Lima Pesepakbola Ini Sempat Mecalonkan Diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Lho

02 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
186SHARES

Fédération Internationale de Football Association atau FIFA merupakan induk organisasi tertinggi dari cabang olahraga sepak bola. Organisasi ini memiliki kuasa penuh atas setiap peraturan yang ada di sepak bola. Saat ini, jabatan presiden FIFA dipegang oleh Gianni Infantino, mantan sekretaris umum FIFA yang memiliki dua kewarganegaraan, yakni Swiss dan Italia. Infantino terpilih setelah melalui kongres yang diadakan oleh dewan pengurus pada tanggal 26 Februari 2016 yang lalu. Infantino harus bersaing dengan beberapa kandidat lain, seperti Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa, Prince Ali Al Hussein, ataupun Jerome Champagne. Ia pun akhirnya terpilih sebagai Presiden FIFA yang baru dengan mengemas 203 suara.

Tiap negara pun memiliki organisasi tertinggi dalam hal mengurusi sepak bola. Organisasi tersebut masih tetap berada di bawah naungan FIFA. Misalnya PSSI di Indonesia ataupun CBF di Brasil. Nah, ternyata ada lho mantan pesepakbola yang sempat mencalonkan dirinya sebagai Presiden FIFA ataupun presiden federasi sepak bola di negaranya. Penasaran siapa saja mereka? Langsung aja kita simak bareng. Yuk, kepo!

1. Kurniawan Dwi Julianto

Kamu pasti akan sedikit terkejut jika mengetahui kalau mantan penyerang andalan timnas Indonesia ini pernah mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI periode 2016-2020. Pemain yang akrab disapa Si Kurus ini secara resmi menyerahkan berkas persyaratan ke Sekretariat Komite Pemilihan PSSI pada hari Senin, 5 September 2016. Meski mendapat dukungan dari PS Kwarta Medan, namun ia gagal menang dan harus menerima kenyataan bahwa Edi Rahmayadi yang terpilih sebagai Ketum PSSI.

2. Romario Faria

Mantan penyerang andalan dari timnas Brasil ternyata memang sudah terjun ke dunia politik sejak menjadi anggota DPR-nya Brasil. Romario memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) setelah presiden sebelumnya, yakni Marco Polo del Nero diberhentikan oleh FIFA atas tuduhan tindak korupsi. Alasan pencalonannya adalah karena ia ingin membenahi sepak bola Brasil dengan menumpas habis kasus korupsi yang ada di sana. 

3. David Ginola

Mantan pesepakbola Prancis ini sempat mencalonkan diri sebagai calon Presiden FIFA. Ia menyatakan bahwa sepak bola butuh yang namanya penyegaran di berbagai sisi. Namun, secara tiba-tiba, pria berusia 50 tahun itu mundur dari pencalonannya dengan alasan yang kurang jelas.

4. Luis Figo

Selain Ginola, ada juga Luis Figo yang sempat mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA pada 2015 lalu. Figo mengatakan bahwa ia telah mengantongi dukungan dari lima asosiasi sepak bola nasional sebagai syarat yang dibutuhkan untuk bisa maju dalam bursa pemilihan presiden. Namun, satu minggu sebelum pemilihan atau tepatnya pada tanggal 22 Mei, Figo memutuskan untuk mundur dengan alasan prosedur pemilihan awal Mei yang dianggapnya kurang memuaskan.

5. Michel Platini

Beda Figo beda pula Platini. Legenda sepak bola Prancis tersebut sukses menjadi Presiden UEFA sejak tahun 2007. Platini tercatat telah delapan tahun menjabat sebagai Presiden UEFA. Ia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden UEFA pada Juli 2006. Pada pemilihan yang dilaksanakan di Dusseldorf, Jerman pada 2007, Platini sukses mengalahkan pesaing terberatnya, Lennart Johanson yang sebelumnya telah menjabat sebagai Presiden UEFA selama enam belas tahun lamanya.

Para mantan pesepak bola tersebut sudah mendedikasikan dirinya pada sepak bola secara tulus dan ikhlas demi kemajuan sepak bola dunia. Meski kalah dan menang adalah hal yang wajar, namun yang terpenting adalah niat baik dalam diri mereka. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
186SHARES