10 Evolusi Seragam Basket dari Zaman Dulu hingga Sekarang

24 September 2017
|Mohammad Syahrial
640SHARES

Olahraga basket telah banyak mengalami perubahan, tidak cuma gaya bermain dan berbagai aturan permainan, tetapi juga pada seragam yang digunakan oleh para pemainnya. Sejak lebih dari seratus tahun yang lalu, seragam basket telah berevolusi menjadi seragam yang biasa dikenakan oleh para pemain basket profesional saat ini.

Bagi kamu yang mencintai olahraga ini tentu harus tau gimana sih perkembangan seragam basket dari zaman dulu hingga sekarang. Gak perlu lama-lama, yuk langsung kita kepoin aja!

1. 1890-an

Pada periode ini seragam basket yang digunakan adalah celana panjang baggy berbahan katun dengan kemeja atau kaus berbahan wol. Wol dianggap sebagai bahan alternatif yang terjangkau sebagai bahan pembuat seragam basket. Pada waktu itu, seragam basket memiliki kancing pada selangkangan yang fungsinya sebagai pengikat baju agar tidak dikeluarkan. Baru tau kan?

2. 1910-an

Pada tahun-tahun 1910-an, seragam basket memiliki beberapa perubahan. Para pemain basket lebih banyak menggunakan kaus panjang berbahan wol ketimbang kaus tanpa lengan. Celana yang digunakan pun tidak lagi celana panjang baggy, tapi mulai bercelana pendek longgar dan dengan kaus kaki panjang yang hampir selutut.

3. 1920’s

Olahraga basket semakin modern pada era ini. Tim-tim basket profesional mulai bermunculan dan berbagai kompetisi semakin banyak diselenggarakan. Karena itu pula terdapat evaluasi terhadap seragam basket. Celana panjang dan kaus panjang diubah karena dianggap membatasi gerak dan membuat pemain sulit bernafas sehingga digantilah dengan celana pendek serta kaus berlengan pendek. Pada periode ini, Converse meluncurkan sepatu berbahan canvas dan tinggi yang saat itu digunakan sebagai sepatu bermain basket. Wah, sekarang sepatu itu udah jarang banget dipake buat main basket, ya.

4. 1930’s

Seragam basket periode ini tidak mengalami banyak perubahan dari seragam basket 1920’s. Hanya saja pada periode ini, penggunaan kaus tanpa lengan kembali trend. Kaus kaki yang digunakan pun hanya sampai sedikit di atas mata kaki.

5. 1940’s

Pada tahun 40-an, setelah sebelumnya diciptakan bahan dari nilon dan poliester, bahan sintetis pun kian lama semakin diterima. Para pemain basket banyak yang memilih kaus berbahan mesh karena dirasa lebih ringan, memudahkan gerak, dan sejuk. Oh, gitu sejarahnya!

6. 1950’s

Tidak banyak yang berubah pada periode ini, hanya saja para pemain basket lebih suka dengan kaus tanpa lengan dan berukuran ketat. Gak engap gitu?

7. 1960’s

Penggunaan kaus ketat tanpa lengan semakin nge-trend pada periode ini. Selain itu, penggunaan tube socks semakin merebak di kalangan pemain basket. Sementara itu, bagi pemain basket dengan rambut panjang, agar rambutnya tidak menggangu ketika bermain, diciptakanlah headbands. Wah, ternyata headbands udah ada dari dulu, ya!

8. 1970’s

Pada tahun-tahun ini, seragam basket dibuat dengan paduan berbagai warna sehingga seragam basket terlihat colorful. Wah bagus ya warnanya cerah-cerah.

9. 1980’s

Michael Jordan, maestro dalam dunia basket, memilih celana yang lebih panjang dan longgar ketika yang lain lebih memilih celana dan kaus ketat. Dominasi Jordan yang kian memuncak pada ajang NBA membuat banyak pemain basket mengikuti caranya berpakaian di lapangan. Emang harus jago dulu ya kalau mau jadi trendsetter.

10. 1990’s – 2000’s

Tidak banyak yang berubah pada seragam basket semenjak Michael Jordan mengubah gaya seragam basket pada tahun 80-an. Namun, kini bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat seragam basket semakin berkualitas tinggi. Selain dibuat agar pemain lebih dinamis dalam melakukan pergerakan, kini seragam basket pun dibuat lebih sejuk dan mampu menyerap keringat. canggih!

Itu dia evolusi seragam basket dari zaman ke zaman. Ternyata, seragam basket yang kita tau sekarang telah melewati berbagai perubahan ya dari tahun ke tahun. Seragam favorit kamu yang mana, guys?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
640SHARES