Kenapa Setiap Event Olahraga Besar Pasti Ada Maskotnya? Ini Dia Sejarahnya!

www.yukepo.com

Piala Dunia sebentar lagi. Asian Games pun tinggal menunggu waktu. Meski berbeda, namun ada satu hal yang menjadi kesamaan dari kedua event tersebut. Apa itu? Maskot olahraga. Kedua event akbar tersebut sama-sama memiliki maskot olahraga yang menggambarkan identitas serta keunikan dari kedua event tersebut. Kalau Piala Dunia ada maskot serigala bernama Zabivaka, kalau di Asian Games ada tiga maskot sekaligus, yakni seekor burung cenderawasih bernama Bhin-Bhin, seekor rusa Bawean bernama Atung, dan seekor badak bercula satu bernama Kaka. Ke semua maskot olahraga tersebut tentunya dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Jadi, nggak asal comot saja.

Penggunaan maskot dalam dunia olahraga ini dipelopori oleh seorang ilustrator buku anak-anak Penerbit Enind Blyton yang bernama Reg Hoye. Pada tahun 1966, Inggris dipercaya untuk menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia. Namun, kala itu Inggris mengalami kesulitan untuk mendapatkan sponsor. Akhirnya, pihak penyelenggara menghubungi Reg Hoye untuk dibuatkan sebuah maskot olahraga guna mendorong kebutuhan promosi agar bisa merangkak naik.

www.thesun.co.uk

Inspirasi dari Hoye berasal dari sang putra bernama Leo. Ia pun kemudian membuat sebuah maskot yang bisa mendeskripsikan putranya tersebut. Selain itu, ia mendapatkan inspirasi lain yang berasal dari simbol negaranya, yakni singa. Kemudian, ia pun memadukannya dengan sebuah ikon budaya pop yang kala itu tengah booming di negerinya, yakni The Beatles. Hasilnya, lahirlah sebuah maskot berwujud boneka singa yang tengah mengenakan baju bergambar bendera Inggris Raya (Union Jack) dan bertuliskan “World Cup”.

hewanliar1234.blogspot.co.id

Usai rampung pada Juli 1965, bukannya menamai maskot tersebut dengan nama anaknya, Hoye malah menamai maskot tersebut “Willie”. Nama tersebut ia ambil dari nama Kepala Administrasi Piala Dunia, EK ‘Wilie’ Wilson. Maskot Willie pun kemudian eksis di berbagai ilustrasi dan merchandise. Mulai dari boneka hingga botol bir, ilustrasi dari Willie selalu terpampang. Panitia penyelenggara serta FIFA pun dengan sangat cepat meraup keuntungan. Terlebih setelah Lonnie Donnegan menciptakan sebuah lagu yang berjudul “Willie World Cup”. Pendapatan dari siaran radio serta hak siar televisi pun semakin menjadi. 

es.fifa.com

“Pendapatan dari semuanya itu merupakan ledakan komersial pertama di Piala Dunia. Dilaporkan, FA (PSSI-nya Inggris) dan FIFA mendapat keuntungan hingga 3 juta poundsterling,” ungkap mantan penyerang timnas Inggris Jimmy Greaves dalam Greavsie: The Autobiography seperti yang dikutip dari Historia.

Sejak saat itu, penggunaan maskot pun terus dilakukan. Tak hanya dalam event piala dunia, tapi juga di event olahraga lainnya semisal olimpiade. Maskot Willie menjadi pelopor sekaligus pendobrak dalam sejarah olahraga dunia dan jasa dari Reg Hoye pun masih terasa hingga saat ini. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
6 Hal yang Nggak Boleh Disepelekan Saat Usiamu Masih 20-an - Keepodotme

6 Hal yang Nggak Boleh Disepelekan Saat Usiamu Masih 20-an - Keepodotme

5 Kandidat Terkuat Pengganti Antonio Conte Usai Chelesa Dibantai Watford

5 Kandidat Terkuat Pengganti Antonio Conte Usai Chelesa Dibantai Watford

Gak Jadi Mati Saat Coba Bunuh Diri, Pria Ini Putuskan  Operasi  Transplantasi Wajah, Hasilnya Di Luar Dugaan - Keepodotme

Gak Jadi Mati Saat Coba Bunuh Diri, Pria Ini Putuskan Operasi Transplantasi Wajah, Hasilnya Di Luar Dugaan - Keepodotme

5 Kekalahan Terburuk Messi di Sepanjang Kariernya. Sumpah, Bikin Nyesek!

5 Kekalahan Terburuk Messi di Sepanjang Kariernya. Sumpah, Bikin Nyesek!

Jangan Lakukan Pernikahan Muda Kalau Pasanganmu Masih Hobi 7 Hal Ini! - Keepodotme

Jangan Lakukan Pernikahan Muda Kalau Pasanganmu Masih Hobi 7 Hal Ini! - Keepodotme

116 Penampilan 19 Gol, Inilah 5 Striker Terburuk di Liga Inggris Musim Ini

116 Penampilan 19 Gol, Inilah 5 Striker Terburuk di Liga Inggris Musim Ini

loading