Kalau Bukan Kita yang Melestarikan Olahraga Khas Indonesia Ini, Siapa Lagi?

pacujalurtupianrajo.wordpress.com

Dunia olahraga memang memiliki ketertarikan tersendiri untuk dibahas. Bukan hanya olahraga yang begitu populer seluruh dunia saja, bahkan olahraga-olahraga tradisional di suatu negara juga gak kalah menariknya. Selain itu, olahraga tradisional juga turut menerapkan khazanah budaya yang ada. Makanya, kadang suka sarat akan nilai filosofis yang tinggi, bukan hanya sekadar mencari keringat belaka.

Kali ini YuKepo mau bahas mengenai beberapa olahraga khas Indonesia yang juga mulai populer di berbagai negara. Olahraga khas Indonesia ini memang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dahulu. Penasaran apa aja sih olahraga khas Indonesia tersebut? Yuk kita kepoin!

1. Pencak Silat

www.boombastis.com

Pencak silat diperkirakan sudah menyebar di dataran Nusantara sejak abad ke-7. Memang belum bisa dipastikan dengan jelas siapa yang pertama kali melakukan olahraga bela diri ini, namun pada masa Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya sudah terdapat banyak pendekar yang menguasai bela diri ini. Bukti mengenai keberadaan pencak silat di masa lampau ini bisa ditemukan di berbagai artefak senjata di masa Hindu-Budha dan juga pada relief yang menggambarkan sikap kuda-kuda diCandi Borobudur serta Candi Prambanan.

2. Lompat Batu

alampedia.blogspot.co.id

Olahraga lompat batu ini merupakan bagian dari tradisi dan budaya Pulau Nias. Sejarah mengenai olahraga lompat batu ini memang didasarkan pada suasana yang kerap mencekam. Dahulu kala berbagai suku di Pulau Nias sering berperang karena dendam, perbatasan tanah, maupun perihal perbudakan. Kemudian masing-masing desa membangun dinding batu atau bambu untuk membatasi wilayahnya setinggi 2 meter. Oleh karena itu, tradisi lompat batu ini memang sengaja dilakukan sebagai persiapan berperang.

Selain itu, lompat batu memang menjadi sebuah tanda kedewasaan. Bagi pemuda Nias yang sudah berhasil melompati batu ini, maka ia sudah dianggap dewasa serta matang secara fisik. Makanya, dalam tradisi lompat batu ini juga sering dimeriahkan dengan pesta dan tarian perang khas Nias.

3. Sepak Takraw

www.tutorialspoint.com

Olahraga sepak takraw ini memang sekilas mirip dengan olahraga sepak bola dan voli. Mungkin bisa juga perpaduan keduanya. Olahraga ini diperkirakan berasal dari Kesultanan Malaka sekitar tahun 1402-1511. Permainan ini tidak memperbolehkan tangan menyentuh bola dan hanya menggunakan kaki. Olahraga ini memang sejak lama ingin diklaim oleh negara tetangga. Namun, karena fakta sejarah, akhirnya hal tersebut tidak terjadi.

4. Pacu Jalur
ronaldorozalino.wordpress.com

Pacu jalur merupakan salah satu jenis olahraga air yang berasal dari Riau. Perahu yang digunakan memiliki panjang sekitar 25-40 meter dengan jumlah awak perahu sekitar 40 hingga 60 orang. Awalnya olahraga ini dilakukan di kampung-kampung tepi Sungai Kuantan demi memperingati berbagai hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, dan Tahun Baru Hijriah. Pacu jalur ini dilakukan di Sungai Batang Kuantan karena dulunya sungai ini menjadi simbol identitas sosial. Para datuk bangsawan saja yang melintasi jalur ini.

5. Pathol
awank-sarank.blogspot.co.id

Pathol merupakan olahraga gulat tradisional Indonesia yang ada sejak zaman Majapahit. Dulunya, olahraga ini diselenggarakan sebagai sayembara mencari orang-orang terbaik untuk bertempur menjaga Pelabuhan Tuban dari serangan para penyamun. Olahraga pathol ini tepatnya berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sekarang ini pathol lebih sering diperlombakan di pesisir pantai saat upacara sedekah laut.

Nah, itulah tadi beberapa olahraga khas Indonesia yang masih eksis sampai sekarang. Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi. Tugas kita-kita inilah untuk menjaga dan melestarikannya. Jangan sampai diklaim sama negara lain. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Miris Melihat 8 Kerusuhan Maut yang Terjadi Sepanjang Sejarah Persepakbolaan di Indonesia Ini

Miris Melihat 8 Kerusuhan Maut yang Terjadi Sepanjang Sejarah Persepakbolaan di Indonesia Ini

7 Atlet Indonesia yang Sempat Heboh Tersandung Kasus Hukum

7 Atlet Indonesia yang Sempat Heboh Tersandung Kasus Hukum

5 Klub Sepak Bola Raksasa Eropa Ini Gunakan Jersey Hasil Rancangan Suporternya

5 Klub Sepak Bola Raksasa Eropa Ini Gunakan Jersey Hasil Rancangan Suporternya

Wow, Ada Fakta Tak Terduga dari Berbagai Merek Perlengkapan Olahraga Ini!

Wow, Ada Fakta Tak Terduga dari Berbagai Merek Perlengkapan Olahraga Ini!

Selain Neymar, Inilah Beberapa Pemain Sepak Bola dengan Nilai Transfer Termahal di Dunia

Selain Neymar, Inilah Beberapa Pemain Sepak Bola dengan Nilai Transfer Termahal di Dunia

5 Ekskul Olahraga Antimainstream, Sekolahmu Udah Punya Belum?

5 Ekskul Olahraga Antimainstream, Sekolahmu Udah Punya Belum?

loading