5 Fakta Menarik Usai Manchester City Permalukan Arsenal di Final EFL Cup

indianexpress.com

Manchester City sukses meraih gelar perdananya musim ini usai menaklukan Arsenal dalam ajang EFL Cup pada Minggu (25/2/2018) kemarin. Pada pertandingan yang berlangsung di Wembley Stadium, Manchester City sukses menaklukan The Gunners dengan skor telak, 0-3. Di sepanjang laga, Manchester City cukup mendominasi jalannya pertandingan. The Citizen pun unggul cepat melalui gol yang dicetak Aguero pada menit ke-18. Memanfaatkan tendangan jauh dari Claudio Bravo, penyerang asal Argentina tersebut sukses melambungkan bola di atas kepala kiper Arsenal, Ospina. Manchester City pun unggul 0-1 hingga babak pertama usai.

Memasuki paruh kedua, David Silva dan kawan-kawan berhasil menambah gol mereka melalui sang kapten, Vincent Kompany pada menit ke-58. Setelah itu, David Silva menambah derita pasukan Arsene Wenger dengan golnya di menit ke-65. Manchester City pun keluar sebagai pemenang dengan skor 0-3. Di balik pertandingan final tersebut, terdapat beberapa fakta menarik yang akan diulas oleh YuKepo kali ini. Fakta apa sajakah itu? Langsung saja kita kepoin bareng-bareng!

1. Dominasi City di babak kedua

www.si.com

Manchester City memang unggul 0-1 di babak pertama. Namun, permainan mereka jauh dari kata sempurna. Para pemain masih sering melakukan kesalahan mendasar dan tampak masih belum menemukan ritme permainan. Arsenal bahkan nyaris menyamakan kedudukan andai saja para penyerang mereka dapat lebih pintar memanfaatkan keadaan. Namun, hal itu berubah ketika memasuki babak kedua.

Secara gamblang, Manchester City unggul jauh dari Arsenal. Baik dari segi penguasaan bola maupun peluang yang didapatkan. Kerapuhan pertahanan Arsenal pun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain sehingga The Citizen dapat menambah keunggulan mereka di babak kedua. Ritme permainan sang pemuncak klasemen terlihat membaik di babak ini. Alur bola serta peluang yang tercipta pun lebih berbahaya ketimbang di babak pertama.

2. Pemain senior City yang membuat perbedaan

www.worldfootball.net

Kedua tim sama-sama memiliki pemain yang berpengalaman di starting line up-nya. Namun, dalam hal keseimbangan tim, Manchester City lebih unggul daripada Arsenal. Mereka memiliki Vincent Kompany di line belakang, David Silva di lini tengah, serta Kun Aguero di lini depan. Ketiga pemain tersebut termasuk ke dalam line up The Citizen yang kala musim 2011/2012 mengantarkan Manchester Blue meraih trofi Liga Inggris pertamanya sejak terakhir kali pada musim 1967/68. Pengalaman tersebut sangat mahal harganya dan itu menjadi perbedaan yang sangat kentara di antara kedua tim. Ketiga pemain tersebut dapat dikatakan menjadi jantung Guardiola dalam merebut trofi pertamanya bersama Manchester City di musim ini.

3. Arsenal gagal mengulang penampilannya tahun lalu

www.islingtongazette.co.uk

Tahun lalu di tempat yang sama, Arsenal sukses menjungkalkan perlawanan dari Chelsea dan Manchester City dalam ajang Piala FA. Bahkan, The Gunners telah memenangi sembilan laga secara beruntun ketika bermain di stadion nasional Inggris tersebut. Namun, persoalan inkostintesi The Gunners memang cukup parah pada musim ini. Sebagai contoh pada ajang Europa League kemarin, Arsenal mampu menghancurkan Ostersunds di kandang lawan dengan skor 3-0. Namun, ketika leg kedua digelar di kandang sendiri, skuad Arsene Wenger malah harus takluk 1-2 dari lawan yang sama.

Sementara itu, Manchester City bukanlah Manchester City pada musim yang lalu. Mereka telah berbenah, baik dari segi taktikal maupun komposisi pemain. Hasilnya? Mereka saat ini bertengger di puncak klasemen, unggul jauh dari pesaing terdekat mereka, Manchester United.

4. Pertahanan Arsenal tampil mengecewakan

www.express.co.uk

Sebenarnya, bukan hanya musim ini sektor pertahanan Arsenal dipertanyakan. Masalah ini sejatinya telah menjadi masalah yang cukup serius bagi The Gunners di beberapa musim kompetisi terakhir. Organisasi pertananan mereka dinilai kacau dan tidak cukup cermat dalam mengantisipasi tiap serangan balik lawan. Penempatan posisi pemain pun menjadi salah satu masalah fatal bagi mereka. Contohnya jelas terpampang saat Mustafi berada dalam out position kala gol pertama Kun Aguero. Sementara Koscielny dan Chambers terlalu jauh untuk meng-cover kesalahan dari Mustafi sehingga terjadilah gol cantik tersebut.

5. Bagaimana nasib Arsene Wenger?
www.thesun.co.uk

Kekalahan ini membuat Arsenal hanya menyisakan satu kesempatan lagi buat meraih trofi di musim ini, yakni pada ajang Europa League. Hal itu pun tidaklah mudah mengingat lawan mereka di babak 16 besar adalah AC Milan. Meski sama-sama tampil tidak konsisten di musim ini, pergantian pelatih di kubu Milan rasanya telah membawa sedikit angin segar untuk I Rossoneri. Sementara, permainan Arsenal yang masih ‘terikat’ oleh Arsene Wenger semakin lama semakin monoton dan cenderung tanpa kreativitas yang berarti membuat kemungkinan Arsenal meraih juara di musim ini semakin tipis. Jika Arsenal benar-benar mengakhiri musim kompetisi tanpa gelar, rasanya era Arsene Wenger di Arsenal dipastikan akan berakhir.

Itulah lima hal menarik usai pertandingan final EFL Cup. Bagaimana nasib Asene Wenger bersama Arsenal? Mungkin pertandingan melawan AC Milan di ajang Europa League akan memberikan jawabannya. Selamat untuk Manchester City!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Atlet Berhijab yang Menggetarkan Dunia Lewat Kecantikan Serta Prestasinya!

7 Atlet Berhijab yang Menggetarkan Dunia Lewat Kecantikan Serta Prestasinya!

Kalau Tidak Ada Orang Ini, Mungkin Shakhtar Bisa Menang Lebih dari Setengah Lusin

Kalau Tidak Ada Orang Ini, Mungkin Shakhtar Bisa Menang Lebih dari Setengah Lusin

Model Rambut Cristiano Ronaldo dari Masa ke Masa, dari Dulu Emang Udah Stylist

Model Rambut Cristiano Ronaldo dari Masa ke Masa, dari Dulu Emang Udah Stylist

5 Wags Pesepak Bola Indonesia Paling Cantik Sepanjang 2017

5 Wags Pesepak Bola Indonesia Paling Cantik Sepanjang 2017

5 Fakta Menarik Usai Chelsea Ditahan Imbang Barcelona

5 Fakta Menarik Usai Chelsea Ditahan Imbang Barcelona

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Gelaran Premier League

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Gelaran Premier League

loading