Dalam Rangka Peringatan Sumpah Pemuda, Inilah 10 Pemuda Indonesia yang Merumput Bersama Tim Eropa!

28 Oktober 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
Olahraga
0SHARES

Tepat pada hari ini, tanggal 28 Oktober 2017, Indonesia merayakan sebuah hari di mana para pemuda pernah mengikrarkan tiga janji setia pada bangsa Indonesia. Ketiga janji tersebut tertuang dalam sebuah ikrar yang dinamakan Sumpah Pemuda. Soekarno pun pernah berujar, "Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia." Pernyataan Soekarno tersebut memberikan makna bahwa betapa pentingnya peran dari para pemuda bagi bangsa Indonesia. Nah, berkaitan dengan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, kali ini YuKepo udah nyiapin sepuluh pemuda Indonesia yang menjadi wakil dari bangsa Indonesia di kancah persepakbolaan dunia. Siapa sajakah mereka? Yuk, kita kepoin!

1. Nicholas Pambudi - Spanyol

Pemain binaan Soccer School Indonesia (SSI) Arsenal ini sempat bergabung ke dalam tim JFA. Ia pun sempat mengikuti seleksi "12 best players U-19" pada tahun 2016 silam. Saat ini, ia telah bergabung dengan Marcet Foundation, sebuah akademi sepak bola yang ada di Barcelona.

2. Samuel Christianson - Spanyol

Pemain yang sempat mengikuti seleksi timnas U-19 ini pernah bergabung dengan klub semi-profesional, Frenz United, yang berada di Malaka, Malaysia. Saat ini, ia tengah menimba ilmu sepak bolanya di Valencia Soccer Academy, Spanyol. 

3. Syahrian Abimanyu - Spanyol

Pemuda asal Banjarnegara ini termasuk ke dalam skuad timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF Suzuki Cup U-19 pada tahun 2016 silam. Ia pun pernah menjajal atmosfer sepak bola yang ada di Inggris bersama dengan akademi Southampton. Bersama dengan Samuel, ia juga tengah menimba ilmu sepak bolanya di Valencia Soccer Academy, Spanyol.

4. Adam Putra Firdaus - Spanyol

Adam sempat mencicipi kerasnya liga kasta ketiga Belanda bersama dengan tim SC Buitenboys. Saat ini, ia bermain bersama Real Valladolid, Spanyol.

5. Muhammad Rafid Habibie - Italia

Cucu dari mantan Presiden ke-3 Indonesia ini tengah menimba ilmu bersama ISM Academy Italia. Sebelumnya, ia juga sempat melakukan trial di akademi Sporting Lisbon, namun sayang ia tidak lolos. 

6. Excel Favour Yosafat Tomboelu - Italia

Pemuda yang berposisi sebagai seorang defender ini juga tergabung ke dalam ISM Academy Italia. Perlu diketahui bahwa ISM Academy merupakan salah satu academy sepak bola unggulan yang ada di Italia. Genaro Gattuso, Andrea Ranochia, serta Marco Storari adalah contoh pemain hasil binaan dari akademi yang berada di Perugia tersebut. 

7. George Brown - Inggris

Pemuda yang dikenal dunia melalui ajang "The Skill Competition Manchester United 2013" ini sempat bermain bersama Bretwood School dan Hutton FC. Kerennya, ia selalu menjadi pilihan utama di kedua klub tersebut. 

8. Jack Brown - Inggris

Adik kandung dari George Brown ini memiliki talenta yang sangat berbakat. Sama halnya dengan kakaknya, ia pun dikenal dunia melalui ajang yang sama. Berbagai macam prestasi telah diraihnya, yakni Best Player of The Year of Sony Tournament 2010 dan The Best Midfielder IFA 2011. Saat ini, ia tergabung ke dalam U-15 ISFA, sebuah akademi di Inggris yang memasok pemain muda berbakat dari seluruh dunia. 

9. Charalamboss Elias David - Yunani

Saat ini, Elias David tergabung ke dalam tim Aghia Paraskevi, salah satu tim yang berada di Negara Yunani. Ia pun sempat dipanggil oleh Indra Sjafri untuk menjalani seleksi timnas U-19. 

10. Andri Syahputra - Qatar

Meskipun memang tidak bermain di Eropa, namun nama Andri Syahputra sangat booming beberapa waktu yang lalu. Hal itu disebabkan oleh keengganan Andri untuk memenuhi panggilan seleksi dari PSSI. Malahan, ia sempat terekam kamera tengah bermain untuk timnas Qatar U-19 saat beruji coba dengan timnas Inggris U-18. Meskipun begitu, talenta berbakat dari Andri memang patut diapresiasi, ya meskipun doi kurang mengapresiasi panggilan membela timnas itu sendiri sih. 

Itu dia sepuluh pemuda yang berhasil mewakili nama bangsa Indonesia di kancah persepakbolaan dunia. Dengan usia mereka yang masih sangat belia, mari kita doakan agar segala ilmu yang dipelajarinya selama di Eropa dapat bermanfaat untuk persepakbolaan Indonesia kelak. Selamat hari Sumpah Pemuda!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES