Yuk Kenalan Lagi dengan Rafi Ridwan, Desainer Cilik Indonesia Tuna Rungu yang Mendunia

15 Juli 2017
|Faizah Pratama
Life
0SHARES

Muda mendunia itu sudah biasa. Kalau kecil-kecil mendunia baru luar biasa. Inilah Rafi Ridwan, anak yang dikenal sebagai desainer cilik Indonesia yang mendunia. Bernama lengkap Rafi Abdurrahman Ridwan, ia lahir pada tahun 2002. Berarti kini usianya sekitar 15 tahun. Sebenarnya apa yang membuat hingga ia mendunia?

Meski terhitung masih bocah, ternyata Rafi Ridwan memiliki segudang prestasi. Di kancah dunia, dia pernah bekerja sama dengan Tyra Banks yang memilih busana Rafi untuk dikenakan dalam ajang bergengsi America’s Next Top Model putaran 20 di Bali untuk dikenakan para kontestannya.

Sebelumnya dia juga dikenal sebagai desainer muda Indonesia. Pada tahun 2011 ia berkesempatan berkolaborasi dengan desainer kondang Indonesia, Barli Asmara dalam pagelaran Jakarta Fashion Week Festival pada 2011. Pada tahun berikutnya,  dia juga mengikuti pagelaran yang sama dengan menggandeng Nonita Respati dan Aryani Praga Saputra. Pada tahun 2014, dia juga memamerkan karyanya dalam Jakarta Fashion and Food Festival 2014. Kini Rafi Ridwan dikenal sebagai desainer termuda Indonesia bahkan dunia.

 

Rafi, sosok yang luar biasa meski ia terlahir berbeda dengan anak-anak lainnya. Saat ibu Rafi mengandung, ia terkena virus Rubella. Meski tidak berbahaya bagi sang ibu, virus ini berdampak pada Rafi. Saat berusia empat bulan, bayi Rafi divonis mengalami tuna rungu. Namun, kedua orangtuanya tidak menyerah dengan kondisinya. Dan selalu memberikan dukungan penuh kepada Rafi. Dia bersekolah di sekolah bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

 

Ada kisah bagaimana Rafi mulai menekuni dunia mode. Rafi sangat menyukai Little Mermaid terutama tokoh Ariel. Ia melihat dunia bawah laut dengan segala kehidupannya yang sangat dia perhatikan. Seiring waktu dia mulai berpikir dan bertanya pada ibunya, mengapa Ariel memakai pakaian semacam itu? Menurutnya pakaian yang dikenakan Ariel kurang sopan dan tidak pantas. Lalu ibunya berkata bahwa hal tersebut hanyalah dongeng.

Namun, Rafi tidak begitu saja menerimanya dan masih beranggapan Ariel itu benar-benar ada. Lantas, ibunya meminta Rafi untuk menggambar saja baju untuk Ariel agar pakaiannya pantas. Lalu ia mulai menggambar dan Rafi menyukai hal itu. Itulah yang membuat Rafi mengenal dunia mode dan menekuninya hingga sekarang.

 

Hingga kini Rafi Ridwan terus mengejar cita-citanya untuk menjadi desainer dunia. Dalam keheningan hidupnya ia mampu menciptakan sesuatu yang luar biasa lewat goresan tangannya. Untuk kamu yang terlahir sempurna, apa yang kamu sudah dan akan kamu lakukan dalam hidup ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES