7 Fakta Menarik di Balik Persiapan Asian Games 2018. Apa Saja?

15 Desember 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Perhelatan Asian Games 2018 tinggal menunggu waktu. Kini Indonesia sedang berbenah dan memastikan semua telah siap menyambut pesta olahraga se-Asia tahun depan. Ajang ini akan diselenggarakan di dua kota besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Palembang.

Nantinya di event ini akan ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dan akan diikuti oleh negara-negara se-Asia. Nah, bagi kamu yang ingin tahu kabar terbaru tentang persiapan Asian Games 2018, berikut Yukepo kasih kamu fakta-fakta menariknya.

1. Indonesia sudah dua kali menjadi tuan rumah Asian Games

Indonesia sudah dua kali menjadi tuan rumah gelaran pesta olahraga se-Asia ini. Pertama sekitar 55 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 4 September 1962. Dan karena inilah, Indonesia membangun Stadion Gelora Bung Karno serta stasiun TVRI.

2. Ada keistimewaan tersendiri dengan angka 18

Angka 18 identik dalam gelaran Asian Games 2018 kali ini. Salah satunya, pesta olaraga Asia ini digelar pada tanggal 18 Agustus tahun depan. Uniknya lagi, tahun 2018 ini adalah gelaran Asian Games yang ke-18. Kebetulan sekali, bukan?

3. Secara langsung, Presiden Jokowi memimpin pembukaan proses hitung mundur atau countdown

Hitung mundur atau countdown Asian Games tahun 2018 diselenggarakan di Monas, Jakarta dan Benteng Kuto Besak, Pelembang, pada Jumat (18/8/2017). Presiden Jokowi secara langsung memimpin pembukaan ini, dengan cara memanah target yang menandakan proses hitung mundur dimulai.

4. Ada jam khusus yang disediakan untuk penghitungan mundur Asian Games 2018

Panitia menyediakan jam khusus untuk hitung mundur dan ditempatkan di Bundaran HI, Jakarta dan juga di Stadion Jakabaring, Palembang. Jam ini menunjukkan hari, jam, menit menuju Asian Games 2018.

5. Theme song Asian Games 2018 dinyanyikan oleh berbagai musisi ternama Indonesia

Asian Games kali ini memiliki lagu tema berjudul, “Bright As The Sun” yang dinyanyikan oleh musisi ternama Indonesia. Mereka adalah Ariel “Noah”, Ryan “d’Masiv”, Once, Afgan, Tantri “Kotak”, Anji, Delon, Sheryl Sheinafia, Virzha, Ikke Nurjana, dan masih banyak lagi. Theme song ini diharapkan bisa menjadi pemicu semangat para atlet untuk juara.

6. Kementerian Pariwisata menyiapkan paket wisata Asian Games

Kementerian Pariwisata telah menyiapkan paket wisata yang bisa dipilih oleh para atlet, official dan supporter dari berbagai negara. Paket ini ada dua macam, One Day Tour dan Overstay. Tujuannya dibuat ini adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke mata Internasional.

7. Stadion utama Gelora Bung Karno terus bersolek demi Asian Games 2018

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) terus mempercantik diri untuk menyambut Asian Games 2018. Nantinya GBK digunakan untuk opening dan closing ceremony yang tentunya harus meriah. Saat ini GBK terus diperbaiki dan di-upgrade menjadi lebih baik, bahkan saat ini sudah menjadi stadion bertaraf internasional standar FIFA.

Nah itulah tadi berbagai hal menarik yang perlu kamu ketahui jelang Asian Games 2018. Indonesia nampaknya sudah cukup jor-joran dalam memperbaiki fasilitas dan infrastruktur yang ada. Semoga saja, ini semua juga diimbangi dengan prestasi para atlet nanti.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES