Inilah 7 Pemain Sepak Bola Indonesia yang Sukses Meniti Karir di Klub Bola Luar Negeri

suitasapo.doorblog.jp

Dunia sepak bola Indonesia walaupun belum terlalu membanggakan dan malah sempat mendapat sanksi larangan mengikuti pertandingan resmi dari FIFA, namun keberadaannya memang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Bahkan, tak sedikit juga pemain sepak bola Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di luar negeri. Memang tidak mudah, rasa bangga juga sudah pasti ada. Kira-kira siapa saja, ya, pemain sepak bola Indonesia yang berhasil mengukir karir mereka di luar negeri? Yuk, langsung aja kita kepoin bareng YuKepo!

1. Kurniawan Dwi Yulianto

www.fourfourtwo.com

Kurniawan Dwi Yulianto mengawali karir sebagai pesepak bola mulai dari level junior di Eropa bersama skuad Primavera Indonesia yang berlatih di Negara Italia pada awal tahun 1990-an lalu. Kemudian Kurniawan bergabung dengan salah satu klub asal Italia, yakni Sampdoria dan klub asal Swiss, FC Luzern. Kurniawan kemudian tercatat sebagai pemain asal Indonesia pertama yang berhasil melesakan gol di liga Eropa pada tahun 1995, yakni ketika FC Luzern menaklukkan FC Basel.

2. Andik Vermansyah

www.fourfourtwo.com

Andik Vermansyah yang terkenal akan kecepatannya ini mengukir sejumlah prestasi bersama klub asal Malaysia, Selangor FC. Ia sukses membawa klubnya tersebut menjuarai Malaysia Cup dan berada di peringkat kedua Malaysia Super League di tahun kedua. Mantan pemain Persebaya Surabaya ini sempat dilirik klub asal Jepang, Ventrofet Kofu, namun tawaran tersebut ditolak karena masih kurang menggiurkan dibandingkan dengan tawaran dari Selangor FC.

3. Irfan Bachdim

bola.okezone.com

Pemain yang pernah memperkuat skuad timnas Indonesia pada ajang Piala AFF ini mengawali karir sepak bolanya di Negeri Sakura sejak tahun 2014. Ia menjadi pemain sepak bola Indonesia pertama yang berkesempatan berlaga di J-League, sebuah kompetisi paling bergengsi di Jepang. Bachdim juga pernah berkarir di klub Consadole Sapporo pada tahun 2015-2016. Malah sebelumnya, mantan penyerang Peresema Malang ini pernah berlaga di kompetisi utama Thailand dan Belanda. Kini, Bachdim memperkuat tim Bali United dalam ajang kompetisi Liga Gojek Traveloka 2017-2018.

4. Dedi Gusmawan
www.goal.com

Pesepak bola asal Deli Serdang, Sumatera Utara ini menjadi pemain Indonesia pertama yang berlaga di Liga Utama Myanmar. Ia mendapatkan kesempatan tersebut berkat ajakan dari mantan pelatihnya di klub Mitra Kukar, Stefen Hansson, yang menandatangani kontrak dengan klub Myanmar, Zeyar Shwe Myay. Dedi Gusmawan mengawali karir di persepakbolaan luar negeri sejak tahun 2015.

5. Elie Aiboy
bola.liputan6.com

Elie Aiboy pernah menjadi salah satu andalan dari klub Selangor FC. Beberapa gelar pribadi dan klub pernah ia raih, antara lain gelar treble bersama Selangor FC (Malaysia Premier League, Malaysia FA Cup, Malaysia Cup) serta penghargaan sebagai Pemain Terbaik Malaysia FA Cup pada tahun 2005. 

6. Rochy Putiray

soccer.sindonews.com

Rochy Putiray memang menjadi salah satu pemain paling legendaris di Indonesia. Ia memiliki banyak pengalaman berlaga bersama beberapa klub asal Hong Kong, antara lain Instant Dict FC, South China AA, Happy Valley, dan Kitchee SC sejak tahun 2000 hingga 2004. Bahkan, Rochy menjadi salah satu pencetak gol paling banyak di klub tersebut. Hebatnya lagi, ia berhasil membobol gawang klub AC Milan bersama klub All Star Liga Hong Kong dalam pertandingan persahabatan pada tahun 2004.

7. Bambang Pamungkas

www.indosport.com

Bambang Pamungkas memang tak hanya menorehkan prestasi gemilang di klub dalam negeri. Bersama Elie Aiboy ia berhasil mempersembahkan treble winners untuk Selangor FC. Ia juga menjadi pencetak gol paling banyak dalam ajang Malaysia Premiere League dengan total sebanyak 22 gol. Bintang legendaris Persija Jakarta ini juga pernah bermain untuk klub divisi tiga Belanda, EHC Norad. 

Nah, itulah tadi beberapa pemain sepak bola Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi gemilang, tak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Berkat prestasi mereka, nama Indonesia juga menjadi semakin harum. Bukannya harus melulu bangga, atlet-atlet berprestasi di atas juga harus diperhatikan supaya tidak dinetralisasi negara lain. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Setelah 5 Tahun, Kristen Stewart Diam-diam Rindukan Robert Pattinson - Keepodotme

Setelah 5 Tahun, Kristen Stewart Diam-diam Rindukan Robert Pattinson - Keepodotme

Kalau Bukan Kita yang Melestarikan Olahraga Khas Indonesia Ini, Siapa Lagi?

Kalau Bukan Kita yang Melestarikan Olahraga Khas Indonesia Ini, Siapa Lagi?

Kaum Netral Dalam Pemilu Indonesia. - Keepodotme

Kaum Netral Dalam Pemilu Indonesia. - Keepodotme

Miris Melihat 8 Kerusuhan Maut yang Terjadi Sepanjang Sejarah Persepakbolaan di Indonesia Ini

Miris Melihat 8 Kerusuhan Maut yang Terjadi Sepanjang Sejarah Persepakbolaan di Indonesia Ini

Menengok Kecanggihan Pesawat Buatan Rusia yang Akan 'Dipakai' Merpati - Keepodotme

Menengok Kecanggihan Pesawat Buatan Rusia yang Akan 'Dipakai' Merpati - Keepodotme

7 Atlet Indonesia yang Sempat Heboh Tersandung Kasus Hukum

7 Atlet Indonesia yang Sempat Heboh Tersandung Kasus Hukum

loading