Yuk, Kenali Ciri-ciri Perkembangan Fisik Pada Remaja Cowok

02 Mei 2018
|Robertus Ari
7.9 KSHARES

Perkembangan fisik remaja dimulai ketika ia memasuki masa pubertas. Dari sinilah kematangan organ fisik mulai terlihat. Hal ini dialami pada remaja cowok maupun cewek yang ciri-cirinya akan mulai terlihat dari usia 10 tahun ke atas. Perubahan itu akan terjadi cukup banyak, mulai dari organ luar maupun dalam. Perkembangan seksualitas juga akan muncul dengan ditandai pelepasan hormon yang bisa mempengaruhi emosi.

Nah, kali ini Yukepo akan mencoba membahas ciri-ciri perkembangan fisik remaja cowok yang mungkin beberapa dari kamu belum mengetahuinya. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Organ kelamin mulai berfungsi

Hal ini ditandai dengan sperma dan testis yang mulai berfungsi. Selain itu, terjadi juga yang namanya ereksi spontan. Hal ini ditandai ketika cowok mengalami mimpi basah untuk pertama kalinya. Ketika mengalami ini, organ cowok akan mengeluarkan air mani atau sperma yang biasanya disadari ketika pagi hari saat bangun tidur. Ini juga menjadi tanda kematangan dari organ seksual tersebut.

2. Tumbuh rambut di bagian wajah

Perubahan ini terlihat ketika sudah tumbuh kumis dan jenggot. Sehingga cowok akan terkesan lebih dewasa ketika kumis atau jenggor mulai terlihat. Awalnya hal ini biasa ditandai dengan munculnya bulu-bulu halus. Kalau kamu cukur, semakin lama bisa tumbuh makin tebal.

3. Suara menjadi membesar

Hal ini disebabkan jakun kamu mulai tumbuh dan tampak membesar. Kemudian suara kamu terkesan lebih besar atau berat. Suara ini bisa menunjukkan sisi maskulin karena pita suara kamu lagi mulai berkembang.

4. Tumbuh rambut di beberapa bagian tubuh

Ciri-ciri perkembangan fisik remaja cowok juga ditandai dengan tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh. Area tersebut adalah ketiak, kaki, dada, dan bagian organ intim.

5. Otot-otot pada tubuh mulai terbentuk

Secara perlahan, otot pada tubuhmu mulai terbentuk. Ini akan semakin terlihat jika kamu latihan fisik seperti ke gym. Perubahan ini terlihat pada bagian bahu yang melebar, otot pada lengan dan kaki.

6. Jaringan kulit mulai berubah dan mulai berjerawat

Hal ini ditandai dengan pori-pori kulit yang makin membesar. Kulit terasa lebih tebal atau kasar jika dibandingkan dengan milik cewek. Selain itu, kamu juga mulai jerawatan pada beberapa bagian seperti wajah maupun punggung. Ini perubahan yang normal karena kadar hormon kamu meningkat.

7. Pertumbuhkan tubuhmu menjadi lebih cepat

Selain kekuatan otot bertambah, tubuhmu juga semakin tinggi dan besar. Mungkin perubahan ini sangat terlihat dalam masa pubertas. Biasanya cowok menjadi cepat tinggi dan tubuh sedikit kurus. Namun tentu saja, ini tergantung dari genetik bawaan orangtua mereka.

Itulah tadi ciri-ciri perkembangan fisik remaja cowok. Perlu kamu tahu juga, masa pubertas terjadi secara primer dan sekunder. Primer yaitu perubahan yang meliputi hormon dan organ kelamin. Sedangkan sekunder, perubahan yang terlihat dari luar. Bagaimana? Sudah tahu banyak bukan bagaimana masa pubertas pada cowok? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
7.9 KSHARES