Barca Tinggalkan Liga Champions, AS Monaco “Tendang” Pulang Dortmund

21 April 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Tengah pekan ini, Liga Champions Eropa kembali bergulir. Delapan tim saling adu ‘jotos’ agar bisa melangkah ke fase selanjutnya. Pertandingan yang digelar hari Kamis (19/4) pagi kemarin mempertemukan duel super bigmatch antara tuan rumah Barcelona melawan Juventus serta tuan rumah AS Monaco melawan BVB Dortmund. Seperti yang telah kita ketahui, Juventus dan AS Monaco sama-sama berhasil melangkah ke babak semifinal. Juventus berhasil menahan imbang Barcelona di Camp Nou dengan skor akhir 0-0 sehingga unggul agregat 3-0. Sementara AS Monaco berhasil mempermalukan BVB Dortmund dengan skor akhir 3-1 sehingga unggul agregat 6-3.

Selain menyajikan pertarungan yang sengit, Liga Champions hari kamis pagi kemarin juga meninggalkan cerita yang unik. Apa sajakah itu? Yuk langsung kita pantau.

1. “Kemandulan” seorang Lionel Messi

Pada pertandingan pagi hari tadi, banyak sekali peluang yang didapatkan oleh Lionel Messi. Akan tetapi, tidak satu gol pun yang bersarang ke gawang Juventus yang dijaga kiper kawakan, Gianluigi Buffon. Tercatat La Pulga telah melepaskan 5 kali tembakan yang ke-semuanya tidak mengenai sasaran alias off target.

2. La Pulga tidak pernah bisa mencetak gol ke gawang Buffon

Messi memang saat ini bertengger sebagai runner up pencetak gol terbanyak dalam ajang UEFA dengan torehan 97 gol. Akan tetapi, dari semua gol tersebut, tidak satupun Messi mencetak gol ke gawang Gigi Buffon.

3. Juventus membuat lini depan Barca tumpul

Skor 0-0 yang terjadi pada laga tersebut menjadikan Juventus sebagai tim yang berhasil membuat lini depan Barcelona tumpul dan tak berdaya. Selain Juventus, ada 2 tim yang berhasil membuat Barca tidak mencetak gol di dua leg fase knock out. Mereka adalah Manchester United (2007-2008) dan Bayern Munich (2012-2013).

4. Gigi Buffon mencatatkan 46 clean sheets

Keberhasilan Juventus menahan seri Barca tanpa gol membuat Buffon telah mencatatkan 46 clean sheets di Liga Champions. Rekor clean sheets terbanyak dipegang oleh Iker Casillas (54), disusul Edwin Van Der Sar (50), dan Petr Cech (47).

5. Gawang Juve bersih dari kebobolan sebanyak 7 kali dari 10 kali pertandingan di Liga Champions

Ini membuat Juventus menjadi salah satu tim dengan pertahanan yang sangat kuat di Liga Champions musim ini.

6. Mbappe, pemain muda nan bertalenta

Kylian Mbappe sukses mencetak 1 gol saat AS Monaco berhasil menjungkalkan Borussia Dortmund pada leg kedua babak perempat final Liga Champions musim ini. Gol tersebut membuat pemain berusia 18 tahun itu telah mengoleksi 16 gol dari 16 pertandingan terakhirnya di musim ini bersama AS Monaco. 

7. Semifinal yang keempat kalinya buat AS Monaco

Berkat kemenangan yang diraihnya, AS Monaco menjadi satu-satunya tim dari Perancis yang sukses melaju ke babak semifinal sebanyak empat kali, yakni pada musim 1993-1994, 1997-1998, 2003-2004, dan 2016-2017. Ini menjadi rekor tersendiri buat mereka karena tidak ada satu pun tim dari Perancis yang sukses melenggang ke babak semifinal lebih dari sekali selain AS Monaco.

Drawing babak semifinal Liga Champions rencananya akan dilakukan pada hari Jumat minggu ini. Tim manakah yang berhak melangkahkan kakinya ke babak final? Kita nantikan bersama-sama.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES