Yakin Dia Beneran OTW? Fitur Baru Google Maps Ini Bisa Melacak Keberadaan Temanmu

03 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Suka sebal dengan teman kamu yang bilangnya udah OTW tapi ternyata baru bangun tidur? Atau mau ngadain surprise tapi bingung temanmu udah sampai mana? Mau ngabarin orang tua lagi ada di mana? Tenang guys, sebentar lagi kamu bisa melacak keberadaan teman, pacar, atau keluargamu dengan fitur baru Google Maps. Kalau kamu pengguna ojek atau taksi berbasis online, pasti udah nggak asing dengan tampilan pergerakan armada yang kamu pesan. Setiap pergerakan akan dilacak langsung melalui sistem GPS di Google Maps yang dan langsung bisa muncul di layar handphone-mu secara real time! Jadi kamu bisa memantau secara langsung dan cukup akurat untuk memperkirakan kedatangan temanmu.

Manfaat lain dari fitur ini adalah untuk memastikan temanmu sedang dalam perjalanan, nggak nyasar, dan lebih mudah ketika janjian di suatu tempat. Fitur ini sangat membantu kamu yang ingin temanmu tepat waktu dan memastikan temanmu nggak berbohong dengan kalimat klasik “Udah OTW nih!” Bagi kamu yang sering dicap sebagai tukang telat atau bagi nggak suka menunggu pacar kamu dandan kelamaan sebelum kencan, kamu bisa bagikan keberadaanmu dengan fitur yang sama di Google Maps. Ini akan memberitahukan ke teman atau pacarmu kalau kamu udah OTW agar dia bisa bersiap-siap. Fitur baru ini akan ada di dua platform seperti Android dan iOS. Mekanisme yang hampir sama dengan sistem pemesanan ojek atau taksi online akan memudahkan kamu untuk melacak kehadiran teman yang katanya sedang OTW tersebut. Mudah banget kan?

Jadi, di manapun kamu berada pasti akan terlacak oleh temanmu? Nggak perlu khawatir, kamu bisa menyetel durasi sharing ke temanmu. Durasi sharing ini bisa berlangsung hanya selama perjalanan atau ketika janjian. Misalnya kamu bisa menyetel durasi satu jam untuk perjalanan dari rumahmu ke rumah pacar. Setelah satu jam, Google Maps akan otomatis memberhentikan pelacakan si sistem yang membuat kamu dan dia nggak terhubung lagi dalam pelacakan. Simpel banget, kan?

Gimana sih cara menggunakannya? Kamu harus memperbarui versi Google Maps kamu terlebih dahulu. Setelah masuk ke dalam aplikasi Google Maps, kamu bisa klik icon lingkaran berwarna biru untuk menunjukkan lokasi kamu saat ini. Pastikan kamu dan temanmu telah mengaktifkan fitur GPS di handphone masing-masing agar pelacakan berjalan mulus. Lalu, kamu bisa pilih menu share location atau berbagi lokasi dengan temanmu. Jangan lupa untuk memasukkan kontak teman, keluarga, atau pacar kamu di akun Google agar bisa langsung terhubung. Oh iya, kamu juga bisa share location ini dengan beberapa teman juga, lho. Setelah itu, kamu bisa menyetel seberapa lama durasi share location yang kamu inginkan mulai dari menit hingga jam. Sebaiknya atur durasi sesuai dengan jarak tempuh agar kamu temanmu tetap bisa memantau hingga kamu sampai ke tempat tujuan. Kemudian kamu bisa klik share trip progress agar temanmu bisa tahu kamu udah sampai mana. Kalau durasi sudah selesai, kamu nggak akan terpantau lagi di Google Maps temanmu. Canggih banget, ya!

Kalau begini, kamu jadi lebih mudah janjian, bisa memperkirakan waktu kedatangan agar nggak telat dan bisa membantu melacak orang-orang terdekat. Jadi, kamu udah nggak perlu khawatir lagi dengan kata “udah OTW nih!” dari temanmu atau kata “Lagi nganterin mama belanja” dari pacarmu karena semua bisa dilacak dengan fitur baru Google Maps.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES