis finish, berhasil lompat sampai akhir aja udah beruntung.

3. Lomba panjat pinang

Nah, lomba panjat pinang menjadi salah satu perlombaan yang paling ramai untuk ditonton. Soalnya seru banget sih, ya. Apalagi pas dipermulaan, pasti banyak banget yang merosot-merosot. Padahal, udah dibantu dengan menggunakan badan teman, tapi tetap aja licin secara batang pinangnya udah diberikan pelicin. Selain itu, banyaknya hadiah yang ditaro di puncak batang pinang ini juga jadi penyemangat, lho. Ayo ikutan lomba ini!

4. Lomba sepak bola pakai daster

Kalau liat laki-laki main sepak bola memang sudah biasa, ya. Soalnya dari kecil sepak bola memang sudah jadi permainan wajib para laki-laki. Tapi, yang bikin unik di sini adalah gimana ceritanya kalau para laki-laki tersebut main bola dengan menggunakan pakaian daster? Wah, pasti bakalan ribet banget tuh, secara pergerakan lari dan mengoper bola juga jadi terbatas. Lomba ini juga menjadi salah satu yang menghibur tentunya. Apalagi kalau para laki-laki tersebut terjatuh karena keserimpet daster. Dijamin bikin ketawa sekampung deh.

5. Lomba Mmemasukkan paku ke dalam botol

Terlihat sederhana sih, tapi jangan dianggap enteng begitu aja, dong. Pasalnya, perlombaan ini juga gak kalah melelahkan dibandingkan dengan olahraga. Soalnya, paku baru akan bisa dimasukkan ke dalam botol apabila pesertanya menggunakan posisi squat. Nah, yang sering squat pasti tau banget nih rasa pegalnya gimana. Segala otot paha, betis, hingga periut bakal berasa kencangnya deh.

6. Lomba balap lari sambil gendong istri

Olahraga balap lari aja udah bikin kita lelah dan ngos-ngosan, apalagi kalau lari sambil gendong istri? Udah kebayang gimana capeknya kan? Iya kalau istrinya langsing, lah kalau gembrot gimana? Gak kebayang deh. Tapi, perlombaan ini dijamin bisa jadi hiburan juga buat orang sekampung. Kocak banget.

7. Lomba gebuk bantal atau gulling

Perlombaan ini bisa dibilang gampang-gampang sulit deh. Siapa sih yang dulu gak pernah perang bantal di kasur? Pasti pernah dong! Nah, perbedaannya adalah lomba gebuk bantal yang ini dilakukan di atas sungai. Jadi, kita cuma duduk di sebuah batang pohon yang lumayan kecil. Saat sudah digebuk, pastinya keseimbangan akan terganggu. Apalagi kalau bantalnya sudah basah, pasti kan lebih berat dan yang memukul serta yang dipukul pasti bakalan sama-sama kehilangan keseimbangan deh. 

Nah, itulah tadi berbagai olahraga perlombaan yang biasanya wajib banget ada saat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Perlombaan di atas memang sarat banget akan makna, lho. Nah kira-kira, lomba favoritmu yang mana nih? Oiya, soal menang dan kalah itu biasa, ya. Namanya juga lomba.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
106SHARES