Lionel Messi, Si Kecil yang Menjadi Dewa Barcelona (Bagian 1)

www.yukepo.com

Bagi kebanyakan anak di pinggiran selatan Amerika, sepak bola sudah menjadi teman bermain sedari kecil. Ia menjadi kawan setia, menemani mereka dalam mengarungi pahitnya kehidupan. Jalanan menjadi ajang pamer bagi mereka yang mencintai si kulit bundar. Ya, keterbatasan lahan terbuka tidak menjadi halangan bagi mereka. Asalkan ada tempat kosong, pasti bisa bermain bola. Setidaknya, masih ada ruang kosong yang bisa diisi oleh ia dan kawan seperjuangannya, bola.

www.yukepo.com

Hal itu pun dirasakan oleh sang mega bintang Barcelona, Lionel Messi, ketika kecil. Beruntung, selain berprofesi sebagai seorang pekerja pabrik besi, Jorge, sang ayah, juga merupakan seorang pelatih di klub sepak bola lokal, Grandoli. Pada usia lima tahun, Messi kecil bermain di sana dan akhirnya bergabung dengan klub Newell’s Old Boys pada tahun 1995. Dengan rekor hanya kalah sekali dalam empat tahun terakhir, Newell’s kemudian dikenal dengan sebutan “Mesin 87” yang berasal dari tahun kelahiran Messi dan teman-temannya. Masa depan pun tampak cerah, setidaknya untuk saat itu.

www.yukepo.com

Salah seorang Endocrinologist yang bernama Diego Schwarztein berkata pada tim medis Newell’s Old Boys bahwa ada seorang anak yang ia perhatikan tidak mengalami pertumbuhan dengan sempurna layaknya anak-anak lainnya. Kemudian ia pun memeriksa anak tersebut. Hasilnya, anak itu menderita sindrom defisiensi hormon pertumbuhan sehingga memengaruhi tingkat pertumbuhannya. Schwarztein pun terus mendampinginya selama kurang lebih 2,5 tahun dan selalu mendengarkan cerita dari anak kecil tersebut. Hal ini dilakukan agar psikologis sang anak tidak terganggu sambil menunggu masa pengobatan sang anak selesai. Namun, ketika proses penyembuhan tinggal 30% lagi, Argentina diguncang krisis ekonomi besar-besaran yang mengharuskan Messi untuk menghentikan proses penyembuhannya lebih cepat. Jorge sebagai sang ayah mulai dipusingkan dengan keadaan krisis tersebut. Terlebih ia telah dipecat dari pekerjaanya sebagai pekerja pabrik layaknya tiga juta orang Argentina lainnya. Newell’s pun tidak bisa berbuat apa-apa.

www.yukepo.com

Berbagai cara pun dilakukan oleh sang ayah demi dapat menyembuhkan sang calon bintang. Hingga pada akhirnya Jorge membawa sang anak ke Buenos Aires untuk menjalani trial bersama River Plate. Pada awalnya, Rivel Plate terkesan dengan penampilan Messi dan berniat untuk merekrutnya, namun mereka tidak memiliki cukup dana untuk membayar biaya pengobatannya yang mencapai US$1,300 per bulan. Ketika Jorge mulai putus asa, muncullah sosok Carles Rexach, direktur olahraga Barcelona kala itu. Rexach yang mendengar kabar adanya seorang bocah ajaib dari kerabatnya yang berada di Lleida langsung terbang untuk dapat melihat langsung aksi bocah tersebut. Hasilnya, ia pun terkesima dan akhirnya memberikan penawaran kepada Jorge. Barcelona akan menanggung beban biaya pengobatan Messi hingga selesai asalkan ia bersedia untuk pindah ke Spanyol. Jorge setuju dan akhirnya berangkat ke Spanyol bersama Messi, sedangkan sang ibunda, Celia María Cuccittini, tetap berada di Argentina. Messi pun resmi menjadi bagian dari akademi muda klub Barcelona atau yang biasa dikenal dengan nama La Masia

www.yukepo.com

Perjalanan Messi kecil bersama tim muda Barcelona dapat dikatakan sangat mulus. Ia bermain untuk tim junior Barcelona, Infantil B, serta Cadete B dan A dari tahun 2000 hingga 2003. Bersama Cadete A, ia berhasil mencetak 37 gol dari 30 laga yang dimainkannya. Selanjutnya, ia pun dipromosikan ke dalam tim Juvenil B, Juvenil A, FC Barcelona C, dan FC Barcelona B. Hebatnya, ia melakukannya hanya dalam kurun waktu satu tahun, yakni dari tahun 2003 hingga 2004. Akhirnya, pada tanggal 16 Oktober 2004, Messi menjalani debut pertamanya bersama tim senior Barcelona di ajang La Liga Spanyol. Kala itu, Barcelona berjumpa RCD Espanyol dengan usia Messi yang baru menginjak 17 tahun 114 hari. 

Karir Messi pun mulai bersinar bersama Barcelona. Dengan menyabet berbagai macam penghargaan, ia menjelma menjadi dewa untuk Barcelona. Ingin tahu kelanjutan kisah dari La Pulga? Tunggu artikel selanjutnya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
10 Fakta Sejarah Moto GP Ini Unik Banget, Kamu Pasti Belum Tahu!

10 Fakta Sejarah Moto GP Ini Unik Banget, Kamu Pasti Belum Tahu!

Dihancurkan Manchester City, Bukti Ketidaksiapan Liverpool di Musim Ini

Dihancurkan Manchester City, Bukti Ketidaksiapan Liverpool di Musim Ini

7 Video Koreo Suporter PSS Sleman yang Bikin Merinding, Sekaligus Haru!

7 Video Koreo Suporter PSS Sleman yang Bikin Merinding, Sekaligus Haru!

10 Potret Kekayaan Floyd Mayweather yang Bikin Kita Melongo!

10 Potret Kekayaan Floyd Mayweather yang Bikin Kita Melongo!

Selain Filipina, Iniah Deretan Korban Keganasan Timnas Indonesia!

Selain Filipina, Iniah Deretan Korban Keganasan Timnas Indonesia!

Selain Wayne Rooney, 9 Pesepak bola Ini Juga Pernah Kepergok Selingkuh

Selain Wayne Rooney, 9 Pesepak bola Ini Juga Pernah Kepergok Selingkuh

loading