Dicap Selalu Gagal, Inilah Deretan Pelatih Asing yang Pernah Menukangi Persib Bandung

03 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Persib Bandung merupakan salah satu tim terkuat yang berlaga di Liga Indonesia. Dengan sokongan dana yang melimpah serta dukungan ribuan suporter fanatik menjadikan Persib Bandung sebagai salah satu tim dengan komposisi pemain yang luar biasa. Di musim lalu saja Persib Bandung berhasil mendatangkan dua pemain bintang yang pernah mencicipi kerasnya Liga Premier Inggris, yakni Michael Essien dan Carlton Cole. Namun, satu dari dua pemain bintang tersebut gagal bersinar dan bahkan langsung didepak sebelum musim berakhir. Adalah Carlton Cole, mantan pemain West Ham serta timnas Inggris yang harus merasakan kerasnya kursi manajemen Persib Bandung. Sementara Michael Essien masih diberikan kesempatan untuk membela Persib Bandung hingga saat ini.

Meski telah mendatangkan dua pemain bintang plus pemain hebat lainnya, malangnya prestasi Persib malah jeblok. Di akhir klasemen Liga Gojek musim lalu saja Persib Bandung hanya menempati posisi ke-11 dengan raihan 41 poin. Walhasil, Djajang Nurjaman selaku pelatih pun didepak bahkan sebelum musim kompetisi berakhir. Akhirnya, untuk menyambut Liga 1 musim depan, manajemen Persib kembali menjadikan pelatih asing sebagai nahkoda dari tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut.

Adalah Roberto Carlos Mario Gomez, mantan pesepak bola Argentina yang dipercaya untuk menukangi Sang Pangeran Biru. Namun, berkaca pada sejarahnya, kehadiran pelatih asing di kubu Persib tampaknya kurang memberikan hasil yang maksimal. Nggak percaya? Berikut delapan pelatih asing yang pernah menukangi Persib Bandung sebelum kedatangan Roberto Carlos!

1. Marek Janota - 1982

Pelatih asing pertama yang menukangi Persib Bandung bernama Marek Janota. Pria asal Polandia ini direkrut berkat kinerja yang dinilai cukup baik kala menangani timnas Indonesia di era 1979-1980. Meski gagal bersama Persib, Janota berhasil menerbitkan beberapa pemain, seperti Robby Darwis, Iwan Sunarya, dan Sobur.

2. Marek Andrejz Sledzlanowski - 2003

Pelatih asing di kubu Persib selanjutnya bernama Marek Andrejz Sledzlanowski. Perekrutan Marek dilakukan dengan harapan dapat membawa kejayaan bersama Persib Bandung pada Ligina 2003. Meski telah mendatangkan tiga pemain asing asal Polandia, yakni Mariusz Mucharsky, Pavel Bocjian, dan Maciej Doleganamun, namun Marek gagal dan memutuskan mundur pada laga ke-12 Persib Bandung. 

3. Juan Paez - 2003/2004

Persib Bandung terancam terdegradasi pada Liga 2003-2004. Untuk menyelamatkan tim Maung Bandung, manajemen Persib kemudian mengontrak Juan Perez. Hasilnya, Perez dapat menyelamatkan Persib dari ancaman degradasi dengan memenangi babak play-off pada musim tersebut. Kesuksesan Perez taklepas dari kinerjanya dalam melakukan transfer pemain.

Tiga pemain asing asal Polandia yang dibawa Marek kemudian ditendang olehnya dan digantikan pemain baru, seperti Alejandro Tobar, Claudio Lizama, dan Alejandro Sanhueza. Parez pun kembali dipercaya menukangi Persib di musim selanjutnya. Namun, karena ia memiliki masalah dengan asisten pelatihnya, Boyke Adan, Perez pun sempat mengancam mundur meski akhirnya tetap bertahan dan hanya mampu membawa Persib ke posisi ke-6 klasemen akhir. Ia pun kemudian tidak diperpanjang lago kontraknya oleh manajemen Persib.

4. Arcan Iurie - 2006/2007

Ketika ditangani oleh pelatih berkebangsaan Moldova ini, prestasi Persib dapat dinilai cukup buruk. Ketika ditukanginya, Maung Bandung berada di posisi akhir klasemen dan terancam terdegradasi. Beruntung pada saat itu PSSI meniadakan sistem degradasi akibat gempa yang terjadi di Yogyakarta. Meski di musim selanjutnya ia tetap memegang Persib, namun Iurie hanya mampu membawa Persib ke babak delapan besar. Kontraknya pun kemudian tidak diperpanjang.

5. Daniel Darko Janackovic - hanya 2 bulan di tahun 2010

Persib seakan menghamburkan uang dengan sangat percuma kala merekrut pelatih berkebangsaan Serbia ini. Bahkan, sebelum liga bergulir, ia dipecat lantaran rentetan hasil minor yang diperoleh pada enam laga uji coba.

6. Jovo Cuckovic - 2010

Datang menggantikan Darko, Jovo pun gagal bersama Persib. Namun, karirnya bersama Persib hanya seumur jagung. Ia lalu dipecat dari manajemen Persib dan digantikan oleh Daniel Roekito.

7. Drago Mamic - 2011

Tekanan besar yang dialami Mamic kala membesut Persib membuat dirinya memutuskan untuk mundur pada musim putaran pertama ISL 2011-2012. Kemudian, posisinya pun diambil alih oleh Robby Darwis yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih.

 

8. Dejan Antonic - 2016

Pada tahun 2016, Persib kembali merekrut pelatih asing asal Serbia, Dejan Antonic. Namun, ia dinilai gagal menjadikan Persib sebagai salah satu tim kuat dan kemudian dipecat oleh pihak manajemen.

Itu dia deretan pelatih asing yang pernah menukangi Persib Bandung sebelum kedatangan Roberto Carlos. Dilihat dari sejarahnya sih Persib Bandung seakan emang nggak cocok sama pelatih asing. Buktinya, pelatih lokal dianggap lebih dapat membawa Persib berjaya, seperti kala ditukangi Jaya Hartono ataupun Djajang Nurjaman. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES