Lama Tak Terlihat, Begini Kabar Pemain Naturalisasi Era Terdahulu. Ada yang Bikin Miris!

16 Februari 2018
|Robertus Ari
286SHARES

Sejak tahun 2010, PSSI begitu getol untuk menaturalisasi pemain asing. Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk menggunakan jasa mereka di Timnas Indonesia. Kebanyakan dari pemain ini memiliki darah Indonesia atau blasteran dan tak sedikit dari mereka yang juga bermain di Liga Indonesia. Namun faktanya, tidak semua pemain ini sukses menjadi pesepak bola setelah menjadi WNI, bahkan ada yang tersangkut kasus kriminal juga.

Nah, kamu ingin tahu kabar pemain naturalisasi di era terdahulu? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo menjadi WNI pada tahun 2010. Ia cukup lama bermain di Liga Indonesia. Debut pertamanya bersama timnas adalah ketika menghadapi Arab Saudi tahun 2013. Igbonefo juga bermain bersama timnas di Kualifikasi Asian Games 2015. Namun ketika PSSI dibekukan, Igbonefo yang sebelumnya dari klub Arema, dia dipinjamkan ke klub Thailand bernama, Osostspa Samutprakan.

Setelah tampil apik, dia dipermanenkan. Setelah itu dia pindah klub Navy FC. Kemudian dia pindah lagi dan saat ini bermain bersama Nakon Ratchasima FC. Musim ini dia cukup bersinar bersama klub, posisinya sebagai pemain belakang tak tergantikan. Bahkan, ia juga mengaku ingin membela timnas kembali. Namun sang pelatih Luis Milla belum memanggilnya.

2. Bio Paulin

Bio Paulin menjadi WNI pada tahun 2015. Proses naturalisasi pemain yang lahir di Nanga Eboko, Kamerun ini juga tak mudah. Setidaknya ia membutuhkan 9 tahun untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia. Ia juga sempat membela Timnas Indonesia setelah ia tampil cemerlang besama Persipura Jayapura. Di musim ini ia bermain bersama Sriwijaya FC. Namun, karena cedera yang cukup panjang, nampaknya Bio sedikit kesulitan untuk kembali ke performa terbaiknya.

3. Tonnie Harry Cusell Lilipaly

Ketika dinaturalisasi dan bermain bersama timnas di Piala AFF 2012, dia sempat digadang-gadang akan menjadi pemain bintang di ajang ini. Sebelumnya dia bermain bersama FC Twente pada tahun 2001-2012, inilah yang menjadi alasan kuat kalau dia bakal bersinar bersama timnas, namun sayangnya fakta mengatakan lain.

Saudara Stefano Lilipaly ini memutuskan meninggalkan Barito Putera pada tahun 2014 dan kembali ke Belanda. Kini ia dikabarkan bermain bersama Ajax Zaterdag, klub Divisi V Belanda yang disebut sebagai level amatir.

4. Ruben Wuarbanaran

Saat berkarier di Indonesia bersama Pelita Jaya, Ruben Wuarbanaran tampil cukup mengecewakan. Dia dibilang tidak memiliki kemampuan istimewa. Bahkan ia juga mengikuti seleksi Timnas U-23 di Sea Games 2011, namun ia tidak lolos. Kemudian dia bergabung ke Barito Putera, namun akhirnya namanya dicoret karena dinilai tidak mumpuni. Sempat menganggur cukup lama, pada tahun 2015 dia dikabarkan bermain di Liga Jerman level paling bawah yakni, Divisi V bersama SV Honnepel-Niedermormter.

5. Jhonny van Beukering

Pemain naturalisasi asal Belanda ini memiliki nasib yang kurang beruntung. Karier Jhonny di sepak bola ternyata makin marosot usia tampil bersama Timnas di Piala AFF 2012. Padahal saat ia masih membela klub Vitesse, Feyenoord, dan Go aheah Eagles ia tampil begitu ciamik.

Tak hanya itu saja, Jhonny juga pernah mendapatkan skorsing selama satu tahun dari Komisi Disiplin KNVB. Ia dijatuhi hukuman oleh otoritas tertinggi sepak bola di Belanda pada bulan Oktober 2015. Ia tak dibolehkan terlibat dalam aktivitas sepak bola selama 1 tahun dan denda sebesar 150 euro. Kemudian bulan Januari 2014, ia tersandung kasus kriminal karena kepemilikan 600 pohon ganja yang ditanam di rumahnya, Arnhem.

Nah, itulah tadi kabar lima pemain naturalisasi yang sudah lama kita tak melihatnya. Ternyata kabar mereka ada yang bikin kita miris dan tak disangka juga bahwa beberapa dari mereka karier sepak bolanya merosot tajam. Semoga saja, ini tak terulang lagi kepada pemain naturalisasi yang mulai bersinar di era sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
286SHARES