Inilah 5 Algojo Free Kick Terbaik yang Ada di Dunia

04 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Free kick atau tendangan bebas dalam sepak bola terjadi karena pemain melakukan pelanggaran di luar kotak pinalti. Tendangan ini cukup berpeluang menciptakan gol, terlebih jika letaknya dekat dengan area pinalti. Meski begitu, tidak semua orang dapat melakukan free kick dengan baik. Bahkan, seorang Cristiano Ronaldo yang dulu katanya mahir memanfaatkan bola service ini sering kali mengalami kegagalan. Tak ayal, banyak tendangan yang malah terkesan ‘menembak burung’.

Oleh karena itu, YuKepo akan memberikan sebuah penghargaan kepada para penendang free kick terbaik. Tentunya bukan dengan piala ataupun uang, melainkan dengan sebuah ulasan. Berikut lima algojo free kick terbaik di dunia.

1. Roberto Carlos

Memiliki tubuh yang mungil tidak menjadi halangan bagi seorang Roberto Carlos untuk menjadi pemain bintang. Di balik tubuhnya yang mungil tersebut, tersimpan kekuatan besar yang siap meledak. Salah satunya adalah ketika Brazil berhadapan dengan Prancis pada tahun 1997. Saat itu, tendangan pisang ala Carlos berhasil menembus jala Fabian Barthez dengan sangat telak. Kiper berkepala plontos itu pun hanya mampu terpaku melihat tendangan bebas si mungil. Meski tendangan bebas yang dilakukannya tidak selalu berhasil menciptakan gol, namun para pemain mengakui bahwa pertahanan mereka akan kerepotan ketika Roberto Carlos turun sebagai algojo tendangan bebas, terutama di dekat garis kotak pinalti.

2. Hakan Calhanoglu

Bundesliga tahun 2014 kala Hamburg berhadapan dengan Borussia Dortmund menjadi salah satu momen spesial bagi seorang Hakan Calhanoglu. Bukan karena berhasil membawa timnya juara, tapi karena ia melakukan sesuatu yang belum tentu orang lain dapat melakukannya. Pada saat itu, tuan rumah memimpin dengan skor 2-0. Memasuki injury time, Hamburg mendapat tendangan bebas dari jarak 41 meter. Hakan dengan percaya diri mengambil tendangan bebas tersebut. Para pemain Dortmund memang tidak ada satu pun yang menjadi pagar betis kala itu karena merasa Hakan tak mungkin bisa membuat gol dari jarak sejauh itu. Namun, kejadian pun tercipta. Tendangannya berhasil menggetarkan jala Dortmund dan membuat Hamburg menang dengan skor 3-0. Setelah itu, ia pun dikenal sebagai salah satu pemilik tendangan bebas terbaik di dunia.

3. Juninho Pernambucano

Juninho memang tidak seterkenal Beckham maupun Ronaldinho. Klub terbaik yang dibelanya pun kalah mentereng dari klub-klub papan atas liga Eropa lainnya. Namun, di sanalah ia mendapatkan masa kejayaannya. Bermain sebagai seorang gelandang tengah, Juninho mampu mengangkat prestasi Olympique Lyonnais di Liga Prancis.  Sebelum kedatangannya, Lyon tak pernah satu pun memenangkan Ligue 1. Namun, di bawah kepemimpinannya, Lyon seakan menggila. Baru di musim pertamanya saja ia berhasil mempersembahkan trofi gelar juara Liga di tahun 2001. Selepas itu, Lyon semakin meraja dengan catatan menjadi juara Ligue 1 Prancis tujuh kali secara beruntun. Pergerakannya di lini tengah membantu para penyerang untuk menceploskan bola dengan mudah. Belum lagi akurasi umpan dan sepakan jarak jauh. ia juga menjadi salah satu pemain yang paling sering mencetak gol dari proses tendangan bebas. Selama membela Lyon, Juninho telah mencetak 75 gol dan 44 gol di antaranya berasal dari tendangan bebas.

4. Ronaldinho Gaucho

Ronaldinho merupakan mantan bintang Barcelona periode 2003-2008. Ketika berseragam Barcelona, ia berhasil menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik dunia, tepatnya pada tahun 2005. Pada saat itu, ia menyisihkan dua kandidat lainnya, yakni Frank Lampard dan Steven Gerrard. Gaya bermainnya yang cantik membuat ia dipuja oleh publik Catalan. Selalu tersenyum dalam situasi apa pun menjadi ciri khasnya. Tak ayal jika para penggemar sepak bola mencintai dirinya. Selain lincah dan ciamik dalam memainkan si kulit bundar, pemain asal Brazil tersebut juga mahir dalam mengeksekusi tendangan bebas. Salah satu gol dari tendangan yang mungkin diingat oleh para penggemar sepak bola adalah kala Brazil berjumpa Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2002. Ia berhasil memperdaya David Seaman dengan melambungkan bola di atas kepalanya dari hampir setengah lapangan. Brazil pun kemudian keluar sebagai juara pada tahun tersebut.

5. David Beckham

Suami dari Victoria Caroline ini memiliki selera yang sangat bagus perihal penampilannya. Selain tampan di luar lapangan, ia juga selalu memperhatikan penampilannya ketika berada di tengah lapangan. Tak heran jika segala model yang dikenakan Beckham menjadi trend setter di kalangan pecinta bola. Selain tampan, ia pun terkenal dengan tendangan pisangnya yang mematikan. Salah satu gol terbaik dari pemain jebolan Class of 1992 ini kala Inggris berhadapan dengan Yunani pada perebutan tiket Piala Dunia 2002. Inggris yang butuh hasil imbang malah tertinggal 1-2 hingga menit ke-93. Namun, ketika harapan seluruh rakyat Inggris seakan musnah, muncullah Beckham sebagai pahlawan. Tendangan lengkungnya tak mampu dibendung oleh kiper lawan dan Inggris pun akhirnya melenggang ke Piala Dunia 2002. 

Itu dia lima algojo free kick terbaik versi YuKepo. Memang melakukan tendangan bebas yang dapat berbuah gol tidaklah mudah. Oleh karena itu, mereka yang persentase keberhasilan tendangan bebasnya cukup tinggi patut untuk diapresiasi dan disebut sebagai spesialis tendangan bebas. Terbaiks!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES