Liga Inggris atau La Liga, Mana yang Terbaik? 6 Fakta Ini Membuatmu Tercengang!

23 Desember 2017
|Robertus Jeje
1SHARES

Beberapa tahun terakhir ini banyak yang membicarakan, liga manakah yang terbaik di dunia saat ini. Dalam perdebatan itu hanya dua liga saja yang selalu dibandingkan, yakni antara Liga Inggris (EPL) dan Liga Spanyol atau La Liga. Dan, beberapa tahun yang lalu banyak yang menilai bahwa EPL adalah liga yang terbaik. Namun seiring berjalannya waktu, fakta bisa berkata lain bahwa saat ini La Liga bisa dikatakan sebagai liga terbaik dunia saat ini.

Tentu klaim ini juga diikuti fakta-fakta di belakangnya. Lalu mengapa bisa dikatakan demikian? Berikut alasan mengapa Liga Spanyol bisa lebih baik dari Liga Inggris seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Melihat dari sejarahnya

La Liga lahir lebih awal daripada Liga Inggris, yakni tahun 1929 sedangkan EPL pada tahun 1992. Dari sisi histori, bisa dibilang Liga Spanyol lebih unggul karena sangat kaya dengan budaya, sebut saja seperti Basques, Catalan, hingga Castillan. Semua budaya tersebut sangat erat identitasnya dengan beberapa klub seperti Real Madrid, Barcelona, dan Athletic Bilbao.

Di Liga Inggris sendiri, Everton dan Liverpool mengklaim bahwa mereka mewakili ‘scouse’ sebagai identitasnya. Namun sayangnya ini hanyalah unsur dialek semata. Sedangkan La Liga membawa kekhasannya ke ranah sepak bola. Sehingga tak jarang saat beberapa tim bertemu, unsur budaya ikut berbicara di dalamnya.

2. Kualitas permainan sepak bola dari kedua liga

Kalau bicara soal sepak bola kita bisa subjektif menilainya. Namun kalau di lihat lebih dalam, Liga Spanyol bisa lebih berkualitas karena hampir semua klub bermain dari kaki ke kaki – yang jadi ciri khas sepak bola Spanyol sejak dulu. Ini pula yang menjadikan La Liga menjadi liga terbaik saat ini. Berbeda dengan klub Liga Inggris, banyak dari mereka suka mengutamakan bola-bola panjang dalam permainannya.

3. Dua pemain dunia saat ini

Dalam hal ini sangat terlihat, Liga Spanyol lebih sering menyumbangkan pemain terbaiknya. Sedangkan Liga Inggris hanya Eden Hazard dan Alexis Sanchez, namun boleh dikatakan mereka belum bisa menyamai Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Belum lagi kalau ditambah dengan Gareth Bale, Luis Suarez, Antoine Griezmann yang mereka semua bermain di Liga Spanyol.

4. Dari sisi kompetitif

Boleh dibilang, Liga Inggris juga cukup ketat dalam persaingan di deretan papan atas klasemen. Namun jangan lupa, saat ini Liga Spanyol juga mulai kompetitif dengan beberapa klub yang sudah mampu menjegal dua klub raksasa Barcelona dan Real Madrid, seperti Atletico Madrid, Sevilla, hingga Villarreal.

5. Klub La Liga lebih mendominasi di kancah dunia

Hal ini tak terbantahkan bahwa klub di Liga Spanyol lebih banyak menyapu bersih semua kejuaran kelas dunia atau Eropa. Sebut saja seperti Liga Champion, Liga Europa, Piala Super Eropa, hingga FIFA Club World Cup. Berikut total gelar dari tahun 2014:

Musim 2014/15:

Liga Champions: Barcelona

Liga Europa: Sevilla

Piala Super Eropa: Barcelona

FIFA Club World Cup: Barcelona

Musim 2015/16:

Liga Champions: Real Madrid

Liga Europa: Sevilla

Piala Super Eropa: Real Madrid

FIFA Club World Cup: Real Madrid

Musim 2016/17:

Liga Champions: Real Madrid

Liga Europa: Manchester United

Piala Super Eropa: Real Madrid

FIFA Club World Cup: Real Madrid

Dari data tersebut, hanya Manchester United yang bisa mewakili dari Liga Inggris, itu pun baru sekali dari tahun 2014.

6. Klub di peringkat UEFA saat ini

Dari rangking 10 besar UEFA periode 2017/18, klub wakil Liga Inggris yang masuk hanyalah Manchester City di peringkat ke-8. Sedangkan lima besar dipimpin oleh Real Madrid di posisi satu, diikuti Barcelona, Bayern Munchen, Atletico Madrid, dan Juventus.

Nah itulah tadi alasan mengapa La Liga menjadi liga terbaik dunia saat ini. Tampaknya klub Liga Inggris harus bekerja ekstra keras untuk memecahkan dominasi klub dari Liga Spanyol. Kita tunggu saja beberapa tahun ke depan, apakah klub EPL mampu bersuara kembali di kancah dunia?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
1SHARES