Beli Van Dijk dengan Harga Selangit, Apa Liverpool Nggak Salah Langkah?

29 Desember 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
2.9 KSHARES

Belum juga jendela transfer Januari dibuka, Liverpool telah bergerak cepat dengan mendatangkan pemain teranyar mereka yang dibeli dari Southampton. Adalah bek Virgil van Dijk yang telah resmi bergabung dengan skuad asuhan Jurgen Klopp memasuki tahun 2018 mendatang.

Pemain berpaspor Belanda tersebut dipercaya mengenakan jersey bernomor punggung 4. Meski dalam situs resmi klub tidak disebutkan berapa harga yang harus ditebus The Reds, tapi banyak kabar yang beredar bahwa Liverpool telah menggelontorkan dana sebesar 75 juta pound atau setara dengan 1,3 triliun rupiah. Angka tersebut tergolong besar untuk seorang pemain belakang.

Dengan ini, van Dijk pun memecahkan rekor sebelumnya kala Manchester City mendatangkan Kyle Walker dari Tottenham Hotspur dengan mahar 54 juta pounds. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah kenapa Liverpool rela menggelontorkan uang sebanyak itu demi seorang van Dijk?

Ditinjau dari statistik sejak musim 2013/2014, van Dijk memang tergolong pemain belakang yang perannya tak tergantikan. Di musim ini saja van Dijk telah bermain sebanyak sebelas kali sebagai pemain inti dan satu kali sebagai pengganti, yakni kala Southampton menjamu Crystal Palace ketika Liga Primer Inggris baru saja digelar. Ia pun pernah satu kali meraih gelar man of the match dari dua belas laga yang telah dimainkannya. Data tentang kekuatannya pun ternyata cukup mengesankan.

Dilansir dari laman whoscored.com, pemain berusia 26 tahun ini sangat kuat ketika menghadapi duel bola udara. Selain itu, tackling, fokus terhadap lawan, serta intersep ke bolanya dinilai cukup kuat. Rasio pemain yang satu ini selama membela Southampton pun dinilai cukup apik.

Selama gelaran Liga Primer Inggris musim ini, rasio ia melakukan tackle sukses adalah sebesar 0.8, intersep 2.4, clearing area sebesar 6.5, dan blok sebesar 1.1 dengan rating 7.10. Catatan inilah yang mungkin membuat Liverpool sudi membayar van Dijk dengan harga yang fantastis.

Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa setelah van Dijk bermain, jumlah kebobolan dari The Kops dapat berkurang. Terlebih lini pertahanan dari skuad asuhan Jurgen Klopp ini terbilang rawan karena cukup banyak pemain bertahan yang rentan mengalami cedera. Ya, semoga aja kamu nggak salah beli pemain ya, Liverpool!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
2.9 KSHARES