Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2018, 8 Negara Unggulan Lain Malah Merana!

13 Oktober 2017
|Robertus Jeje
Olahraga
0SHARES

Meski kualifikasi Piala Dunia 2018 belum rampung, hingga saat ini sudah banyak negara yang memastikan diri untuk lolos ke Rusia. Namun, ada pula negara yang harus merana karena gagal. Tak hanya itu, ada juga negara unggulan yang sempat di ujung tanduk dan hampir gagal ke Rusia seperti Argentina. Untungnya, berkat penampilan heroik sang kapten, Lionel Messi, tim Tango berhasil memastikan diri lolos dengan hat-trick Messi saat melawan Ekuador dengan skor akhir 3-1.

Selain itu, rekan setimnya di Barcelona, Luiz Suarez juga meraih hasil positif dengan negaranya, Uruguay. Suarez tampil gemilang saat melawan Bolivia dengan skor akhir 4-2. Atas hasil ini, Uruguay juga memastikan diri bakal ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Ada pula negara yang mengejutkan dan sempat diprediksi tidak akan lolos ke Piala Dunia, yakni Panama. Negara ini adalah negara terakhir yang lolos di zona Amerika Utara. Bahkan, Panama juga baru pertama kalinya berpartisipasi dalam ajang sepak bola terbesar di dunia ini.

Sementara itu, untuk babak play-off, masih ada sembilan slot di grup Piala Dunia yang bakal diperebutkan. Setidaknya ada dua belas negara di babak ini, di antaranya adalah Italia, Denmark, Swedia, Kroasia, Swiss, Republik Irlandia, Irlandia Utara, Yunani, Honduras, Australia, Selandia Baru, dan Peru.

Lalu, negara mana saja yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia? Berikut daftarnya hingga Rabu (11/10/2017) kemarin seperti yang dikutip dari akun Twitter @FIFAWorldCup:

1.   Rusia (tuan rumah)

2.   Brasil

3.   Argentina

4.   Uruguay

5.   Meksiko

6.   Kolombia

7.   Panama

8.   Kosta Rika

9.   Nigeria

10. Iran

11. Jepang

12. Korea Selatan

13. Arab Saudi

14. Mesir

15. Belgia

16. Jerman

17. Inggris

18. Spanyol

19. Perancis

20. Portugal

21. Polandia

22. Serbia

23. Islandia

Itulah tadi 23 negara yang lolos ke Rusia. Namun di luar itu, ada pula negara unggulan lain yang justru gagal meraih tiket ke Piala Dunia. Bahkan, beberapa negara ini memiliki prestasi mentereng dan tak pernah absen di ajang Piala Dunia pada tahun-tahun sebelumnya. Negara mana sajakah itu?

 

1. Belanda

Belanda dipastikan absen dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Pada laga terakhirnya, Belanda memang mampu menang 2-0 atas Swedia. Namun, hasil ini tak mampu menggeser posisi Swedia karena kalah produktivitas gol. Tampaknya ini menjadi semakin berat bagi Negara Kincir Angin sebab sang kapten, Arjen Robben, memutuskan untuk pensiun dari timnas Belanda setelah kegagalan tersebut.

"Saat ini, saya hanya ingin fokus untuk karir saya di klub (Bayern Muenchen). Sekarang ini saya rasa adalah waktu yang tepat untuk menyerahkannya kepada generasi selanjutnya," ujar Robben seperti yang dikutip dari laman Mirror.co.uk.

2. Cile

Kekalahan Cile 0-3 atas Brasil membuat posisinya melorot ke posisi enam klasemen. Atas hasil ini, Cile harus merana karena gagal lolos ke Piala Dunia dan menyerahkan posisi kelimanya kepada Peru yang menuai hasil imbang 1-1 melawan Kolombia. Cile sendiri bisa dikatakan negara unggulan yang tak pernah absen di Piala Dunia sebelumnya dan memiliki prestasi bagus. Terakhir, mereka berhasil menjuarai Copa America 2017 setelah menang adu pinalti melawan Argentina. Atas hasil yang kurang memuaskan ini pula, sang pelatih, Juan Antonio Pizzi ,memutuskan diri untuk mundur dari kursi kepelatihan setelah gagal membawa Cile lolos ke Piala Dunia 2018.

3. Amerika Serikat

Amerika gagal lolos saat kalah melawan Trinidad dan Tobago. Saat itu, AS kalah 1-2 dari Trinidad dan Tobago dan memastikan diri gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Atas hasil ini, posisi Negeri Paman Sam disalip oleh Panama yang menang 2-1 atas Kosta Rika. Sementara di balik itu semua, ada gol pertama Panama yang dinilai kontroversial sebab bola terlihat belum melewati garis gawang. Meski begitu, Lopez Castellanos selaku pengadil lapangan tetap mengesahkan gol tersebut.

Sebenarnya Amerika Serikat memiliki peluang lolos jika FIFA melakukan investigasi terhadap gol tersebut. Jika hasilnya gol tersebut dianulir, maka Amerika Serikat berpeluang lolos ke Rusia. Namun, hingga saat ini belum ada kabar dari FIFA atas gol tersebut sehingga sampai sekarang Negeri Paman Sam tetap dinyatakan tidak ikut berpartisipasi di Piala Dunia Rusia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1986.

4. Kamerun

Di era Roger Milla, Kamerun tampil mengejutkan dan melibas negara-negara unggulan Piala Dunia. Namun, saat ini Kamerun sepertinya tak berkutik di kualifikasi Zona Afrika Grup B. Meski berstatus sebagai juara Piala Afrika 2017, Kamerun malah tidak mampu lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, sedangkan Nigeria justru tampil perkasa di Grup B dan tak terkejar oleh lawan-lawannya.

5. Ekuador

Sebelumnya, negara ini hanya sekali saja absen di Piala Dunia, yakni pada tahun 2006 di Jerman. Sebenarnya Ekuador tampil meyakinkan di awal babak kualifikasi Zona Amerika Selatan dan berhasil menembus tiga besar klasemen. Namun, tampaknya Ekuador tak memiliki peforma yang stabil dan malah secara perlahan mulai menurun sehingga harus gagal untuk lolos ke Rusia karena hanya mampu mengumpulkan 20 poin dari total 17 laga.

6. Austria

Meski tidak ada negara kuat Eropa di Grup D, Austria tetap saja kurang beruntung pada kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa. Padahal, negara ini memiliki pemain berkualitas, seperti Marko Arnautovic dan David Alaba. Namun, meski memiliki pemain bintang, mereka tak mampu bersaing dengan Wales, Serbia, dan Republik Irlandia. Mereka pun hanya bisa menonton negara saingannya di grup setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

7. Turki

Awalnya negara ini sempat diunggulkan di Zona Eropa. Wajar saja sebab Turki sempat meraih tempat ketiga di Piala Dunia 2002. Namun, secara mengejutkan negara ini malah gagal meraih tiket ke Rusia. Padahal, negara lawannya seperti Kroasia kualitasnya sedikit di bawah Turki. Selain itu, Turki juga memiliki pemain andalan, seperti Arda Turan, Hakan Calhanoglu, dan Emre Mor. Tapi, mereka tampak melempem di kualifikasi setelah hanya mampu meraih 14 poin dari 9 pertandingan yang dimainkan.

8. Aljazair

Secara tak terduga, Aljazair tak mampu meraih satu kemenangan pun pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka tergabung di Grup B bersama Kamerun, Zambia, dan Nigeria. Dari lima pertandingannya, negara ini hanya mampu mengumpulkan satu poin saja. Padahal, Aljazair memiliki pemain berkualitas yang bermain di liga-liga Eropa. Skuat mereka dihuni oleh Rachid Ghezzal, Faouzi Ghoulam, dan Riyad Mahrez. Namun sayang, Mahrez, dkk. harus mengubur mimpi mereka untuk tampil di Piala Dunia 2018.

Nah, itulah tadi negara-negara yang lolos, yang masuk babak play-off, hingga yang gagal ke Piala Dunia 2018 Rusia. Apakah negara jagoanmu berhasil lolos?

 

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES