Info Futsal tentang 6 Pola Dasar Permainan Ini Wajib Kamu Tahu!

10 Oktober 2016
|Muhammad Sidiq Permadi
311SHARES

Hai futsal mania! Kali ini ada artikel khusus nih buat kalian para pecinta futsal. Seperti yang kita tahu kalo futsal itu olahraga permainan 5 lawan 5. Ukuran lapangan futsal standard sih ya kurang lebih 1/4 lapangan sepak bola. Nah, dalam permainan ini satu bola direbutin sama 8 orang, 2 orang lainnya jagain gawang biar bolanya ga lewat tanpa permisi. Ngomong-ngomong, kamu udah tau berapa pola dasar yang sering dimainin dalam futsal? Kalo belum cek, deh... di bawah ini!

1. Pola 1-2-1

Pola 1-2-1 bersifat flexibel terhadap formasi lainnya. Karena ke flexibel-annya inilah pemain dituntut memiliki stamina yang prima. Setiap pemain harus terus berlari mencari ruang, menggantikan posisi yang ditinggalkan temannya, terus berotasi. Keuntungan dari pola ini, kita jadi punya banyak variasi serangan. Kalo cara pertama gagal, pake cara kedua. Sama kayak kamu dan dia. Kalo cara pertama nembak ditolak, pake cara kedua. Kalo masih ditolak lagi, pake cara ketiga. Kalo masih ditolak lagi? Tembak diri sendiri aja deh, guys.. Peace!

2. Pola 2-2

Pola 2-2 ini bersifat balance antara menyerang dengan bertahan. Kalo kalian pake pola ini, pemain belakang disarankan punya kemampuan membaca permainan lawan dengan baik serta passing yang akurat. Di dalam pola ini, kebanyakan pemain cuma bisa berotasi dengan pemain lain yang berada di sisi yang sama. Tapi, bergantung kualitas si pemainnya juga sih. Ya sama kayak kamu yang terus bergantung sama angan buat dapetin si dia. Asal jangan gelantungan aja, ya! Ntar dikira monyet.. Hihi.

3. Pola 3-1

Pola ini umumnya dipake sama tim yang ngandelin serangan balik. Soalnya, kalo kalian pake pola ini, 3 orang pemain kalian berada di wilayah pertahanan, sedangkan hanya 1 orang yang berada di wilayah penyerangan. Pola ini biasanya dipake pas berhadapan sama tim lawan yang kemampuannya di atas rata-rata. Kemampuan pemain depan dalam membuka ruang sangat dibutuhkan dalam pola ini. Kalo pemain depannya jago ngebuka ruang, pasti dia juga jago deh buat ngebuka hati kamu... Hehehe.

4. Pola 1-3

Sebenarnya, pola semacam ini hampir sama dengan pola 1-2-1.... Bedanya kedua pemain sayap lebih difokuskan untuk membantu penyerangan. Pemain belakang disarankan harus punya visi bermain yang baik, ball control yang bagus, serta passing yang cepat dan akurat.

5. Pola 4-0

Pola ini juga disebut pola permainan full defence soalnya semua pemain numpuk di area pertahanan sendiri. Semua pemain diwajibkan memiliki kemampuan dasar yang baik. Soalnya, sekali passing-nya jelek, bakal berakibat fatal lho. Pola ini mengandalkan counter attack dengan memanfaatkan kecepatan pemain serta ketepatan atau akurasi passing pemain. 

6. Pola 0-4

Pola ini disebut juga pola permainan full attacking karena semua pemain berada di daerah penyerangan. Para pemain diwajibkan untuk terus melakukan pressure terhadap pemain lawan di daerah pertahanan lawan. Setelah mendapatkan bola, para pemain bisa langsung melakukan finishing atau juga melakukan ball possesion terlebih dahulu di daerah pertahanan lawan. Posisi penjaga gawang berada di dekat garis circle, ya. Soalnya, kalo tim lawan dapet counter attack, kiper bisa ikut langsung memotong serangan dari tim lawan itu. Pola ini menuntut para pemain untuk memiliki stamina yang prima dan teknik dasar yang baik. 

Itulah 6 pola dasar yang sering dipake dalam futsal. Keenam pola di atas sifatnya ga stagnan kok guys, jadi bisa diubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi di lapangan aja. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
100 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
311SHARES