10 Stadion Terbaik di Indonesia Berkelas Internasional

upload.wikimedia.org

Indonesia hampir memiliki stadion di setiap propinsi. Bahkan, beberapa dari stadion sering dijadikan ikon di tempat tersebut. Tak sedikit pula stadion itu dibuat lebih modern dengan memiliki tribun atau yang sudah berbentuk dome (sudah menutupi keseluruhan stadion). Lalu, mana saja sih stadion terbaik yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya versi YuKepo.

1. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) – Jakarta

www.youtube.com

Saat ini Stadion GBK sedang mempersolek diri. Sebab, salah satu stadion kebanggan Indonesia ini sedang direnovasi untuk menyambut Asian Games tahun depan. Wajar saja kalau perbaikan stadion ini sedang dikebut siang malam.

Dalam perbaikannya ini, GBK mengalami banyak perubahan dari sisi fungsi, seperti pencahayaan, kursi yang sudah single, papan skor digital, sistem ticketing yang juga digital, dan masih banyak lagi. Selain itu, daya serap air lapangan juga diperbaiki. Jadi, jangan kaget kalau besok-besok sudah tak ada genangan air sedikit pun ketika hujan deras sebab GBK saat ini sudah diperbaharui dan menjadi standar internasional yang lebih baik.

2. Stadion Patriot – Bekasi

inilah.cf

Ini adalah salah satu stadion milik Bekasi yang sudah berstandar internasional. Stadion Patriot dibangun pada tahun 1980 dan berkapasitas hanya 10 ribu penonton. Kemudian pada tahun 2011, markas klub Pesipasi Bekasi ini melakukan renovasi guna mengikuti standar internasional dan menghabiskan biaya sebesar 450 miliar. Tak heran jika hasilnya bisa sebagus sekarang. Saat ini, stadion Patriot sudah mampu menampung hingga 30 ribuan penonton.

3. Stadion Wibawa Mukti – Bekasi

nysnmedia.com

Selain Stadion Patriot, Bekasi juga memiliki satu lagi stadion bertaraf internasional. Stadion Wibawa Mukti juga menjadi venue utama dalam acara Porda XII Jabar 2014 silam. Stadion ini berkapasitas 32 ribu orang dengan kursi bertipe single seat. Dana pembangunan menghabiskan 530 miliar dengan luas lahan 20,3 hekar. Pada tahun 2015, Pemkab Bekasi merampungkan pembangunan tahap akhir dengan dana 150 miliar dan selesai pada akhir tahun 2015.

4. Stadion Si Jalak Harupat – Bandung
beritaterkini21.com

Stadion Si Jalak Harupat dibangun pada tahun 2003 dengan dana 67,5 miliar. Stadion ini diresmikan pada tahun 2015 oleh Ketum KONI saat itu, Agum Gumelar. Stadon ini juga sering menggelar laga internasional, salah satunya Piala AFF tahun 2008. Stadion ini berkapasitas 45 ribu penonton. Pada tahun 2011, Si Jalak Harupat mendapatkan verifikasi dari AFC dengan peniliaian yang nyaris sempurna untuk mendapat serfikat A.

5. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) – Bandung
upload.wikimedia.org

Stadion yang dibuat pada tahun 2009 dan 2013 memiliki kapasitas sebanyak 50 ribu penonton dengan kursi bertipe singel seat dan 72 ribu penonton tanpa kursi. Stadion yang merupakan markas Persib Bandung ini menggunakan rumput zoysia matrella Linmer dengan total luas stadion yang mencapai 40 hektar. Stadion berkelas internasional ini memiliki empat lantai dengan kaca pada ruang VVIP yang kaca anti peluru, bahkan landasan helikopter juga dibangun di GBLA.

6. Stadion Utama Riau – Pekanbaru

upload.wikimedia.org

Pada tahun 2012, stadion ini menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) sekaligus menjadi venue utama perhelatan akbar tersebut. Selain itu, stadion ini juga pernah menjadi tempat kualifikasi Piala Asia AFC pada tahun 2012. Dengan kapasitas penonton yang mencapai 44 ribu dan dana pembangun sebesar 1.18 triliun, stadion ini disebut-sebut mirip dengan Allianz Arena, markas Buyern Munchen. Apa iya?

7. Stadion Palaran – Samarinda

mapio.net

Stadion Palaran dibangun oleh tim Institut Teknologi Surabaya dengan biaya yang mencapai Rp 800 miliar dari Pemerintahan Provinsi Kaltim. Stadion ini dulu diresmikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008. Stadion yang juga menjadi venue penutupan PON XVII memiliki kapasitas yang mencapai 50 ribu penonton. Selain itu, Palaran juga memiliki kualitas bangunan setara dengan stadion kelas menengah di Liga Inggris.

8. Stadion Gelora Bung Tomo – Surabaya

bolaindo.com

Stadion Gelora Bung Tomo memiliki daya tampung sebanyak 55 ribu dan maksimal 60 ribu penonton. Stadion ini menggunakan lampu 1.000 luks dan memiliki lintasan delapan jalur atletik. Stadion ini dibangun pada tahun 2007 oleh Pemkot Surabaya dan diresmikan bulan Agustus 2010. Diharapkan, stadion ini mampu meningkatkan prestasi pada atlet di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

9. Stadion Aji Imbut – Tenggarong

beritajambi.co

Stadion Aji Imbut diresmikan pada tahun 2011 bulan Maret oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak. Stadion ini juga pernah digunakan untuk PON XVII pada tahun 2008. Daya tampung Stadion Aji Imbut mencapai 35 ribu penonton dengan dana pembangunan sebesar Rp 899 miliar. Namun, tampaknya stadion ini sedikit kurang terawat.

10. Stadion Gelora Sriwijaya – Palembang

www.radarcirebon.com

Dulunya, stadion ini bernama Jakabaring dan berlokasi di Palembang, Sumsel. Stadion Gelora Sriwijaya dibuka untuk umum pada 1 Januari 2004. Selain dibangun di atas lahan 40 hektar dengan kapasitas yang mencapai 45 ribu penonton, stadion ini juga memiliki tribun bertingkat mengelilingi lapangan dan ditopang lengkung baja raksasa sebagai kekhasan stadion ini. Bentuk atap Gelora Sriwijaya disebut sebagai simbol Kerajaan Sriwijaya di bidang kelautan. Keren, bukan?

Nah, itu tadi sepuluh stadion terbaik menurut versi YuKepo. Semoga Indonesia terus merawat dan berbenah agar memiliki fasilitas stadion yang baik bagi cabang olahraga sepak bola. Namun, tak hanya itu, semoga perbaikan fasilitas ini juga dilakukan di semua cabang olahraga yang ada di Indonesia agar para atletnya mampu berlatih maksimal dan meraih prestasi yang lebih baik lagi.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Hal yang Harus Kamu Tahu Kalau Ingin Kuliah di Jurusan Sport Management

7 Hal yang Harus Kamu Tahu Kalau Ingin Kuliah di Jurusan Sport Management

7 Pemain yang Melakukan Selebrasi Gol ke Gawang Mantan Klubnya

7 Pemain yang Melakukan Selebrasi Gol ke Gawang Mantan Klubnya

Lionel Messi, Aset Terbaik La Masia dan Barcelona (Bagian 2)

Lionel Messi, Aset Terbaik La Masia dan Barcelona (Bagian 2)

Skuad Kidal Legendaris Ala YuKepo, Ada Jagoanmu?

Skuad Kidal Legendaris Ala YuKepo, Ada Jagoanmu?

Timnas Indonesia dan Emas yang Enggan Berada di Bumi Pertiwi

Timnas Indonesia dan Emas yang Enggan Berada di Bumi Pertiwi

Diprediksi Akan Sehebat Ayahnya, Inilah Kiprah 9 Anak Pesepak Bola Dunia

Diprediksi Akan Sehebat Ayahnya, Inilah Kiprah 9 Anak Pesepak Bola Dunia

loading