Lima Pemain Timnas yang Pantas Bermain di Luar Negeri Usai SEA Games 2017

05 September 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

SEA Games 2017 memang telah berakhir. Namun, cerita di balik acara multi-event dua tahunan tersebut masih dapat kita ingat, termasuk perjuangan tim nasional sepak bola Indonesia. Meskipun perjuangan mereka berakhir dengan medali perunggu, namun kerja keras mereka patut untuk dibanggakan. Pasalnya, kekalahan timnas sepak bola Indonesia dari tuan rumah, Malaysia, pada pertandingan semifinal berbau keberuntungan. Mengapa? Alasannya adalah timnas Indonesia tampil sangat mendominasi, terutama di babak pertama. Banyak peluang yang tercipta, namun sayang penyelesaian akhir yang kurang maksimal menyebabkan timnas gagal mencetak gol. Sialnya lagi, pada menit-menit akhir pertandingan, gawang dari Satria Tama harus bobol oleh tandukan Tahnabalan dan akhirnya timnas Indonesia harus takluk dari tuan rumah, Malaysia.

Dilihat dari segi individu para pemainnya, terdapat beberapa nama pemain yang tampaknya pantas untuk dapat mengembangkan karirnya di luar negeri. Siapa sajakah mereka? Yuk, kita kepoin bareng YuKepo!

1. Satria Tama

Penjaga gawang kelahiran 23 Januari 1997 merupakan sosok penting dalam skuad timnas SEA Games kemarin. Kepiawaiannya dalam membaca bola serta refleksnya yang cekatan membuat dirinya menjadi salah satu pemain yang dianggap pantas untuk bermain di luar negeri. Bahkan, kabarnya salah satu tim asal Malaysia, yakni Selangor FC, kepincut untuk dapat merasakan jasa dari penjaga gawang yang satu ini. Saat ini, Tama bermain untuk tim Persegres Gresik United dalam ajang Liga 1 Indonesia.

2. Hansamu Yama Pranata

Pemain belakang sekaligus kapten timnas Indonesia dalam SEA Games kemarin, Hansamu Yama Pranata, menjadi pemain kedua yang dianggap pantas bermain di luar negeri. Pemain kelahiran 16 Januari 1995 ini menjadi pilar penting serta komandan di lini belakang pertahanan Indonesia. Buktinya, tanpa Hansamu, lini belakang Indonesia tampak kewalahan ketika menghadapi Malaysia pada babak semifinal SEA Games, terutama di babak kedua. Pengambilan keputusan yang cermat, postur tubuh yang menjulang, serta kuat dalam duel udara menjadi kunci dari penampilan impresif pemain yang juga merupakan salah seorang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta ini. Saat ini, Hansamu tergabung ke dalam tim PS Barito Putra dalam ajang Liga 1 Indonesia.

3. Evan Dimas Darmono

Vice captain yang satu ini patut untuk diperhitungkan oleh tim-tim luar negeri. Pasalnya, meskipun bertubuh mungil, namun Evan memiliki skill serta teknik yang sangat mumpuni. Bermain sebagai gelandang jangkar, Evan sukses mengatur ritme permainan timnas Indonesia. Umpan yang akurat serta kejelian dalam membaca situasi menjadi nilai plus untuk pemain yang pernah mengikuti trial bersama tim Espanyol B dan UE Llagostera ini. Saat ini, Evan tergabung bersama tim Bhayangkara FC dalam ajang Liga 1 Indonesia.

4. Rezaldi Hehanusa

Pemain kelahiran Jakarta ini menjadi sorotan di berbagai media Indonesia lantaran gol indahnya ke gawang timnas Myanmar dalam pertandingan perebutan tempat ketiga pada ajang SEA Games lalu. Selain itu, keberaniannya dalam melakukan akselerasi patut untuk diacungi jempol. Pemain yang bermain di posisi bek kiri ini acap kali naik untuk membantu penyerangan. Meskipun begitu, ia juga tidak lupa dengan tugasnya sebagai pemain belakang. Banyak serangan dari tim lawan yang berhasil digagalkannya. Saat ini, Rezaldi menjadi bagian dari skuad asuhan Teco, sang juru taktik Persija Jakarta. 

5. Febri Haryadi

Ini dia pemain terakhir yang dianggap pantas untuk bermain di luar negeri. Pemain kelahiran Bandung, 19 Februari 1996 ini menjadi salah satu pemain yang paling menonjol selama berlangsungnya SEA Games 2017. Bahkan, seusai gelaran SEA Games kemarin, winger lincah asal tim Persib Bandung ini menjadi pemain termahal di antara pemain timnas lainnya. Dikutip dari laman bola.com, nilai pasar Febri di situs transfermarket mencapai angka 2,8 miliar rupiah! Nilai yang fantastis ini mengalahkan nilai pasar dari Evan Dimas dan juga Ezra Walian. Tentunya, nilai tersebut setara dengan kontribusi Febri untuk timnas selama SEA Games 2017 berlangsung. 

Itu dia lima pemain timnas yang dianggap pantas untuk mengembangkan karirnya di luar negeri seusai gelaran SEA Games 2017. Menurutmu, siapa lagi pemain timnas yang pantas berlaga di luar negeri selain kelima pemain di atas?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES