7 Klub Sepak Bola yang Berhubungan Erat dengan Angkatan Militer

www.bola.com

Kematian salah seorang suporter Persita yang diduga akibat bentrokan antara suporter Persita dengan suporter PSMS Medan saat kedua klub berhadapan di Stadion Persikabo Mini, Bogor, masih menjadi buah bibir di masyarakat. Pasalnya, kejadian tersebut melibatkan tentara, bahkan menurut banyak kabar, suporter Persita tewas akibat penyerangan yang dilakukan para prajurit tentara. Para tentara yang menonton pertandingan tersebut ada kemungkinan disebabkan oleh jarak stadion yang dekat dengan markas divisinya dan juga melihat seorang Edy Rachmayadi, yang tidak hanya seorang pejabat tinggi militer, tapi juga ketua PSSI dan pembina klub PSMS Medan. Peristiwa tadi memunculkan kembali pendapat tentang posisi tentara di liga profesional Indonesia. karena seperti yang diketahui, tidak hanya ketua PSSI yang berasal dari angkatan militer, tapi tentara dan juga polisi memiliki klub sepak bola yang bermain di liga profesional Indonesia. Tidak jelas betul, apakah aturan membolehkan tentara dan polisi memiliki klub sepak bola yang bermain di liga profesional yang jelas-jelas salah satu orientasinya adalah bisnis.

Namun, ternyata tidak hanya di Indonesia hal ini terjadi. Ada beberapa negara yang mempunyai klub sepak bola yang berhubungan erat dengan tentara, bahkan juga dimiliki tentara. Mau tau kan klub mana aja yang begitu? YuKepo udah nyiapin nih buat kamu. Yuk, langsung aja kita kepoin!

1. CSKA Moskwa

www.bursataruhanliga.com

CSKA Moskwa berdiri sejak Uni Soviet masih berdiri, tepatnya pada tahun 1911. Ketika komunis sedang jaya di Uni Soviet, klub ini didirikan oleh tentara Soviet dan terbukti sukses di liga sepak bola negaranya serta menjadi salah satu klub sepak bola tersukses setelah perang dunia kedua. Namun, sejak Uni Soviet pecah, klub ini sempat menjadi perebutan antara Kementerian Pertahanan Nasional Rusia dengan Tentara Nasional Rusia.

2. Army United FC

www.worldfootball.net

Army United merupakan klub sepak bola yang didirikan melalui kolaborasi antara Kepolisian dan Angkatan Darat Thailand. Klub yang didirikan tahun 1916 ini kini berada di papan tengah klasemen Divisi 2 Liga Thailand. Klub ini memang kurang berprestasi karena para pemainnya masih berprofesi sebagai polisi dan tentara, serta hanya setiap sabtu dan minggu mereka berlatih atau bertanding sepak bola.

3. Navy FC

en.wikipedia.org

Tidak hanya kepolisian dan angkatan daratnya saja yang memiliki klub sepak bola, Angkatan Laut Thailand pun memiliki klub sepak bola yang bermain di liga sepak bola profesional Thailand. Navy FC yang dimiliki oleh Angkatan Laut Thailand masih lebih baik prestasinya ketimbang Army United. Navy FC kini bermain di divisi teratas Liga Thailand walaupun hanya bercokol di papan bawah.

4. Warriors FC
en.wikipedia.org

Klub milik angkatan militer Singapura ini terbentuk pada tahun 1975 dan memang sengaja menampung anggota militer yang ingin bermain sepak bola di liga yang kompetitif. Warriors FC cukup berprestasi di negaranya dengan sembilan kali menjuarai Liga Singapura dan empat kali mengikuti kompetisi AFC Cup.

5. CSKA Sofia
www.novinite.com

Tidak hanya di Rusia, Bulgaria pun memiliki klub sepak bola yang dimiliki tentara. Jika di Rusia ada CSKA Moskwa, di Bulgaria ada CSKA Sofia. CSKA adalah kependekan dari Central Sports Club of the Army. Telah berganti-ganti nama sejak didirikan pada tahun 1948, CSKA Sofia merupakan salah satu tim sepak bola tersukses Bulgaria dengan raihan 31 trofi Liga Bulgaria dan 2 kali menembus semifinal Liga Champions.

6. Dynamo Dresden

bundesligafanatic.com

Klub sepak bola milik Kepolisian Jerman ini telah lama berdiri dan selama hidupnya telah melewati berbagai jalan berliku. Klub yang sempat dibubarkan setelah perang dunia kedua ini didirikan kembali pada tahun 1953. Namun, karena banyak polemik, klub ini sempat memiliki banyak kesulitan yang diakibatkan oleh pejabat tinggi kepolisian setempat. Padahal, klub ini memiliki reputasi yang baik dan sempat berhadapan dengan klub-klub populer Eropa di Liga Champions. Kini, Dynamo Dresden bermain di Divisi 2 Bundesliga.

7. Philippine Army GTI

en.wikipedia.org

Klub milik Tentara Nasional Filipina ini berdiri pada tahun 1960. Awalnya, GTI dibentuk untuk mempromosikan olahraga dan kebugaran fisik oleh pihak tentara Filipina. Namun, perlahan tapi pasti GTI bertransformasi menjadi klub sepak bola profesional dan kini GTI bermain di Divisi 2 Liga Filipina.

Nah, itu dia klub-klub sepak bola yang berhubungan erat atau dimiliki tentara. Perlu diketahui juga kalau angkatan militer memiliki piala dunia sepak bola karena melihat banyaknya tentara yang tertari ke dunia sepak bola dan tentu mereka pun berhak bermain sepak bola. Namun, yang perlu diperhatikan adalah posisi klub sepak bola tentara yang bermain di liga profesional. Kalau pun memang dibolehkan, para tentara ini juga harus lebih bijak sebagai pemain maupun suporter. Karena jika terjadi kembali kerusuhan seperti pada laga Persita dan PSMS, para tentara yang terlibat akan tetap dilihat sebagai tentara yang harusnya berkewajiban untuk melindungi masyarakat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah Deretan Kepala Negara dan Klub Sepak Bola Favoritnya

Inilah Deretan Kepala Negara dan Klub Sepak Bola Favoritnya

Exa Raudina Khoiroti, Atlet Downhill Kebanggaan Indonesia

Exa Raudina Khoiroti, Atlet Downhill Kebanggaan Indonesia

Meskipun Jumlah Penduduk Sedikit, 7 Negara Ini Mampu Lolos ke Piala Dunia

Meskipun Jumlah Penduduk Sedikit, 7 Negara Ini Mampu Lolos ke Piala Dunia

Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2018, 8 Negara Unggulan Lain Malah Merana!

Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2018, 8 Negara Unggulan Lain Malah Merana!

Akhir dari Lika-Liku 15 Klub Liga 1 yang Mengancam Mogok Main

Akhir dari Lika-Liku 15 Klub Liga 1 yang Mengancam Mogok Main

Mesir Akhiri Penantian Panjangnya untuk Bermain di Piala Dunia. Foto-fotonya Bikin Merinding!

Mesir Akhiri Penantian Panjangnya untuk Bermain di Piala Dunia. Foto-fotonya Bikin Merinding!

loading