Bahaya! Ternyata, Tato Memberi Efek Ini bagi Para Pesepak Bola

26 September 2017
|Robertus Ari
257SHARES

Tato memang tak bisa dipisahkan dari para pesepak bola. Bahkan, saat ini tak sedikit pemain bola profesional yang suka merajah tubuhnya dengan tinta. Seni tato di kalangan bintang besar sepak bola memang tak bisa dipisahkan, sebut saja Lionel Messi yang memblok kaki kirinya dengan tinta hitam. Belum lagi penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic yang juga memenuhi seluruh tubuhnya dengan tato. Tak kalah ketinggalan pula, Sergio Ramos, bek Real Madrid ini juga menghiasi tubuhnya dengan berbagai macam tato.

Itu hanya beberapa contoh saja dari berbagai pesepak bola dunia yang memiliki tato di tubuhnya. Tapi ternyata, tato ini bisa menjadi bahaya bagi tubuh para atlet bola ini. Bahkan, salah satu hasil penelitian di salah satu universitas di Jerman mengklaim bahwa tato dapat memengaruhi performa para pesepak bola di lapangan. Dilansir dari laman The Sun, Dr. Ingo Frobose dari Cologne German Sport University mengatakan bahwa ia meminta berbagai klub elit sepak bola Eropa untuk memberi sanksi tegas kepada para pemainnya yang memiliki tato.

“Saya bakal melarang para pemain pesepak bola jika ingin membuat tato. Klub harusnya memperhatikan kesehatan pemainnya secara serius, termasuk aspek-aspek kecilnya. Mungkin sekarang mereka belum peduli dengan masalah ini, tapi tidak tahu nanti,” ujar Frobose.

“Beberapa studi yang telah dilakukan menunjukkan para pemain mengalami penurunan performa sebesar 3 sampai 5% setelah memiliki tato. Kulit adalah organ besar yang kita miliki, tapi malah diracuni,” tambah pria berusia 60 tahun ini.

Selain itu, Frobose juga menambahkan bahwa 60 sampai 70% tinta tato tidak menempel secara permanen pada kulit, melainkan masuk ke dalam aliran darah dan ini adalah hal yang sangat berbahaya.

“Akibatnya adalah kekuatan seseorang untuk pulih dari cedera akan mengalami penurunan secara tajam dan kondisi mereka tak bisa lagi bugar seperti sebelumnya,” kata Frobose.

“Kerusakan kelenjar getah bening adalah konsekuensinya. Ditambah jika tato yang banyak pada tubuh bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk berkeringat dan pengaturan suhu tubuh pemain,” sambung Frobose.

Dari berbagai pemain sepak bola yang bertato, ada satu nama bintang besar yang tubuhnya bersih dari tato, yaitu penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Rival dari Lionel Messi ini mengaku bahwa ia tidak memiliki tato karena sering mendonorkan darahnya untuk acara amal.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
257SHARES