Masih Dipertanyakan, Kenapa Catur Masuk dalam Kategori Olahraga?

19 Agustus 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Olahraga memang identik dengan aktivitas berkeringat yang berfungsi untuk membuang zat-zat tak terpakai dalam tubuh. Setelah berolahraga tubuh akan terasa segar seperti terlahir kembali. Namun, siapa sangka ternyata olahraga memang gak melulu mengeluarkan keringat, lho. Ternyata, ada juga olahraga yang gak mengeluarkan keringat, catur misalnya.

Tapi, selama ini kita masih suka menganggap bahwa catur itu tidak termasuk ke dalam kategori olahraga. Soalnya gak mengeluarkan keringat sih. Apalagi catur dilakukan sembari duduk. Agak kurang mencerminkan aktivitas olahraga gitu. Nyatanya, catur memang tergolong aktivitas olahraga, lho. Kenapa? Simak yuk penjelasan di bawah ini.

Olahraga catur memang tergolong sebagai salah satu kegiatan melatih otak, anggaplah ini olah otak. Ya, memang benar adanya. Dalam permainan catur, otaklah yang memiliki peranan paling penting di antara organ tubuh lainnya. Energi yang dibutuhkan oleh otak untuk memainkan permainan ini memang gak sedikit. Apalagi otak memang digencet untuk senantiasa berkonsentrasi menentukan strategi, baik itu strategi bertahan maupun menyerang. Jangan dianggap mudah, walaupun gak berkeringat, namun olahraga catur memang cukup melelahkan apalagi bagi yang gak biasa.

Karena sebagian besar organ yang berperan adalah otak, olahraga catur ini memang bisa juga disebut sebagai olahraga otak. Otak pemain catur harus bisa memprediksi dua atau lebih langkah ke depan demi mendapatkan pertahanan dan penyerangan yang baik. Makanya, orang yang jago main catur biasanya tergolong orang yang cerdas. Soalnya sudah terbiasa untuk berpikir jauh ke depan dibandingkan dengan orang kebanyakan. 

Catur memang bisa dimainkan oleh semua usia dan semua kalangan. Selain mengetahui karakter bidaknya, kamu juga harus mengenali kekuatannya. Setelah mengetahui tiap karakter dari bidak tersebut, barulah bisa disusun strateginya. Jangan salah, lho, ya. Ketika kamu bermain catur, kamu juga harus mempersiapkan beberapa planning. Misal, apabila plan A gagal, kamu bisa menggunakan plan B, plan C, dan seterusnya. Mungkin juga bisa sampai lebih dari tiga perencanaan supaya bisa menciptakan pertahanan dan penyerangan yang paripurna.

Nah, jangan dipikir kalau catur itu kegiatan yang enteng-enteng aja, nyatanya lumayan berat, lho. Apalagi buat orang-orang yang jarang mempergunakan otaknya secara maksimal. Dijamin bakalan pusing setengah mati deh. Olahraga catur ini juga membutuhkan fisik yang bugar, bukan hanya olahraga fisik aja yang butuh. Menurutmu duduk sambil memikirkan strategi selama berjam-jam gak membutuhkan kekuatan fisik? Cobain aja sendiri. Dijamin bakal ngerasain capeknya juga deh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES