Keren! Ini Dia 7 Stadion Sepak Bola Paling Canggih di Dunia

10 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Sepak bola kini tidak hanya sekadar olahraga, melainkan telah bertransformasi menjadi industri yang menghasilkan banyak pundi-pundi uang. Tidak hanya bagi pemilik suatu klub atau organisasi yang menaungi sepak bola, tapi juga bagi para pemain, pelatih, dan seluruh aspek yang terlibat di dalamnya. Uang-uang itu mengalir dari sponsor-sponsor, hak siar televisi, juga dari penonton yang membeli tiket masuk ke stadion. Hal yang terakhir disadari betul oleh para pengurus klub sehingga mereka berusaha membuat stadion sebesar mungkin agar bisa menampung penonton sebanyak-banyaknya. Tidak hanya membuat stadion megah, para pengurus klub pun berlomba-lomba menghias stadionnya dengan teknologi-teknologi canggih. Teknologi-teknologi ini berperan penting sebagai penunjang kelancaran suatu pertandingan, menunjukkan kelas suatu klub, dan membuat pemasukan lebih banyak lagi karena penonton akan lebih nyaman dan tidak kapok untuk datang ke stadion. Selain itu, dengan ditambahnya teknologi-teknologi canggih pada suatu stadion, kualitas stadion itu akan meningkat dan akan sering digunakan untuk berbagai pertandingan kelas nasional maupun internasional. Keuntungan-keuntungan tersebut yang membuat kini banyak stadion yang telah memiliki teknologi canggih. Kali ini, YuKepo udah nyiapin nih stadion mana saja yang memiliki teknologi paling canggih di dunia. Mau tau? Yuk, kita kepoin!

1. Allianz Arena

Allianz Arena adalah stadion bola yang terletak di Munich, Jerman. Stadion yang berkapasitas 75.000 orang ini adalah markas dari klub Bayern Munchen. Stadion ini mempunyai konstruksi yang sangat unik. Ketika pertandingan sedang berlangsung, panel-panel bagian luar stadion akan menyala. Warna yang dipancarkannya bisa berubah-ubah dan memunculkan pola yang rumit. Selain itu, banyak juga fasilitas tambahan untuk para pemain dan pengunjung, seperti restauran, conference room, lapangan parkir yang sangat luas, akses langsung ke Stasiun Kereta Munich, dan yang pasti kebersihan tempat yang dijamin bikin betah penonton dan pemain.

2. Avaya Stadium

Avaya Stadium berlokasi di San Jose, California. Stadion yang mulai beroperasi sejak tahun 2015 ini bisa menampung 18000 orang. Stadion ini memang terbilang kecil, tetapi merupakan stadion pertama yang terintegrasi dengan teknologi cloud computing. Teknologi cloud computing membuat markas San Jose Earthquakes lebih canggih dalam penyimpanan data, server, sistem tiket, sistem reservasi, kunjungan, penyiaran, dll. Untuk membangun stadion canggih ini, pihak Avaya menghabiskan dana sebesar US$ 100 juta. Wajar ya dananya besar, kan teknologinya tercanggih di dunia.

3. Doha Port Stadium

Qatar semakin gencar mempersiapkan ajang Piala Dunia tahun 2022 dengan membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk acara besar tersebut. Salah satunya adalah membangun Doha Port Stadium. Stadion ini termasuk stadion yang mempunyai teknologi terbaik. Orang-orang yang berkunjung ke stadion ini tidak akan merasakan panas karena Doha Port memiliki tekonologi pengatur suhu yang mampu menyejukkan suhu Qatar yang panas. Keren banget kan?

4. Juventus Arena

Juventus Arena tidak hanya menawarkan pengalaman menonton pertandingan sepak bola. Fasilitas kelas dunia, lingkungan yang nyaman dan aman akan memberikan pengalaman unik untuk setiap penontonnya. Stadion yang terletak di Italia ini memiliki gerbang pendeteksi logam yang mampu menghemat waktu antrian. Selain itu, kebutuhan listrik stadion ini disuplai oleh tenaga surya. Wah, gak hanya canggih, markas Juventus ini juga ramah lingkungan, ya.

5. Santiago Bernabeu

Rumah kebanggan klub Real Madrid ini mendapatkan teknologi baru yang pastinya lebih canggih dalam proyek renovasinya. Santiago Bernabeu mendapat atap tambahan yang bisa digeser agar menutup penuh. Atap ini berfungsi untuk melindungi dari terik matahari dan hujan. Stadion yang bisa menampung sebanyak 12.000 orang ini dilengkapi fasilitas kelas dunia yang kualitas dan kelengkapannya gak perlu diraguin lagi.

6. Stamford Bridge

Berlokasi di Inggris, stadion yang satu ini adalah markas dari klub Chelsea. Stadion ini bisa menampung lebih dari 42.000 orang. Gak cuma itu, fasilitas kelas satu bisa kamu dapetin di stadion ini, seperti hotel berbintang empat, restauran, pusat kebugaran, pusat bisnis, parkir yang luas, dll. Nah, yang paling terbaru, stadion ini punya lampu LED berteknologi canggih yang belum pernah dimiliki stadion-stadion lain di dunia.

7. Veltnis Area

Rumah kebanggaan dari klub Schalke 04 ini punya sederatan fasilitas berteknologi canggih. Bagian atap stadion ini bisa membuka dan menutup secara otomatis. Untuk mencegah rumput lapangan rusak ketika pertandingan, rumputnya pun bisa dilipat dan disimpan. Gak cuma itu, stadion ini juga dilengkapi fasilitas keamanan kelas dunia. Terdapat ratusan kamera pengawas dan sistem keamanan canggih untuk mencegah penyelundupan benda-benda berbahaya. Reservasi tiket elektronik juga bikin penonton-penonton gelap gak bisa masuk Veltnis Area. 

Itu dia stadion-stadion yang paling canggih di dunia. Gimana, guys? Pasti seru banget nonton pertandingan sepak bola di stadion-stadion tadi. Gak cuma nonton pertandingan, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya. Keren banget deh. Kapan ya Indonesia punya stadion-stadion sekelas stadion-stadion tersebut?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES