10 Cabang Olahraga Baru dalam Ajang Asian Games 2018, Bakalan Seru Nggak Ya?

15 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Asian Games adalah ajang olimpiade terbesar se-Asia yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali, sama seperti Piala Dunia. Dalam ajang olimpiade ini, ribuan atlet dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba untuk dapat memenangkan medali emas dan tentunya dapat mengharumkan nama negara yang dibawanya. Negara-negara peserta pun telah mempersiapkan dirinya agar dapat fight dan menang dalam pesta olahraga terakbar se-Asia tersebut, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018.

Namun, ada yang berbeda dari ajang Asian Games tahun ini. Pasalnya, akan ada sepuluh cabang olahraga baru yang akan ikut diperlombakan. Apa saja kesepuluh cabang olahraga tersebut? Langsung aja deh kita kepoin bareng. Yuk, kepo!

1. Sebelum kita melihat apa saja cabang olahraga terbarunya, terlebih dahulu kita cari tahu kenapa ada sepuluh cabang olahraga terbaru di Asian Games kali ini

Sesuai dengan keputusan dalam sidang eksekutif dan rapat umum OCA di Ashgabat, Turkmenistan, 20 September 2017 lalu, ajang Asian Games 2018 akan memperlombakan 40 cabang olahraga sehingga total ada 67 disiplin olahraga dan 462 event dalam Asian Games 2018 ini. Sebenarnya, Indonesia hanya mengajukan 39 cabang olahraga untuk dipertandingkan dengan alasan efektivitas anggaran yang dilakukan oleh INASGOC. Namun, belakangan Komite Olimpiade Asia (OCA) menyatakan bahwa cabang olahraga rollersport, yakni skateboarding dan roller skate akan ditanggung biaya penyelenggaraannya dan bahkan OCA juga akan membiayai seluruh dana untuk pembangunan venue dari cabang olahraga tersebut. Nah, kenapa sih OCA ini ‘ngebet’ banget biar cabang olahraga rollersport tetap dipertandingan pada ajang Asian Games 2018 ini?

Ternyata, alasan OCA agar cabang rollersport tetap diperlombakan di ajang Asian Games 2018 adalah sebagai bentuk dukungan pada cabor yang didominasi oleh generasi muda yang juga rencananya akan dipertandingkan pada Youth Olimpiade 2019 Buenos Aires, Argentina serta Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Oke, kalau gitu kita liat nih sekarang kesepuluh cabang olahraga baru yang akan diperlombakan di ajang Asian Games 2018.

3. Basket 3 on 3

6. Pencak silat

9. Paralayang/paragliding

10. Panjat tebing
11. Roller sport (skateboarding & roller skate)

Itu dua kesepuluh cabang olahraga terbaru yang akan turut diperlombakan dalam ajang Asian Games 2018. Menurutmu, apakah Indonesia mampu keluar sebagai sang juara di tanah Ibu Pertiwi?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES