Wow! 7 Pemandangan Alam Ini Membuat Kita Merasa Sedang Berada di Planet Lain!

17 Juli 2017
|Romlah Sundari
Life
0SHARES

Bumi yang kita tinggali ini adalah tempat yang sangat menakjubkan. Bentangannya yang luas membuatnya tak henti memberikan kejutan-kejutan kepada kita, manusia-manusia penghuninya. Berbagai fenomena alam yang unik seperti hujan es atau laut yang menyala dalam gelap akibat jutaan bakteri yang bersifat bioluminescence, membuat kita mempertanyakan lagi seberapa jauh ilmu pengetahuan telah berhasil memahami bumi yang kita tinggali ini. Dan berapa banyak lagi misteri-misteri bumi yang belum berhasil terpecahkan oleh manusia yang serba terbatas ini.

Salah satu kejutan menyenangkan yang diberikan oleh bumi kepada penghuninya adalah variasi bentangan alam yang begitu menakjubkan. Tanpa perlu campur tangan manusia, bumi telah memiliki keindahan alaminya yang tidak dapat kita lewatkan. Di bumi yang luas ini, kita dapat menemukan berbagai tempat yang menakjubkan secara alami. Bahkan, tempat-tempat ini akan membuat kita merasa seperti sedang berada di planet lain saking aneh dan menakjubkannya. Penasaran? Inilah 7 tempat aneh yang akan membuat kita merasa berada di planet lain.

1. Spotted Lake, British Columbia, Kanada

Spotted Lake menjadi destinasi wajib jika kamu sedang mengunjungi Kanada di musim panas. Pada musim itu, air di danau polkadot ini akan menguap dan menampakkan kolam-kolam mineral kecil yang dipisahkan oleh lapisan mineral yang sudah mengeras di dasar danau, sehingga danau nampak seperti memiliki motif polkadot yang cantik sekaligus aneh. Kolam-kolam mineral ini memiliki warna yang berbeda-beda, tergantung pada kadar mineralnya.

2. The Giant’s Causeway, Irlandia Utara

Penampakan tempat unik di Irlandia Utara ini membuat semua orang takjub dan heran. 37ribu poligon yang tersusun dengan begitu rapi dan sempurna ini membuat orang-orang tidak percaya bahwa The Giant’s Causeway bukan buatan manusia dan murni merupakan bentang alam yang alami. Nama The Giant’s Causeway ini diambil dari kepercayaan masyarakat setempat bahwa situs heritage dunia ini dibuat oleh raksasa pada masa lampau. Namun kepercayaan itu hanya mitos semata, karena menurut ilmuwan, The Giant’s Causeway terbentuk sejak 60 juta tahun yang lalu saat terjadi erupsi gunung berapi yang sangat besar.

3. Pamukkale, Turki

Secara harfiah, Pamukkale memiliki arti ‘kastil kapas’. Salah satu daya tarik wisata terbesar dari Turki ini sebenarnya merupakan mata air panas yang mengalir melalui teras kolam-kolam alami yang terbuat dari proses sedimentasi mineral sehingga menciptakan dinding-dinding dari marmer travertine yang indah. 

4. Badab-E-Surt, Iran

Seperti halnya Pamukkale, Badab-E-Surt yang terletak di Iran ini juga merupakan teras kolam alami dengan dinding-dinding yang terbuat dari marmer travertine. Perbedaan antara Badab-E-Surt dengan Pamukkale terletak pada jenis mineral yang tersedimentasi. Di Badab-E-Surt, terdapat dua mata air yang terlibat dalam proses sedimentasi. Kedua mata air tersebut mengandung mineral yang berbeda-beda sehingga penampakan teras kolam di Badab-E-Surt berbeda dengan di Pamukkale.

5. Pulau Socotra, Yaman

Pulau terpencil yang terpisah dari Afrika sejak kurang lebih enam juta tahun yang lalu ini memiliki keragaman flora yang unik. Di Pulau Socotra, terdapat tanaman-tanaman yang tidak terdapat di belahan bumi lainnya. Tanaman-tanaman ini memiliki bentuk unik yang membuat kita merasa seperti berada di planet lain. Dua tanaman paling aneh yang hanya ada di Socotra adalah Dragon’s Blood Tree dan Bulbous Bottle Tree.

6. Chocolate Hills of Bohol Island, Filipina

Di tengah pulau Bohol di Filipina, terdapat 1700 bukit dengan bentuk kerucut yang unik. Bukit-bukit ini meski memiliki tinggi yang berbeda-beda namun bentuknya yang serupa membuat kita tidak percaya bahwa bukit cokelat ini merupakan fenomena alami, sehingga merasa seperti di planet lain.

Menurut UNESCO, bukit-bukit kerucut ini merupakan deposit karang yang menonjol ke permukaan dan lalu mengalami erosi oleh air hujan sehingga bukit-bukit ini memiliki bentuk kerucut seperti itu. Warna cokelat pada bukit-bukit ini hanya muncul pada saat musim gugur saat daun yang menutupi bukit berubah menjadi cokelat.

7. Pegunungan Tianzi, Cina

Saat melihat pegunungan Tianzi, kita akan teringat pada legenda tentang Shangri-la, sebuah surga yang terletak terpencil di antara pegunungan Tibet. Meski mirip dengan gambaran Shangri-la, namun pegunungan Tianzi ini terdapat di Provinsi Hunan, Cina. Jajaran batuan alami yang di balut hijau pepohonan dan kerap dihiasi oleh kabut tipis ini memang sangat indah dan memberikan kita perasaan tenang saat melihatnya. Karena keindahannya, tidak heran jika tempat ini menjadi inspirasi bagi wilayah “Floating Mountains” di film Avatar. Benar-benar merasa seperti berada di planet lain bukan?

Ketujuh penampakan alam yang ajaib ini membuat kita menjadi lebih mencintai bumi dimana kita berpijak. Keindahan planet kita ini sudah semestinya kita jaga. Dengan berbagai tindakan kita yang bersifat destruktif bagi bumi, bisa jadi keindahan-keindahan alam seperti yang terdapat di tujuh tempat di atas akan hilang. Karena itu, yuk kita bersama-sama menjaga bumi dan alam agar tetap lestari dan indah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES