7 Fakta Siman Sudartawa, Atlet Ganteng yang Raih Emas SEA Games 2017

30 Agustus 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Kita patut berbangga karena Indonesia berhasil meraih medali emas di cabang olahraga renang pada ajang SEA Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Perolehan medali ini berkat perjuangan atlet Siman Sudartawa yang karena kegigihan dan kerja kerasnya untuk mengharumkan nama bangsa, ia dapat mendulang medali emas untuk Indonesia.

Atlet bernama lengkap I Gede Siman Sudartawa ini tak hanya memberikan emas untuk Indonesia, tetapi juga berhasil memecahkan rekor SEA Games 2017 dengan nomor gaya punggung 50 meter pada hari Senin, 21 Agustus lalu. Tak sampai di situ saja, masih banyak fakta menarik tentang pria bertubuh atletis ini. Pernasaran apa saja? berikut YuKepo berikan fakta-fakta lain tentang Siman Sudartawa.

1. Saat kecil, ternyata Siman tidak suka dengan air

Siapa yang menyangka bahwa Siman waktu kecil tidak suka dengan air. Bahkan, waktu kecil ia sangat ogah saat disuruh mandi oleh ibunya. Namun, karena kebenciaannya ini, sekarang ia menjadi atlet Indonesia yang membanggakan. Pada awalnya, ia memutuskan untuk berenang karena tak ingin kalah dengan teman-temannya di masa kecil yang kala itu temannya pada jago berenang. Setelah berkali-kali latihan berenang dengan bagus, Siman akhirnya mencoba mengikuti kompetisi hingga sekarang ia menjadi atlet renang prefesional Indonesia.

2. Sebelumnya, Siman juga berhasil meraih medali emas di Sea Games tahun 2011

Pada tahun 2011, Siman juga berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2011 yang berlangsung di Palembang, Indonesia. Ketika itu ia berhasil memecahkan rekor di kategori renang 100 meter gaya punggung dengan waktu tercepat. Berkat pencapaian luar biasanya ini, ia diberi bonus oleh pemerintah sebesar 800 juta rupiah.

3. Belum lama ini, Siman juga ikut dalam kompetisi tingkat dunia, yakni FINA World Championships 2017 di Budapest

Pada bulan Juli 2017 lalu, ternyata Siman juga ikut kompetisi tingkat dunia di Budapest. Kompetisi tersebut diikuti oleh lebih dari 100 negara. Pada waktu itu, Indonesia mengirim sembilan putra terbaik sebagai wakil dari Indonesia, termasuk Siman Sudartawa. Meski tak sampai puncak dan mendapat medali emas, faktanya Siman bisa mengukir sejarah baru sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mencapai semifinal di perlombaan tersebut.

4. Selain renang, Siman juga punya hobi naik gunung

Siman ternyata sangat suka naik gunung. Buktinya, ia pernah mendaki Gunung Agung di Bali yang tingginya mencapai 3.142 meter di atas permukaan laut. Dari puncak gunung tersebut, ia juga dapat melihat keindahan Gunung Rinjani yang berada di Lombok. Momen Siman ketika naik gunung ini juga sempat ia abadikan di akun Instagram prbadinya.

5. Siman sangat suka dengan traveling

Selain hobi naik gunung, ternyata Siman ini juga hobi buat bertraveling ria.

6. Siman adalah seorang mahasiswa jurusan manajemen

Karena waktu kecil sudah disibukkan dengan latihan renang dan ikut berbagai perlombaan, maka ia pun menempuh pendidikan lewat jalur home schooling karena padatnya jadwal yang ia jalani sewaktu kecil. Namun, setelah sukses berkiprah di dunia renang profesional dan ikut berbagai kejuaraan, ia menyadari pendidikan adalah hal yang penting. Akhirnya, ia memutuskan untuk kuliah sebagai mahasiswa manajemen di Perbanas Institute, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

7. Siman Sudartawa juga dipercaya membawa bendera Indonesia saat pembukaan SEA Games yang lalu

Bagi kamu yang kemarin melihat pembukaan SEA Games, pasti melihat momen ketika Siman Sudartawa membawa bendera Indonesia. Ketika itu Siman didampingi oleh Elga Kharisma Novanda (atlet BMX) dan Christopher Rungkat (atlet tenis).

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari atlet renang kita, Siman Sudartawa. Semoga berbagai pencapaiannya selama ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan pada kesempatan berikutnya dan mampu memompa bibit-bibit baru untuk ikut serta dalam berbagai kejuaraan internasional demi mengharumkan nama bangsa Indonesia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES