7 Bukti Evolusi Sepatu Sepak Bola. Dulu Sama Sekarang Beda Banget!

01 September 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Dari masa ke masa, dunia sepak bola terus memperbaiki diri, membuat berbagai kemajuan dan terus saja berkembang, tak terkecuali masalah sepatu sepak bola. Melihat sejarahnya, sepatu sepak bola diciptakan oleh pengrajin Kerajaan Inggris bernama Cornelius Johnson pada tahun 1525. Pada waktu itu, ia membuatkan pesanan Raja Henry ke-8. Konon, biaya pembuatannya mencapai 4 shilling atau kurang lebih sekitar 100 poundsterling di masa sekarang. Jika kamu mulai penasaran seperti apa bentuk sepatu sepak bola dari masa ke masa, YuKepo udah punya nih beberapa fotonya. Yuk, kepo!

1. Wujud sepatu sepak bola pada tahun 1800-an dan awal 1900-an

Sepatu ini adalah awal dari sepatu sepak bola yang juga dipakai dalam Piala Dunia tahun 1934. Kancing logam pada lubang tali sepatu menjadi aturan pertama yang diberlakukan untuk mencegah pemain terkena cedera.

2. Tahun 1940-1950, tonjolan (pull) di telapak kaki sepatu bola mulai diperkenalkan

Setelah Perang Dunia II, desain terbaru sepatu bola mulai diresmikan dan diperlihatkan ke publik. Pada tahun 1950-an, Adidas dan Puma memperkenalkan sepatu bola dengan teknologi terbaru, yakni dengan tonjolan di telapak sepatu agar akselerasi pemain di lapangan menjadi lebih baik dengan cengkraman sepatu ke lapangan yang lebih kuat.

3. Produsen sepatu memangkas tinggi sepatu dan membuatnya menjadi lebih pendek

Teknologi sepatu bola berkembang cukup pesat, dari yang sebelumnya mirip dengan boot hingga pada akhirnya produsen sepatu memangkas tingginya dan membuat sepatu lebih pendek pada tahun 1960. Hal ini dilakukan agar sepatu terasa lebih ringan dan memberi kenyamanan pada pemain ketika berlari.

4. Tahun 1970-an adalah waktu di mana sepak bola memulai era baru yang lebih modern

Di tahun ini, para produsen memproduksi sepatu dengan kualitas yang semakin baik dan menjadi tahun pertama dari beberapa merek untuk masuk menjadi sponsor para atlet. Pada tahun ini juga, Adidas memperkenalkan produk terbarunya yang diberi nama Cosmos, sedangkan Puma mengeluarkan produknya yang diberi nama Puma King yang pada waktu itu berhasil membuat Brazil memenangkan piala dunia ketiganya setelah mengalahkan Itali di Final Meksiko. Tak kalah ketinggalan, merek baru muncul, yakni Nike. Bahkan, setelah memasuki pasar sepak bola, tak lama Nike bermitra dengan North American Soccer League Associations.

5. Copa Mundial menjadi produk Adidas tersukses di tahun 1980-an

Sepatu ini adalah produk Adidas yang paling sukses pada tahun 1980-an. Sepatu ini diperkenalkan saat Piala Dunia Spanyol tahun 1982. Sepatu ini didesain untuk meningkatkan daya cengkram antara sepatu dengan tanah. Selain itu, desain ini juga membantu pemain untuk lebih mudah dalam mengontrol bola dan menendang dengan lebih kuat.

6. Pada tahun 1990-an, sepatu sepak bola mulai kaya akan warna dan corak

Di tahun ini, produsen sepak bola mulai membuat produknya lebih menarik dengan ukuran, bentuk, hingga warna yang semakin beragam. Selain itu, pull dan telapak sepatu menjadi fokus utama sehingga dirancang agar lebih fleksibel. Hal ini membantu para pemain untuk lebih mudah bergerak dan memiliki keseimbangan yang lebih baik.

7. Tahun 2000-an hingga sekarang, desain sepatu sepak bola semakin kaya

Dunia sepak bola maju begitu pesat. Sepatu juga menjadi lebih baik dan mengimbangi permainan modern dalam sepak bola sekarang. Hal ini membuat pemain akan semakin cepat, taktis, dan memiliki keseimbangan yang lebih baik ketika berada di lapangan.

Nah, itu tadi ulasan mengenai evolusi sepatu sepak bola dari masa ke masa. Namun, tentu saja perkembangan ini tak berhenti sampai di sini. Ke depannya, pasti akan ada lagi teknologi baru dalam dunia sepak bola.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES