5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Gelaran Premier League

21 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
13SHARES

Premier League atau Liga Inggris merupakan liga terketat yang ada di dunia. Banyak pemain bintang yang bermain di liga yang satu ini. Hal itu membuat peta persaingan antartim menjadi tidak dapat dipastikan. Kadang, tim hebat sekalipun dapat takluk oleh tim burem yang tentunya berdasarkan peringkat jauh di bawahnya. Hal itu disebabkan oleh filosofi sepak bola yang diterapkan oleh tim-tim yang bermain di Liga Inggris.

Saat ini, Premier League telah berlangsung selama hampir 26 tahun. Tentunya, banyak momen yang tak terlupakan di sepanjang gelaran Liga Utama di tanah Britania ini. Apa saja momen-momen tersebut? Berikut YuKepo ulas kembali buat kamu semua.

1. Tendangan kungfu Cantona

Eric Cantona merupakan salah satu legenda hidup sepak bola Manchester United. Di samping kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar, Cantona memiliki sisi tempramen yang cukup tinggi. Puncak kemarahannya terjadi pada tanggal 25 Januari 1995 kala MU bertandang ke Selhurst Park Stadium, kandang dari Crystal Palace. Kala itu, Cantona harus diusir oleh wasit pada menit ke-48 akibat melakukan pelanggaran kepada pemain Palace. Namun, bukan kartu merah yang diingat oleh para pecinta sepak bola, melainkan tendangan kungfu yang dilepaskannya ke arah Matthew Simmons, salah seorang pendukung Palace. Simmons sukses memancing emosi dari pria Prancis tersebut dengan meneriaki serta mencelanya dengan kata-kata yang kasar. Akibat dari tendangan kungfu tersebut, Cantona terkena hukuman bertanding selama empat bulan dari Manchester United yang kemudian diperpanjang oleh FA hingga bulan September.

2. Perkelahian dua ‘Yer’

Pada tahun 2005, terjadi sebuah insiden memalukan di sepanjang gelaran Premier League. Bagaimana tidak jika dua orang rekan satu tim kedapatan berkelahi di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan. Adalah Lee Bowyer dan Kieron Dyer yang melakukan tindakan tak terpuji itu. Pada saat itu, tim yang dibela keduanya, yakni Newcastle United tengah tertinggal 0-3 oleh tim tamu, Aston Villa.

Namun, bukannya saling bekerja sama untuk mengejar ketertinggalan, kedua pemain tersebut malah saling baku hantam. Gareth Barry yang pada saat itu berseragam Aston Villa pun dengan sigap melerai kedua pemain tersebut. Alhasil, wasit pun mengeluarkan kartu merah untuk kedua pemain bengal itu dan The Magpies harus menderita karena hanya bermain dengan delapan orang hingga pertandingan berakhir.

3. Balon yang jadi biang kekalahan Liverpool

Entah mimpi apa penjaga gawang Liverpool, Reina, sebelum melakoni pertandingan melawan Sunderland pada Oktober 2009 silam. Pasalnya, gol yang dilesakan oleh pemain Sunderland bukanlah sebuah gol yang istimewa. Sepakan Darrent Bent sebenarnya berhasil dimentahkan oleh Reina andai saja tidak ada sebuah balon yang tiba-tiba mengubah arah laju bola. Alhasil, gawang dari Reina pun kebobolan dan Liverpool harus menelan kekalahan yang sangat menyakitkan. Lebih menyakitkan lagi ketika mengetahui balon tersebut dilemparkan oleh pendukungnya sendiri yang bernama Callum Campbell. Duh, ngenes!

4. Gibs dan Chamberlain yang tertukar

Kejadian unik terjadi pada pertandingan big match yang mempertemukan Chelsea dengan Arsenal pada tahun 2014 lalu. Kala itu, pemain Arsenal, Alex-Oxlaide Chamberlain kedapatan menyentuh bola di kotak pinalti yang membuat wasit Andre Marriner langsung menunjuk titik putih. Uniknya, pemain yang dihadiahi kartu merah oleh Marriner bukanlah Chamberlain, melainkan Kieran Gibbs. Sontak hal itu membuat Gibbs bertanya-tanya dan pada akhirnya ia harus rela meninggalkan lapangan, sedangkan Chamberlain tetap berada di tengah lapangan. Memang gaya rambut yang dimiliki keduanya sangatlah mirip sehingga wasit sekaliber Marriner pun dibuat melakukan kesalahan.

5. Gol menyakitkan Aguero di menit akhir

Mei 2012 menjadi salah satu momen yang tak terlupakan bagi penggemar Liga Inggris. Pasalnya, kala itu, Manchester United dan Manchester City menjadi tim yang berpeluang besar meraih gelar Liga Inggris. Manchester United yang bertanding melawan Sunderland wajib menang untuk dapat meraih gelar juara dengan catatan Manchester City meraih kekalahan atau hasil imbang. Gelar juara kubu The Red Devils pun kian mendekati kenyataan setelah berhasil menang atas Sunderland. Sementara itu, rivalnya tengah tertinggal dari tim tamu dengan skor 1-2. Melihat hal tersebut, para pendukung MU sudah bersiap untuk melakukan pesta perayaan. Namun, keajaiban bagi The Citizen datang di menit-menit akhir pertandingan. Secara mengejutkan, skuad asuhan Roberto Mancini berhasil membalikkan kedudukan hanya dalam tempo lima menit dan gol pamungkas dari Sergio Aguero menjadi pemupus harapan bagi para pendukung Manchester United.

Itu dia lima momen yang tak terlupakan sepanjang gelaran Premier League. Menurut versi kamu sendiri nih, momen apa saja yang gak bisa dilupakan? Komen-komenlah di kolom komentar!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
13SHARES