Untuk yang Baru Lulus Kuliah, Buang 7 Kebiasaan Lama Ini Sebelum Masuk Kerja!

03 Maret 2017
|Akbar Pangestu
Life
0SHARES

Perlu diakui, menjadi seseorang yang baru lulus kuliah memang banyak banget tantangannya. Mulai dari berubahnya keseharian hingga stress yang berkepanjangan. Dalam kenyataannya, hal ini memang sangatlah wajar terjadi untuk para fresh graduate.

Selain itu, mendapat pekerjaan memang butuh proses yang panjang. Proses inilah yang tentunya harus kamu pahami, apakah kamu mau mendapatkan pekerjaan dengan cepat atau berniat santai sejenak menikmati masa nganggur. Itu semua balik lagi kedalam diri kamu sendiri, kan?

Nah, untuk kamu-fresh graduate-yang sudah hampir selesai menikmati masa tenangnya a.k.a. siap bekerja dalam kurun waktu dekat ini, alangkah baiknya persiapkan beberapa hal untuk menyambut pekerjaan pertamamu. Salah satunya adalah menghilangkan kebiasaan sepele yang sering kamu lakuin di masa perkuliahan dulu. Yuk, simak tujuh kebiasaan sepele yang harus segera dihilangkan demi kelancaran karir pertamamu!

 

1. Buat yang baru lulus ingat! Malas itu merusak!

Merasa malas memang manusiawi, tapi kalo malas yang berkepanjangan, itu sih harus segera kamu hindari. Coba di ingat, walaupun kamu udah membulatkan tekad tapi masih kalah sama rasa malas, apakah masih tetap niat? Nah, engga kan?

Apa jadinya nanti kalau atasan kamu nyuruh ngerjain ini itu tapi kamu cuma senyum sambil bilang "malas, ah, hehe...."

Ga lucu, kan, kalau kemalasanmu bisa bikin kamu dipecat di hari pertama bekerja? Maka dari itu, demi kelancaran karirmu nantinya, mending dijauhin, deh rasa malas yang ada.

2. Masih doyan telat? Malu, dong!

Percaya atau tidak, telat pun bisa berakibat fatal, lho! Seperti halnya telat bangun tidur sampe akhirnya ikutan telat naik kereta juga. Nah, buat kamu yang sebentar lagi kerja tapi masih doyan bangun telat. Cepet-cepet deh ilangin kebiasaan buruk ini.

FYI, mau daerah rumahmu macet terus, kek, atau kamu kelamaan nunggu gojek, atasanmu juga ga akan mau tau, kan?

So, kalau kamu udah tau susah bangun atau rumah jauh dari kantor, ada baiknya memperkirakan secara akurat jam berapa kamu bangun tidur idealnya. Kalau udah ngerti pola keseharianmu, makin enak, kan, di hari-hari esoknya?

3. Sering lupa? Organisir kegiatanmu setiap hari!

Lupa itu wajar, kok. Tapi kalau kamu keseringan lupa dengan hal-hal yang sifatnya penting, wah, itu sih lebih baik kalau kamu cobain pakai "to-do-list"

Krik banget, kan, kalau atasan kamu minta report nantinya tapi kamu cuma jawab "ohiya.....lupa.....ehe"

Nah, maka dari itu, siapin untuk menyusun kegiatanmu secara berkala, ya! Cari aplikasi-aplikasi gratis to-do-list yang bertebaran di play store smartphone-mu. Mulailah susun kegiatanmu diaplikasi tersebut secara berkala, mulai dari hal-hal kecil seperti fitness di sore hari hingga hal-hal penting seperti menghadiri seminar di hari sabtu.

Alangkah lebih baiknya pergunakan notifikasi atau taruhlah widget aplikasi ini di homescreen smartphone-mu. Selain mempermudah mengingat segala hal, kamu juga ga akan yang namanya kelupaan dengan pekerjaan nantinya. Percaya, deh.....

4. Bangun siang sudah bukan hak kamu!

Eits, mentang-mentang masih nganggur bukan berarti kamu harus selalu bangun siang, kan? Inget deh, bangun siang itu kadang bisa jadi penyakit. Kalau udah sehari bangun siang, bawaannya pengen bangun siang terus, kan?

Nah, maka dari itu, untuk menyiapkan hari-hari kerjamu nantinya. Mulailah untuk tidur di malam hari secara teratur. Percaya, deh, kalau kamu udah ngerasain kerja nantinya, kamu akan merasa beruntung kalo bisa pergi tidur dan bangun tidur lebih awal.

5. Smartphone bukan hanya untuk sosial media, kan?

Di zaman yang super modern ini, smartphone kamu bukan cuma berguna untuk live story keseharianmu atau streaming musik-musik terkini aja! Smartphone justru lebih berguna untuk mendukung kehidupan profesionalmu.

Mulai dari mengirim file di e-mail, menjadi tempat penyimpanan berkas penting, hingga segala urusan pekerjaan seperti mengetik juga bisa, kok, kamu lakuin di smartphone kesayanganmu.

Nah, untuk menyiapkan kehidupan karirmu nantinya, ada baiknya kamu meminta bantuan smartphone-mu. Sekedar reminder atau aplikasi e-mail gak ada salahnya, kan? Justru hal ini akan berguna, lho, ketika momen-momen mendesak.

6. Pahami etika penggunaan email secara mendasar

Mungkin semasa kuliah kamu jarang menulis di body email, sekalinya mengirim ppt ke temen deket kamu nulisnya "makasih ye bossssssssssss". Walaupun terlihat sepele tapi ini hal mendasar yang penting, lho!

Eits, inget, kamu udah mulai masuk ke dunia kerja alias profesional. Dalam menggunakan email pun tentunya ada etikanya tersendiri. Apa lagi di dunia yang serba digital ini, nyatanya hampir setiap hari kamu akan menggunakan email untuk berkomunikasi di tempat kerjamu nantinya.

Pahamilah etika email mendasar seperti menggunakan sapaan formal disetiap awalan email hingga menghindari typo atau kesalahan penulisan. Kalau sudah mengerti hal-hal mendasar, kamu akan mengerti penggunaan email secara sopan dengan sendirinya, kok.

7. Kurang-kurangin baper, yah...

Terdengarnya emang sepele tapi yakin, deh, dunia kerja itu juga sama kerasnya dengan dunia perkuliahan dulu. Bahkan bisa jadi jauh lebih keras karena ketatnya persaingan ditempat kerjamu nanti.

Nah, untuk menghindari percikan-percikan yang bisa muncul ditempat kerjamu, ada baiknya kamu kurang-kurangin yang namanya baper. Kebayang, kan, kalau kamu cuma disindir sama temen kerja tapi ngerasanya udah kaya diajak berantem secara langsung? Kalau kamu udah bisa ngendaliin baper-baper kamu ini, pasti nanti ngantornya jadi seru deh.

Intinya, untuk kamu-fresh graduate-yang sebentar lagi masuk kerja pasti nanti mengerti betapa pentingnya untuk menghilangkan tujuh kebiasaan sepele ini. Selain, hidup kamu jadi semakin lancar, tentunya keseharianmu juga makin tertata nantinya!

Apapun yang akan terjadi di hari kerja pertamamu nantinya, tetep semangat dan semoga beruntung, yah!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Akbar Pangestu
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES