Wajib Peka dengan Tanda Ini Jika Ingin Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

unsplash.com

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita kaum wanita. Tumor ganas ini tumbuh di sekitar mulut rahim, tepatnya di antara vagina dan rahim. Bagi yang masih belum cukup mengenal kanker ini, berarti kemungkinan kamu pun masih asing dengan HPV.

HPV atau Human Papiloma Virus ini adalah penyebab utama dari kanker serviks. HPV sendiri terbagi menjadi 3 golongan, di mana ada tipe HPV yang memang menyebabkan kanker serviks. Seperti kanker pada umumnya, kanker serviks juga ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal di mulut rahim. Perkembangan sel abnormal untuk menjadi sel kanker biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Kaum hawa yang menderita kanker serviks ada yang menunjukkan gejalanya secara spesifik dan ada juga yang tidak mengalami gejala apapun sehingga dianggap dalam keadaan sehat. Maka dari itu, sebagai wanita yang concern terhadap kesehatan, kamu perlu mengetahui apa saja gejala dari kanker serviks. Penyakit ini dapat menyerang wanita mana pun tanpa pandang bulu.

1. Menstruasi abnormal

unsplash.com

Jangan sepelekan jika mengalami menstruasi yang abnormal. Hal itu bisa berarti ada masalah dengan organ reproduksi kamu. Yang terburuk, itu bisa jadi gejala kanker servis. Menstruasi yang abnormal terjadi di luar periode menstruasi, seperti flek atau bahkan masa menstruasi yang lebih panjang dari biasanya. Dalam suatu kasus, terkadang juga ditemukan ada yang tidak mengalami periode menstruasi selama sebulan atau lebih.

2. Keputihan abnormal

unsplash.com

Keputihan selalu menjadi momok yang meresahkan wanita. Keputihan ini biasanya dialami wanita ketika menjelang menstruasi atau saat kelelahan. Namun, untuk keputihan yang abnormal ini cairan yang keluar biasanya dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya dan terkadang disertai bau busuk. Segeralah periksakan diri ke dokter jika mengalami keputihan yang abnormal.

3. Perdarahan pasca menopause

unsplash.com

Saat menopause sudah terjadi namun tiba-tiba mengalami perdarahan seperti wanita yang menstruasi, kamu wajib waspada. Jika kamu atau kerabat mengalami kondisi ini, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Nyeri pada tulang panggul dan punggung
unsplash.com

Sebagian wanita yang menderita kanker serviks mengeluhkan rasa nyeri pada tulang panggulnya, terutama setelah berhubungan seksual. Rasa nyeri juga biasanya dirasakan di sekitar punggung atau kaki. Jika nyeri ini terus terjadi dan mengganggu aktivitasmu, tidak ada salahnya jika kamu segera mencari tahu apa penyebabnya.

5. Penurunan berat badan
unsplash.com

Hati-hati jika mengalami penurunan berat badan yang drastis tanpa sebab yang jelas. Karena penurunan berat badan yang drastis umumnya akan dialami oleh penderita kanker serviks, walau sang penderita sedang tidak berada dalam masa diet.

6. Nafsu makan berkurang

unsplash.com

Nafsu makan yang menurun menjadi salah satu penyebab turunnya berat badan penderita kanker serviks. Nafsu makan yang berkurang bukan merupakan gejala utama kanker serviks, namun kita memang perlu untuk tetap waspada jika sudah mengalami penurunan nafsu makan tanpa sebab.

7. Kelelahan

unsplash.com

Kondisi tubuh penderita kanker serviks juga akan mengalami perubahan di antaranya adalah cepat mengalami kelelahan dan daya tahan tubuh yang lemah. Kalau tanda ini sudah terjadi padamu, nggak ada salahnya untuk perika ke dokter spesialis.

Jika mengalami ada salah satu gejala atau lebih sesuai penjabaran di atas, tidak ada salahnya untuk melakukan medical check-up. Umumnya, kanker serviks menyerang wanita yang sudah berusia 40 ke atas. Tidak menutup kemungkinan juga wanita yang memasuki usia 20-an bisa terkena kanker serviks.

Untuk mengetahui diagnosa sedini mungkin, kamu bisa melakukan tes Pap Smear yang dilakukan secara berkala. Bagi penderita kanker serviks yang masih dalam stadium awal, biasanya akan diberi anjuran oleh dokter untuk mengubah gaya hidup. Lakukan lifestyle yang lebih sehat seperti olahraga, tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol, mengonsumsi makanan yang sehat tanpa pengawet dan bergizi.

Melakukan tes Pap Smear juga termasuk dalam langkah preventif yang dapat diambil. Selain itu, kamu juga bisa melakukan vaksinasi HPV. Karena HPV dapat menular dari hubungan seksual maupun kontak kulit. Kamu juga dapat menerapkan pola hidup sehat agar imunitas tetap terjaga dan membiasakan diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

Tes Pap Smear tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah sakit. Kamu yang masih sehat pun juga berhak untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear. Mengetahui diagnosa sedini mungkin akan lebih baik karena kamu bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan tepat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
100% Berkhasiat! 15 Manfaat Minyak dan Kapsul Habbatussauda untuk Kesehatan | Keepo.me

100% Berkhasiat! 15 Manfaat Minyak dan Kapsul Habbatussauda untuk Kesehatan | Keepo.me

Cara Bersikap yang Tepat Ketika Menghadapi Bos Nyebelin

Cara Bersikap yang Tepat Ketika Menghadapi Bos Nyebelin

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Antara Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Hebat?

Antara Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Hebat?

Tips & Trik Memilih dan Membeli Kondom Terbaik yang Dijual di Indonesia | Keepo.me

Tips & Trik Memilih dan Membeli Kondom Terbaik yang Dijual di Indonesia | Keepo.me

Menghindari Awkward Moment Ketika Bertemu Mantan Gebetan yang Nggak Pernah Kesampaian

Menghindari Awkward Moment Ketika Bertemu Mantan Gebetan yang Nggak Pernah Kesampaian

loading