Wow, 11 Cara Mencontek Ini Pasti Pernah Kamu Pake Waktu Sekolah!

20 Januari 2017
|Iswara Aji Pratama
4.1 KSHARES

Hampir seluruh populasi umat manusia pasti pernah merasakan bagaimana sensasinya mencontek. Dari mulai anak SD dan mungkin para peserta tes CPNS pun tau trik-trik yang bisa diandalkan untuk melirik, meminta, atau mencatat kunci jawaban. Dosa gak yah? Ya dosalah. Namanya juga mencontek, kan gak ada bedanya dengan mencuri atau berbuat curang. Tapi ya mau gimana lagi, kadang soal yang diberikan itu kelewat susah, otak kita gak mampu menemukan jawaban secara halal. Lagian juga nih yah, pada akhirnya tindakan mencontek ini juga gak menjamin kalau orang tersebut bakal gagal dalam hidupnya. Semua akan kembali lagi ke kegigihan dan nasib yang dimiliki oleh seseorang. Pernyataan itu bukan berarti setuju dengan tindakan mencontek yah, bukan. Itu cuma berdasarkan kenyataan aja, haha. Nah, untuk mengenang kebandelan zaman sekolah, kali ini YuKepo udah merangkum beberapa trik mencontek dari yang masih wajar sampai yang ekstrem. Yuk scroll ke bawah.

1. Tangan jadi salah satu bagian tubuh yang bisa diandalkan ketika mencatat kunci jawaban

Trik yang ini sih pasti kamu udah pernah nyobainlah yah. Rumus matematik, kimia, fisika, sampai hafalan sejarah pernah ditulis di telapak tangan. Kalau ada guru yang curiga, biasanya kita langsung buru-buru ngapus semua tulisan yang ada di tangan. 

2. Menulis rumus atau kunci jawaban di pensil

Karena badan pensil ditutup oleh tangan kita ketika menulis, jadi guru gak bisa ngeliat apa yang tertera di dalamnya. Cerdas sih. Tapi kelemahan dari trik ini adalah kamu gak bisa banyak-banyak menulis kunci jawaban karena bentuk pensil yang kecil.

3. Dan penghapus pun gak lepas dari kegilaan kita ketika mencontek

Berterima kasihlah kita pada pembuat penghapus yang memberikan bungkus pada penghapus. Kalau gak ada bungkus atau kemasannya, percayalah bahwa penghapus gak berguna sama sekali selain menghapus jawabanmu yang selalu salah.

4. Pensil glow in the dark udah masuk ke dalam trik mencontek yang cukup canggih nih

Pensil glow in the dark itu sangat efisien karena hanya bisa dilihat hanya dengan menggunakan cahaya. Di zaman kakek kita dulu mana ada teknologi kayak gini.

5. Kuku juga bisa dijadikan tempat untuk menuliskan jawaban, lho!

Untuk trik yang satu ini cukup berbahaya. Letak kuku yang menghadap ke atas dan terbuka memungkinkan pengawas ujian bisa dengan mudah melihat coretan yang ada pada kuku kita. 

6. Bagian dalam pulpen cukup aman nih dijadikan tempat menaruh contekan

Kalau kamu gak punya pensil kayu, ya udah pake pulpen atau pensil isi yang memiliki bagian dalam yang bisa kamu selipkan kertas. Trik yang satu ini masih terbilang cukup aman.

7. Kalau kamu niat dan gigih, mungkin jam tangan bisa kamu modifikasi

Trik yang ini cukup sulit dibuat. Kamu butuh jam tangan yang bentuknya kotak karena kalau yang bulat itu terlalu sempit ruangnya. Nah, kamu bongkar mesin jam tangan itu kemudian diganti dengan lembaran contekanmu. Tapi trik yang satu ini juga bisa dibilang tidak terlalu aman karena jam tangan tersebut masih terbuka, gampang dilihat pengawas.

8. Bongkar kalkulatormu dan kemudian isi dengan handphone

Berterima kasihlah kepada google yang telah memudahkan kehidupan kita sekarang. Dengan menyelipkan HP di dalam kalkulator, kamu bisa mencari jawaban di google. Tapi sayangnya trik ini bisa kamu pake kalau ujian matematika dan fisika aja. Kalau ujian bahasa Indonesia mah gak masuk akal bawa-bawa kalkulator.

9. Ubah sepatumu menjadi penuh coretan

Trik yang ini juga masih rawan ketauan sih. Itu contekan kamu gede banget keliatan ke mana-mana kalau di sepatu. Tapi kalau kamu punya sikap pemberani, ya gak ada salahnya mencoba.

10. Untuk perempuan, mungkin paha jadi tempat yang paling aman

Beruntunglah perempuan yang menggunakan rok ketika sekolah. Jadi bisa manfaatin ruang yang ada di paha untuk menaruh contekan. Tapi masalahnya sekarang hampir seluruh sekolah di Indonesia mewajibkan muridnya menggunakan rok panjang. Jadi untuk trik yang ini kayaknya gak bisa diterapin di sini deh, haha.

11. Kalau contekan di punggung mah aman banget!

Dari beberapa trik yang sudah dijelaskan, bisa dibilang kalau punggung tempat yang paling aman yang bisa digunakan untuk mencontek. Tapi masalahnya, kamu gak diperbolehkan membuka baju di ruang kelas. Berarti gak ada gunanya kamu bikin contekan kalau gak bisa diliat. 

Jadi trik mencontek mana aja yang pernah kamu gunain sewaktu sekolah? Nyontek sih boleh-boleh aja asal jangan kebanyakan dan keseringan. Masalahnya kalau kamu terus-terusan melakukan tindakan ini, lama-lama kamu bergantung sama jawaban orang lain dan kertas contekan. Jadi gak berkembang deh otakmu. Mau emangnya punya otak yang mampet kayak selokan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
4.1 KSHARES